SUKA buah naga? Tentu saja suka. Rasanya segar dan manis. Tetapi di balik itu, buah naga juga bisa memberikan maanfaat untuk kesehatan. Contohnya buah naga untuk diabetes.

Maksudnya, buah naga bisa dikonsumsi untuk mengatasi atau menurunkan diabetes. Meskipun rasanya agak manis, tetapi kandungan gulanya tidak tinggi.

Mengapa? Gulanya merupakan gula alamiah sehingga tidak akan membuat kadar gula darah Anda melonjak tinggi dan sakit diabetes meningkat. Baca: Penyebab Diabetes Melitus…

Buah Naga untuk Diabetes dan Pembudidayaannya

 buah naga untuk diabetes

Dari data di Badan Litbang Kementerian Pertanian RI, tanaman buah naga mulai masuk Indonesia tahun 1977. Namun, mulai dikembangkan banyak orang secara luas mulai tahun 2000-an.

Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Riau, dan Kepulauan Riau adalah daerah penghasil buah naga yang cukup besar.

Apalagi sekarang, budidaya tanaman naga sudah meluas. Siapa pun bisa menanam buah naga untuk dinikmati buahnya selain untuk kesibukan di rumah.

Baca – 15 Pantangan Penyakit Gula Kering

Harga bibit tanaman naga juga murah, yakni Rp 25.000 – Rp 30.000 per bibit. Penyiapan tempat tanam tanaman buah naga yang harus disiapkan secara khusus.

Tanaman buah naga bisa ditanam di halaman rumah, samping rumah, dsb. Perawatannya juga tidak sulit sehingga siapa pun bisa menanamnya dan menikmati buahnya. Segar dan nikmattt…

Selain rasa segar dan lezat untuk dinikmati, buah naga juga punya manfaat untuk kesehatan. Di antaranya buah naga untuk diabetes.

Buah naga mengandung Vitamin C cukup tinggi, beta karoten, karbohidrat dan serat, tetapi rendah kalori. Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga tidak akan menaikkan gula darah Anda.

Sebaliknya, mengonsumsi buah naga justru bisa mengendalikan gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan kaya antioksidan.

Kandungan Buah Naga untuk Mengatasi Diabetes 

Berikut ini penjelasan lebih terinci mengenai manfaat buah naga untuk diabetes. Maka, selayaknya Anda yang menderita diabetes mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi buah naga.

1. Kaya nutrisi dan gizi

Banyak nutrisi dan gizi yang terkandung dalam buah naga. Dengan berbagai jenis kandungan zat nutrisi inilah, mengonsumsi buah naga bisa menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, juga mengurangi kolesterol dalam darah dan melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit karena kandungan antioksidan.

Biji buah naga yang berbintik hitam kecil seperti biji selasih ini kaya akan omega 3. Tentu saja bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf.

Sementara, daging buah naga kaya zat magnesium dan kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

2. Mampu menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi buah naga bisa menurunkan kadar gula darah. Itulah hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Putera Malaysia dengan sampel 20 penderita diabetes usia 40 – 55 tahun.

Dalam penelitian, 10 orang mengonsumsi buah naga dan 10 lainnya mengonsumsi obat kimia penurun gula darah.

Bagaimana hasilnya? Setelah penelitian berjalan 7 minggu, mereka yang mengonsumsi buah naga lebih baik kesehatannya

Gulanya bisa turun lebih banyak daripada penurunan gula darah mereka yeng mengonsumsi obat. Khasiat mengonsumsi buah naga untuk mengatasi diabetes cukup besar. Mengungguli khasiat obat diabetes.

Sering Melakukan Kontrol Gula Darah

Tentu saja selain mengonsumsi buah naga, Anda penderita diabetes sebaiknya mengontrol gula darah 3 minggu sekali. Jika diketahui tinggi, Anda harus segera menurunkannya.

Misalnya dengan mengatur pola makan seperti tidak mengonsumsi makanan / minuman manis.

Anda juga perlu berolahraga ringan. Misalnya olahraga jalan cepat, berenang, dsb. Cara ini bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Cara lain untuk menurunkan gula darah adalah mengkonsumsi obat secara rutin, termasuk obat herbal. Ikuti petunjuk dokter atau ahli untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit diabetes.

Semoga artikel mengenai buah naga untuk diabetes ini bermanfaat untuk Anda semua. Selalu sehat dari ancaman tinggi gula darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website