5 Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen

Diposting pada

JIKA punya dana, Anda bisa memutihkan gigi dengan biaya mahal seperti melakukan veneer gigi. Tetapi, Anda bisa memilih cara memutihkan gigi alami dan permanen, apabila tidak ada dana cukup.

Yang paling penting adalah hasilnya. Cara memutihkan gigi secara alami juga bisa membuat gigi Anda menjadi putih. Hanya saja, memutihkan gigi secara alami memakan waktu sehingga Anda harus sabar. Hasilnya tidak bisa instan seperti menggunakan cara veneer gigi.

Memutihkan gigi secara alami bisa Anda lakukan dengan manfaatkan bahan-bahan yang ada. Misalnya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur atau memanfaatkan berbagai jenis tanaman obat di kebun.

Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen – Mudah Murah

 

cara memutihkan gigi alami

memutihkan gigi dengan kulit jeruk (foyo:lifestyle.okezone.com)

Berikut ini beberapa cara memutihkan gigi alami dan permanen. Memutihkan gigi dengan bahan alami tentu lebih murah. Kalau pakai biaya, maka biayanya juga sangat murah.

1. Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Pada kulit jeruk terdapat zat pektin dan minyak atsiri. Keduanya bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi secara alami dan permanen.

Tidak hanya itu. Kulit jeruk juga dapat membuat mulut dan gigi Anda tetap sehat. Cara penggunaannya adalah:

  • Kulit jeruk lebih dulu Anda keringkan di bawah sinar matahari (dijemur).
  • Lalu, kulit jeruk yang kering ditumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air dan diaduk hingga menjadi pasta.
  • Gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi.
  • Lakukan perawatan gigi dengan cara ini rutin sehingga gigi Anda benar-benar putih dan bersih.

2. Memutihkan Gigi dengan Siwak

Anda juga bisa menggunakan siwak untuk memutihkan gigi secara alami dan permanen. Siwak bisa menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, terutama untuk memutihkan gigi.

Nenek moyang biasa menggunakan siwak dengan cara dikunyah batangnya. Dalam Islam, siwak untuk menggosok gigi sangat dianjurkan. Nabi Muhammad selalu bersiwak ketika akan menjalan shalat.

Caranya adalah:

  • Oleskan batang siwak bersih yang sudah ditumbuk halus pada gigi secara merata. Atau Anda mencampur bubuk siwak dengan air sampai berbentuk pasta.
  • Gunakan bubuk siwak sebagai pasta gigi.

Baca Juga: 5 Pemutih Gigi Paling Ampuh dan Terbaik

Tetapi, sekarang juga ada pasta gigi yang mengandung siwak, yakni pasta gigi Shasha.  Siwak mengandung fluor, sulfur, antiseptic, dan lainnya, yang sangat baik untuk kesehatan gigi, termasuk memutihkan gigi.

3. Cara Memutihkan Gigi dengan Daun Sirih

Daun sirih juga bagus untuk memutihkan gigi. Nenek moyang kita umumnya menggunakan resep tradisional ini untuk memutihkan gigi secara alami.

Daun sirih juga bisa Andakan gunakan untuk penguat gigi, mengatasi pendarahan pada gusi, dan menghilangkan bau mulut.

Cara penggunaannya dikunyah atau direbus dan air rebusan digunakan berkumur. Bisa juga daun sirih ditumbuk, lalu dioleskan pada gigi secara merata. Silakan memilih cara mana yang cocok dengan Anda.

4. Membuat Gigi Putih dengan Daun Salam

Daun salam juga bisa Anda pilih untuk memutihkan gigi. Daun salam kaya dengan kandungan zat yang bisa menyehatkan gigi secara efektif.

Antara lain kandungan minyak atsiri, sitrat, tannin, flavonoid, metal kavikol, vitamin A, B, C, D, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. Semua zat itu ampuh untuk memutihkan gigi secara alami.

Baca Juga: Cara Memutihkan Gigi dengan Odol 

Cara penggunaannya adalah:

  • Daun salam 4 – 7 lembar ditumbuk halus
  • Tambahkan air dan diaduk sehingga berbentuk pasta
  • Pasta dari daun salam dioleskan pada gigi

5. Buah Stroberi

Anda suka buah stroberi? Selain untuk dimakan, stroberi juga bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi. Caranya pun mudah. Harga stroberi tidak mahal, tetapi rasanya sangat segar.

Stroberi mengandung vitamin C dan asam malat. Bisa mengikis atau menghilangkan noda pada gigi. Bisa juga untuk mencegah penyakit sariawan, gusi berdarah, membunuh bakteri dalam mulut.

Jadi, bagus sekali mengonsumsi buah stroberi.

Stroberi mengandung Vitamin C dan asam malat yang berfungsi untuk mengikis noda pada gigi. Selain itu stroberi juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, gusi berdarah dan membunuh bakteri dalam mulut.

Cara membuat stroberi untuk memutihkan gigi adalah:

  • Sediakan buah stroberi secukupnya
  • Silakan buah stroberi ditumbuk sampai halus
  • Hasilnya Anda oleskan pada gigi

Penutup

Banyak cara memutihkan gigi alami dan permanen yang bisa Anda lakukan. Tetapi, bersamaan dengan itu Anda juga harus menghindari konsumsi makanan minuman yang bisa menyebabkan gigi kuning, cokelat atau lainnya.

Jika Anda tidak menghindari atau mengurangi konsumsi makanan minuman yang bisa membuat gigi Anda kuning, ya usaha memutihkan gigi tidak akan berhasil dengan baik. Gigi Anda tidak bisa segera tampak putih.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *