Berapa Biaya Tambal Gigi? Pakai Perak, Porselin atau Emas?

Diposting pada

BERAPA biaya tambal gigi? Itu pertanyaan yang sering diajukan oleh mereka yang ingin menambal giginya. Bagi masyarakat kebanyakan, biaya tambal gigi selalu jadi pertanyaan pertama ketika akan menambal giginya.

Jawabnya tentu saja bervariasi. Misal lubangnya kecil, sedang atau besar. Bahan apa yang akan digunakan untuk menambal gigi, berapa jumlah gigi yang harus ditambal, dsb, dsb.

Untuk memastikan biaya tambal gigi, tentu gigi harus diperiksa dulu. Jika gigi berlubang, seberapa dalam lubangnya. Setelah dicek, lalu ditentukan bahan tambal gigi dan barulah ditentukan biaya tambal gigi. Baca: biaya tambal gigi depan patah.

Di rumah sakit swasta, menurut catatan alodokter.com, biaya menambal gigi antara Rp 50.000 – Rp 1.200.000.

6 Manfaat Menambal Gigi Berlubang – Berapa Biaya Tambal Gigi?

biaya tambal gigi

Haruskah gigi berlubang ditambal? Banyak manfaat yang diperoleh dengan menambal gigi berlubang. Di antaranya mencegah kemungkinan gigi sakit dan lubangnya tidak semakin besar karena masih adanya bakteri di gigi berlubang.

Manfaat tambal gigi berlubang lainnya adalah:

1. Biar bakteri aktif dalam mulut tidak terus bertambah.

2. Supaya gigi yang berlubang bisa bekerja (berfungsi) seperti sebelum berlubang.

3. Bentuk gigi bisa tampak seperti utuh.

4. Gigi tidak cepat rusak dan struktur gigi tetap seperti awalnya.

5. Biar bentuk tulang rahang dan dan kontru wajah tetapi seperti semula. Tidak seperti orang giginya sudah lepas (ompong).

6. Dalam penambalan gigi, dokter biasanya juga sekaligus memperbaiki gigi yang retak, patah atau terkikis.

Baca – Bleaching Gigi, Harga dan Pemasangannya di Rumah

Dengan uraian di atas, maka manfaat tambal gigi sangat besar. Gigi bisa kembali utuh dan sehat. Supaya hasil tambalan gigi mampu bertahan lama, Anda harus merawat gigi yang sudah ditambal dengan baik dan rutin.

Pilih Bahan Tambal Gigi – Biaya Tambal Gigi Murah, Warna Bagus dan Tahan Lama

Setelah kondisi gigi berlubang Anda dicek, Anda akan dipersilakan memilih bahan tambal gigi yang akan digunakan untuk menambal gigi berlubang Anda.

Anda bisa memilih bahan tambal gigi sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial Anda.
Anda bisa memilih bahan tambal gigi dari amalgam (perak), komposit resin (ditambah bahan plastik), ionomer kaca, ionomer resin, porselin (keramik), dan aloi emas (mengandung bahan emas, tembaga dan logam lain).

Tetapi, dari berbagai bahan itu, yang terbanyak pasien memilih tambalan gigi berlubang menggunakan porselin dan komposit resin. Sebab, bahan porselin juga bisa untuk memperbaiki berbagai jenis kerusakan gigi.

Tambal gigi dengan bahan porselin (keramik) disukai banyak orang karena bahan ini tahan lama. Bisa bertahan sampai 15 tahun. Selain itu, warna tampilan gigi bisa dibilang sama dengan gigi asli di sebelahnya. Harganya pun tidak begitu mahal.

Bahan resin komposit juga bagus. Tampilannya tak jauh beda dengan gigi asli. Maka, banyak orang menyukai. Harga tidak begitu mahal.

Kalau ingin harga murah, ya pilih bahan amalgam (perak). Meskipun harganya paling murah, tetapi tambalan gigi dengan perak mampu bertahan sampai 10 – 15 tahun. Bahkan, ada penelitian yang menyebut bahan perak bisa bertahan sampai 20 tahun. Jadi, cukup lama (awet).

Kelemahan dari bahan amalgam adalah warnanya tidak bisa sama dengan gigi asli di sebelahnya. Tidak tahan dengan cairan dingin atau panas. Lama-lama gigi bisa retak dan bakteri bisa masuk.

Baca – Pasang Venner Gigi di Bandung: Di Mana Saja dan Berapa Biaya?

Bahkan, gigi retak bisa menyebabkan adanya lubang baru pada gigi yang ditambal. Warna gigi di sebelahnya juga bisa terpengaruh menjadi keabu-abuan.

Setelah Tambal Gigi Berlubang Selesai, Apa yang Harus Anda Lakukan

Nah, setelah tambal gigi berlubang Anda selesai, apa yang harus Anda lakukan agar tambalan gigi bertahan lama? Selain itu, tidak ada masalah lagi dengan gigi tambalan Anda.

Berikut ini beberapa tips untuk perawatan gigi tambalan biar gigi bisa bertahan cukup lama secara maksimal.

1. Lakukan diet sehat dengan mengonsumsi nutrisi seimbang

2. Selalu menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

3. Secara rutin membersihkan celah gigi menggunakan benang gigi (dental floss)

4. Memeriksa dan membersihkan gigi secara rutin di dokter gigi

5. Cek kondisi tambalan gigi. Ini sangat penting supaya segera bisa ditangani jika terjadi hal yang buruk seperti tambalan gigi retak atau bocor. Biasanya hal itu terjadi karena pengerjaan tambalan gigi tidak sempurna.

Tambal Gigi Berlubang untuk Peserta Asuransi BPJS

Jika Anda peserta asuransi BPJS, maka Anda bisa melakukan tambal gigi dengan tanggungan BPJS alias gratis. Tentu saja, apakah Anda berhak mendapatkan layanan BPJS untuk tambal gigi, Anda periksa dokter dulu untuk menentukan klasifikasi atas gigi Anda.

Jika akhirnya ditetapkan Anda berhak untuk mendapatkan layanan tambal gigi berlubang secara gratis, maka ada dua pilihan bahan.

1. Tambal gigi berlubang menggunakan bahan semen IC. Biasanya bahan penambalan gigi berlubang ini digunakan untuk anak-anak dan untuk orang dewasa bersifat sementara.

Baca – Bisakah Vener Gigi Dilepas, Bagaimana Caranya?

2. Menggunakan bahan komposit resin yang ditambah bahan plastik. Bahan ini sewarna dengan gigi asli. Terbuat dari resin komposit. Saat pemasangan menggunakan sinar light cure untuk mengeraskan bahan setelah dipasang pada gigi berlubang biar tahan lama.

Demikian artikel mengenai Berapa Biaya Tambal Gigi? Pakai Bahan Perak, Porselin atau Emas? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *