Apakah Asupan Kalori Per Hari Anda Berlebih, Hati-hati

Diposting pada

APAKAH asupan kalori per hari Anda tidak berlebihan? Hati-hati. Mencukupi kebutuhan kalori tiap hari sangat penting. Sebab, kalori merupakan sumber energi. Anda memerlukan energi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Tanpa asupan kalori, tidak mungkin Anda bisa melakukan kegiatan apa pun. Apalagi untuk melakukan aktivitas berat. Perlu kalori lebih banyak. Kalori bisa Anda peroleh dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari.

Tetapi, kelebihan kalori juga tidak baik, tidak sehat. Bahkan, Anda bisa mengalami kegemukan (obesitas), sakit jantung, diabetes, stroke, dsb.

Sayangnya, banyak orang sekarang yang lebih menyukai makanan minuman yang mengandung banyak kalori. Banyak makanan minuman dengan kalori tinggi yang perlu Anda perhatikan. Daftar lengkap di bawah.

Padahal, kata Frederik S. Waworuntu, M.Sc.HH, master of science in Holistic Health dan ahli naturopathy seperti dikutip health.detik.com, kelebihan konsumsi kalori bisa mendatangkan banyak penyakit degeneratif.

Normalnya, kebutuhan asupan kalori per hari pria dewasa dalah 2.500 kalori. Sedangkan kebutuhan asupan kalori harian wanita adalah 2.000 kalori.

Tetapi, banyak orang mengonsumsi kalori lebih dari kebutuhan kalori harian mereka.

Baca – 9 Vitamin untuk Menambah Berat Badan Terbaik

Kelebihan kalori yang tersimpan akhirnya menjadi lemak dan sumber penyakit degeneratif, terutama penyakit jantung dan pembuluh darah.

asupan kalori per hari

Cara Mengetahui Kebutuhan Kalori Harian Lewat Kalkulator BMR

Nah, masalahnya bagaimana Anda bisa menyeimbangkan antara asupan kalori per hari Anda dan kemampuan membakar kalori dengan cepat. Antara keduanya harus seimbang. Tidak boleh kekurangan kalori dan tidak boleh kelebihan kalori.

Kekurangan kalori juga berakibat buruk bagi kesehatan. Meskipun tidak seburuk kelebihan kalori.

Kekurangan kalori bisa menyebabkan Anda cepat merasa lelah, berat badan tidak pernah naik, kurus, melemahnyakekebalan tubuh, rambut mudah rontok, selalu merasa kedinginan, dsb.

Bagaimana caranya agar tidak mengalami kekurangan kalori dan juga tidak berlebihan kalori?

Caranya, Anda perlu mengetahui dulu kebutuhan kalori yang perlu dipenuhi setiap hari. Sebab, kebutuhan kalori bagi setiap orang tidak sama. Banyak faktor yang mempengaruhi.

Selain jenis kegiatan yang Anda jalankan setiap hari, juga karena faktor jenis kelamin, usia, dsb. Tetapi ada cara mudah untuk mengetahui kebutuhan kalori Anda. Yakni, dengan menggunakan kalkulator BMR ini atau di tautan berikut: bit.ly/kalkulatorBMR.

Caranya sangat mudah. Klik tautan tersebut, tekan tombol jenis kelamin pria atau wanita, tinggi badan, berat badan, usia, dan kegiatan olahraga tiap minggunya. Pertanyaan terakhir tentang olahraga ada 5 jawaban. Pilih yang cocok.

Baca – Manfaat Buah Naga Merah untuk Menurunkan Berat Badan 

Setelah selesai, Anda tekan tombol hitung. Langsung keluar hasilnya. Berapa kebutuhan kalori Anda tiap hari?

Sesuaikan Asupan Kalori Per Hari dengan Aktivitas yang Anda Lakukan

Nah, kini Anda sudah tahu kebutuhan asupan kalori per hari yang harus Anda penuhi melalui konsumsi makanan minuman sepanjang hari.

Anda sebaiknya memilih makanan minuman yang tidak membuat Anda punya kelebihan konsumsi kalori yang tinggi. Sebab, kelebihan kalori merupakan sumber penyakit seperti disebutkan di atas.

Tetapi jika Anda ingin mengetahui kebutuhan kalori harian yang lebih rinci, maka Anda harus melihat jenis kegiatan yang Anda lakukan setiap hari.

Sesuaikan makanan dengan jenis aktivitas yang Anda lakukan supaya tidak kelebihan kalori, baik dari jenis makanan minuman ataupun jumlahnya.

Kebutuhan kalori pekerja kantoran yang kerjanya dilakukan dengan cara duduk sepanjang hari, tentu kebutuhan kalori lebih rendah dari kebutuhan kalori pekerja bangunan, pemain olahraga, pekerja transportasi, dsb. Sebab, mereka harus mengeluarkan banyak energi untuk pekerjaannya yang berat.

Bagi mereka yang sudah pensiun, tentu kebutuhan kalori tidak setinggi waktu mereka masih aktif bekerja. Demikian pula anak-anak. Kebutuhan kalori mereka lebih sedikit dari kebutuhan kalori remaja.

Kebutuhan kalori anak-anak antara 1.000 sampai 2.000 kalori. Untuk remaja antara 1.400 sampai 3.200 kalori per hari. Seperti halnya orang dewasa, kebutuhan kalori anak laki-laki lebih tinggi daripada anak perempuan.

Makanan Minuman Berkalori Tinggi

Berikut adalah contoh makanan berkalori tinggi. Dengan mengetahui makanan kalori tinggi untuk makanan minuman tertentu, Anda bisa membatasi diri saat mengonsumsinya.

Apalagi, jika Anda bukan pekerja berat. Tidak selalu melakukan aktivitas berat seperti olahragawan, pekerja yang harus melakukan aktivitas fisik, dsb. Kebutuhan kalori Anda lebih sedikit sehingga harus membatasi diri biar tidak mengalami kelebihan kalori.

Baca – Manfaat Konsumsi Brokoli Untuk Sakit Jantung, dll

Risiko kelebihan kalori lebih berat dari enaknya atau lezatnya menikmati makanan berkalori tinggi.

Minuman Makanan Berkalori Tinggi antara lain:

1. Sandung lamur atau dada sapi bagian bawah (dekat ketiak) 304 kalori per 85 gram.
2. Bahu kambing 303 kalori, daging dan kulit bebek 286 kalori.
3. Daging ayam sekitar 173-219 kalori.
4. Whole milk 149 kalori/ cangkir
5. Buttermilk 152 kalori/cangkir
6. Susu bubuk 636 kalori/cangkir
7. Buah alpukat 332 kalori/biji
8. Ceri kering 266 kalori
9. Blueberry kering 254 kalori
10. Pear kering 236 kalori
11. Kismis 217 kalori
12. Kurma 208 kalori
13. Aprikot kering 191 kalori
14. Peach kering 189 kalori
15. Ara 186 kalori
16. Cranberry kering 185 kalori

Tentu saja, daftar makanan dengan kalori tinggi ini hanyalah contoh. Masih ada beberapa makanan berkalori tinggi yang tidak tercantum di sini.

Ya, hati-hatilah. Anda tetap boleh mengonsumsi makanan berkalori tinggi, tetapi jangan berlebihan dan tidak tiap hari.

Kecuali Anda perlu meningkatkan berat badan karena tubuh Anda tampak kurus. Anda ingin memperbesar tampilan tubuh biar tampak atletis.

Olahraga juga bisa membantu membakar banyak kalori dengan cepat jika Anda kelebihan kalori. Imbangi konsumsi makanan dan aktivitas fisik supaya Anda selalu sehat.

Atau mengonsumsi makanan berkalori seimbang. Ya, mengonsumsi makanan kalori tinggi dan juga makanan kalori rendah. Sekian, semoga artikel tentang apakah asupan kalori per hari Anda tidak berlebihan bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *