Categories: Asuransi

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik

TIDAK jarang rawat jalan untuk menyembuhkan penyakit memerlukan waktu agak lama. Risikonya tentu perlu biaya besar. Maka, tak ada salahnya untuk ikut asuransi kesehatan rawat jalan.

Tetapi, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan rawat jalan terbaik, kredibel, bisa dipercaya dan layanannya bagus? Berikut ini tips memilih asuransi kesehatan rawat jalan.

1.  Asuransi Kesehatan Rawat Jalan – Kredibilitas Tinggi

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana kredibilitas asuransi yang bersangkutan. Kinerjanya bagus atau tidak. Layanannya selalu memuaskan nasabah atau sering bermasalah.

Baca – 6 Manfaat Asuransi Kesehatan Murni Manulife

Ya, perhatikan juga semua fasilitas yang diberikan. Pastikan bahwa semua fasilitas dan layanan benar-benar Anda butuhkan.

Jika perlu, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kinerja perusahaan asuransi sehingga Anda tidak salah pilih. Dengan cara itu, kemungkinan terjadinya kerugian bisa dihindarkan.

Pada masa sekarang ini, cari informasi tentang apa pun, termasuk kinerja sebuah perusahaan asuransi, tidak sulit. Informasi di internet sangat melimpah.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Rawat JalanTips Memilih Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

asuransi kesehatan rawat jalan terbaik (foto:solo.tribunnews.com)

Anda juga bisa membandingkan layanan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan lainnya. Kalau perlu bertanya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membidangi perusahaan asuransi.

Menurut cekaja.com, perusahaan asuransi yang memberikan layanan rawat jalan terbaik adalah Allianz SmartMed Premier, Manulife, dan Cigna.

Allianz SmartMed PremierAllianz SmartMed Premier

2. Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih asuransi sesuai dengan kebutuhan. Baik untuk Anda sendiri atau kebutuhan anggota keluarga. Jika Anda merasa rawat jalan sangat diperlukan, ya pilihlah mana yang dipandang paling baik.

Anda yang punya orang tua sakit diabetes, misalnya, mungkin akan terkena juga sakit yang sama. Perawatan jalan sakit diabetes bisa sepanjang hidup.

Baca – Kenali Jenis Asuransi Kesehatan – Pilih Yang Terbaik

Perawatan biasanya memerlukan waktu yang lama dengan sistem rawat jalan.

3. Pilih Premi dengan Biaya yang Terjangkau

Besarnya premi yang harus dibayar juga harus menjadi pertimbangan utama. Apalagi kepesertaan Anda pada asuransi kesehatan rawat jalan cukup lama dan tiap bulan harus membayar premi.

Jika kemampuan finansial Anda besar, ya tidak masalah. Tetapi tetap harus diperhitungkan secara matang, terutama berkaitan dengan hak-hak layanan untuk Anda. Harus sesuai dan terinci.

4. Pilih Sistem Semua Biaya Dibayar Pihak Asuransi

Tentang sistem asuransi, Anda sebaiknya memilih sistem cassless. Dengan sistem ini, Anda tidak perlu memikirkan biaya saat melakukan pengobatan di rumah sakit.

Sebab, semua biaya yang harus Anda keluarkan akan dibayar langsung oleh perusahaan asuransi. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dulu, baru diganti oleh asuransi. Yang ini namanya sistem reimbursement.

Sistem cashless biasanya memberikan manfaat perlindungan. Misalnya untuk biaya dokter, biaya rawat jalan kecelakaan, biaya obat-obatan, biaya kemoterapi, dan biaya lainnya yang lebih lengkap dan penggantiannya lebih besar.

Vieo di bawah adalah contoh cara mengajukan klaim asuransi kesehatan rawat jalan.

5. Pilih Asuransi yang Plafonnya Paling Tinggi tetapi Premi Terjangkau

Anda sebaiknya memilih Asuransi Kesehatan rawat jalan terbaik. Yakni, memiliki plafon penggantian paling tinggi tetapi premi terjangkau.

Bandingkan satu perusahaan asuransi dengan asuranasi lainnya. Pilih mana yang beban Anda untuk membayar premi tidak berat tetapi bisa mendapatkan layanan atau manfaat yang lebih baik.

Baca – 11 Makanan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Maka, cari tahu lebih detail (rinci) mana saja perusahaan asuransi yang memberikan layanan tersebut dan apa saja layanan yang diberikan.

Misal, biaya konsultasi dokter umum, dokter spesialis, poli gigi, biaya obat-obatan, dan klaim penggantian kacamata.

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan sebagai Layanan Tambahan

Tetapi banyak juga perusahaan asuransi yang memberikan layanan rawat jalan sebagai tambahan dari asuransi rawat inap di mana kita telah jadi nasabah. Bukan sebagai layanan yang berdiri sendiri.

Misalnya rawat jalan untuk biaya dokter setelah tidak menginap di rumah sakit, biaya laboratorium dan biaya obat-obatan.

Tiap perusahaan asuransi bisa punya kebijakan atau aturan yang berbeda mengenai asuransi rawat jalan.

Misalnya yang menyangkut pembatasan pelayanan sehingga Anda (tertanggung) wajib mendapatkan rujukan dokter umum untuk periksa ke dokter spesialis, pembatasan frekuensi kunjungan/pengobatan dalam satu tahun, dsb.

Maka, Anda perlu mengetahui semua apa yang menjadi hak Anda. Sebaiknya Anda cek satu-satu dan petugas suruh menjelaskan tentang apa yang Anda masih perlu penjelasan.

Mengapa? Karena dalam polis sering digunakan bahasa teknis asuransi yang terkadang tidak mudah dipahami oleh orang awam.

Baca – Penyebab Diabetes Melitus dan Cara Mengatasinya

Ini perlu dijelaskan pakai bahasa umum supaya tidak timbul masalah (beda tafsir/pemahaman)  di belakang hari.

Tentu saja, dengan asuransi rawat jalan sebagai tambahan layanan sangat menguntungkan nasabah. Kalau tidak membebani, ya ikuti saja.

Tetapi sekali lagi, perlu dipahami dengan baik supaya tidak timbul masalah di belakang hari.

Sekian artikel mengenai Tips Memilih Asuransi Kesehatan Rawat Jalan. Semoga artikel ini bermnfaat.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago