BAGI penderita asam lambung, memilih makanan yang akan dikonsumsinya perlu hati-hati. Jika salah memilih, penyakit tak bisa sembuh. Lantas, apa anjuran makanan untuk penderita asam lambung?

Ya, ada banyak makanan yang sangat baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit  lambung ini. Ya, tujuannya biar sakitnya bisa segera sembuh dan tidak pernah kambuh lagi.

Jika toh kambuh, tidak terlalu sering. Keinginannya tentu saja bisa sembuh total dan tidak kambuh lagi.

Asam lambung (zat asam di lambung) sesungguhnya berfungsi untuk menghancurkan makanan biar menjadi kecil-kecil dan lunak. Dengan demikian akan mudah diproses oleh tubuh untuk diubah menjadi energi (proses metabolisme).

Tetapi jika intensitas asam di lambung terlalu tinggi, akibatnya bisa terjadi penyakit seperti maag, maag kronis, dan tukak lambung.

Mengubah Pola Makan Bisa Mengatasi Sakit Asam Lambung

Gejala utama penyakit lambung ini mirip dengan gejala sakit jantung koroner. Dada terasa nyeri atau terasa seperti terbakar akibat naiknya asam di lambung ke kerongkongan.

anjuran makanan untuk penderita asam lambung

oatmeal (foto:blog.duniamasak.com)

Gejala penyakit asam lambung (gastroesophageal reflux disease, GERD) minimal muncul dua kali dalam seminggu. Sakit bertambah parah ketika kambuh usai makan atau ketika berbaring.

Gejala penyakit lambung ini juga ditandai dengan gangguan pencernaan. Misalnya sering mual, muntah dan bersendawa.

Jika penyakit lambung ini masih dalam kondisi ringan, Anda bisa mengobati sendiri tanpa harus pergi ke dokter.

Mengubah pola makan dengan memilih makanan yang dianjurkan bisa mengatasi penyakitnya. Demikian pula untuk cemilan. Harus dipilih cemilan yang sehat untuk sakit lambung ini.

Anda juga bisa mengonsumsi obat yang dijual bebas, obat herbal atau obat alami (tradisional).

Tetapi jika penyakit yang Anda derita sudah berat, sering kambuh, sering terasa sakit di dada, sesak nafas, menderita batuk kering di malam hari, maka Anda perlu mengunjungi dokter.

10 Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Seperti diungkapkan pada awal artikel ini, penderita sakit asam lambung perlu hati-hati memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Jika salah pilih, justru akan meningkatkan penyakit Anda menjadi lebih berat.

Anjuran makanan untuk penderita asam lambung antara lain:

1. Oatmeal – Kaya Serat dan Awet Kenyang

Makanan oatmeal kaya akan serat. Maka, makanan ini sangat cocok disediakan untuk penderita asam lambung. Oatmeal bisa mengatasi gejala asam di lambung dan bisa menyerap asam lambung. Selain itu, oatmeal membuat orang merasa kenyang lebih lama sehingga lambung tidak perih.

BacaSabun Mandi Pemutih Kulit Terbaik

2. Jahe – Obat Alami Sakit Asam Lambung

Mengonsumsi jahe bisa membuat asam lambung tidak sering naik. Sebab, jahe mengandung zat antiradang yang bisa mengatasi masalah pencernaan dan sebagai obat alami terhadap sakit lambung, termasuk sakit maag.

3. Buah Pisang Mengandung Anti-luka

Anda bisa mengonsumsi buah pisang untuk mengatasi asam di lambung. Pisang mengandung zat antiluka, termasuk mengatasi luka di lambung.

Silakan memilih pisang raja yang sudah tua tetapi belum terlalu matang. Pisang dipotong tipis-tipis, dijemur dan dianginkan hingga kering. Lalu diblender sampai seperti bubuk. Bisa mengonsumsi 2 sendok bubuk pisang ditambah madu. Bisa dikonsumsi pagi dan malam hari.

Buah alpukat, seperti buah pisang, juga mengandung kalium yang bisa menetralkan asam di lambung yang berlebihan.

4. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau juga dapat konsumsi. Bisa menebalkan lapisan lambung tetapi cara mengolahnya gampang. Buat saja bubur kacang hijau tetapi memasaknya jangan terlalu lama. Minum bubur kacang hijau pada pagi dan sore hari.

5. Daging Tanpa Lemak, Tanpa Kulit

Anda boleh mengonsumsi makanan daging, tetapi yang tidak berlemak dan tidak berminyak. Baik untuk mengonsumsi daging, ikan, atau ikan laut lainnya. Selain tanpa lemak, juga disarankan memilih daging tanpa kulit. Pengolahannya harus dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar. Tidak digoreng.

Baca – Gunakan Alat Penyangga Punggung – Tak Akan Bungkuk

6. Roti yang Diproduksi dari Gandum

Makanan roti juga bagus untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Tetapi pilih roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

7. Lidah Buaya Penyembuh Alami

Memilih lidah buaya juga bagus. Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan bisa mengobati penyakit lambung. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman.

8. Sayuran Hijau

Anda juga bisa mengatasi penyakit lambung dengan mengonsumsi sayuran hijau. Misalnya brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus. Sayuran hijau mengandung zat yang bisa menurunkan asam di lambung dan membuat sistem pencernaan sehat.

9. Madu – Mengatasi Asam Lambung Berlebihan

Madu juga dikenal sebagai minuman manis dan berkhasiat pengobatan untuk banyak penyakit, termasuk asam di lambung. Madu akan membuat asam yang ada di lambung tidak berlebihan. Selain itu, madu juga bisa melawan kuman yang ada di lambung.

Baca – Cara Mengatasi Bau Ketiak dengan Mentimun

10. Blewah – Tinggi Kalium

Blewah juga termasuk buah yang tinggi kalium, yakni mengandung 309 mg untuk 100 gr blewah. Selain menetralkan asam di lambung, blewah juga mengandung vitamin A dan C.
Paling tinggi kaliumnya adalah alpukat (485 mg), disusul pisang 422 mg, melon 288 mg, dan kentang 200 mg.

Penutup

Penderita asam lambung perlu memilih makanan yang bisa mengatasi penyakitnya. Anda bisa memilih salah satu atau lebih dalam keseharian. Bisa berganti-ganti biar selalu merasa nyaman dan penyakit lambung bisa disembuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website