Apa Saja Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Cepat Gemuk

Diposting pada

MAKANAN ibu menyusui agar bayi cepat gemuk, apa ya? Air susu ibu (ASI) sangat penting untuk si kecil. ASI tidak bisa digantikan oleh susu non-ASI. Oleh karena itu, kualitas dan kesehatan ASI harus selalu dijaga sehingga si kecil bisa mendapatkan ASI yang cukup.

Yang menjadi permasalahan adalah makanan ibu menyusui agar ASI yang dihasilkan berkualitas dan bisa cepat membuat gemuk si kecil apa ya?

Masalah makanan untuk ibu menyusui memang maha penting agar si kecil selalu tumbuh sehat. Berat badannya bisa terus bertambah sesuai dengan pertumbuhan umurnya. Bayi tidak kekurangan gizi. Kuncinya pada kualitas ASI yang dihasilkan Bunda.

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui dr Asti Praborini, SpA, IBCLC menyarankan Bunda yang menyusui bayinya secara berkala memeriksakan diri dan bayinya ke dokter atu klinik laktasi. Nanti akan dicek produksi ASI Bunda, dilakukan pemeriksaan status gigi bayi, dan kondisi anatomis mulut bayi.

Baca – 5 Susu Formula Untuk Bayi Usia 0 – 6 Bulan agar Gemuk

Dengan demikian, kondisi pertumbuhan bayi bisa tertangani dengan baik. Bayi akan tumbuh sehat dengan berat badan yang cukup, termasuk gigi dan mulutnya.

Makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk

Perincian 5 Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Cepat Gemuk dan Cerdas

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan kualitas ASI untuk si kecil. Makanan bergizi akan memberi kecukupan nutrisi bagi bayi usia dibawah 2 tahun yang masih membutuhkan ASI dari Bunda.

Jadi, makanan yang Bunda konsumsi akan menghasilkan ASI berkualitas yang bisa membuat pertumbuhan bayi selalu sehat dan gemuk. Jika bisa, si kecil tumbuh sehat sekaligus memiliki otak yang cerdas.

Baca – 5 Merek Terbaik Susu Penambah Berat Badan Si Kecil 6 – 12 Bulan

Ini berarti Bunda harus selalu mengonsumsi makanan khusus, yaitu makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk dan cerdas. Makanan apa saja itu?

1. Konsumsi Sayur Hijau dan Buah Warna Terang

Untuk bisa menghasilkan nutrisi yang cukup yang dibutuhkan oleh si bayi, Bunda perlu mengonsumsi tiga porsi sayur dan buah tiap hari. Bunda sebaiknya memilih sayuran hijau dan buah yang berwarna terang.

Mengapa? Karena kandungan nutrisi dari sayuran hijau dan buah warna terang beragam. Beberapa sayuran dan buah yang bisa Bunda pilih antara lain wortel, bayam, brokoli, kentang, tomat, slada, brokoli, paprika, asparagus, dsb.

Buah terbaik untuk ibu menyusui adalah alpukat, jeruk, aprikot, pepaya hijau, blueberry, strawberry, pisang, sawo manila, dsb.

2. Makanan Ibu Menyusui Terbaik Protein Tanpa Lemak

Makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk juga disarankan berupa tiga porsi protein tanpa lemak sehari. Makanan mengandung protein tinggi yang baik untuk Bunda menyusui. Antara lain daging tanpa lemak, ikan salmon, telur, tahu, tempe, produk susu rendah lemak, dsb.

3. Biji-bijian Kaya Mineral dan Kaya Serat

Bunda juga perlu mengonsumsi minimal empat porsi biji-bijian dalam sehari. Makanan ibu menyusui berupa biji-bijian ini antara lain gandum, kacang almond, kedelai, wijen, kacang arab, kacang hijau, dsb. Biji-bijian kaya kandungan mineral yang dibutuhkan bayi, kaya serat, dsb.

Baca – Susu Penambah Berat Badan Usia 20 Tahun Ke Atas

4. Perlu Mengonsumsi Susu 2 Gelas Per Hari

Bunda sebaiknya minum susu paling tidak 2 gelas per hari. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam susu dan sangat baik untuk ibu menyusui. Antara lain kalsium, lemak, dan protein.

Bisa juga Bunda memilih susu organik. Yaitu susu yang dihasilkan oleh sapi yang dibiarkan makan rumput sepenuhnya tanpa suntikan. Jadi, susu organik bebas dari kandungan kimia.

Yoghurt dan keju sebagai hasil susu olahan juga bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui.

5. Jangan Lupa Minum Vitamin Ibu Menyusui

Suplemen vitamin juga merupakan makanan ibu menyusi agar bayi cepat gemuk dan cerdas. Pada beberapa bulan di awal kelahiran, Bunda sebaiknya mengonsumsi suplemen tentang vitamin ibu menyusui.

Berikut ini beberap beberapa suplemen tentang vitamin ibu menyusui (Busui) yang cukup baik. Antara lain Herbs of Gold Breastfeeding Support, Nature’s Way Fenugreek Seed, Holisticare Super Ester-C, Natures Plus Prenatal Complex, Enervon C, Folamil Genio, dsb.

Harganya, ya ada yang murah tetapi ada juga yang mahal. Ya, beli vitamin ibu menyusui sesuai dengan kemampuan. Yang penting Bunda dan si kecil tumbuh sehat dengan berat badan yang ideal. Sekaligus berotak cerdas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *