4 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Diposting pada

SIAPAPUN tidak ingin punya gigi kuning. Inginnya punya gigi putih bersih. Tetapi, bagaimana cara memutihkan gigi kuning yang membandel? Maksudnya, gigi sudah dibersihkan tiap hari tetapi belum juga tampak putih?

Ya, memutihkan gigi yang sudah terlanjur tampak kuning memang sering tidak mudah. Bahkan bisa dikatakan warna kuning gigi itu membandel.

Menyikat gigi sudah dilakukan tiap hari, kuning gigi belum juga lenyap. Gigi belum terlihat putih. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Ya, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini. Caranya mudah dan murah. Tidak perlu biaya besar. Apa saja cara memutihkan gigi kuning yang membandel?

Baca Lengkap: Cara Memutihkan Gigi dengan Veneer Gigi. Apa itu veneer gigi dan berapa biayanya?

1. Menggunakan Baking Soda

cara memutihkan gigi kuning yang membandel

(foto:liputan6.com)

Salah satu cara memutihkan gigi kuning yang bisa kamu coba adalah menggosok atau menyikat gigi dengan baking soda. Anda bisa beli baking soda harga murah.

Beberapa toko online juga melayani pembelian baking soda untuk merawat (memutihkan) gigi berupa bubuk putih. Harganya murah. Ya, tergantung berapa banyak kamu beli.

Cara menggunakannya adalah ambil sakit gigi, basahi dengan air lalu oleskan sikat gigi pada baking soda. Selanjutnya gunakan baking soda untuk menggosok gigi.

Baca Juga; Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami.

Jadi, penggunaannya seperti Anda menggunakan pasta gigi untuk menyikat gigi. Lakukan sekitar 1 menit lau bersihkan mulut Anda.

2. Baking Soda Dicampur dengan Bahan Lain

Anda juga bisa memutihkan gigi kuning dengan baking soda yang dicampur dengan bahan lain. Misalnya, dengan jeruk nipis, garam, jeruk lemon, atau stroberi. Ya, pilih salah satu di antaranya.

Hanya saja, jika Anda ingin menggunakan bahan garam, hati-hati. Apalagi punya darah tinggi. Rasa asin yang berlebihan bisa membuat Anda terkena sariawan. Ya, ini pengalaman saya pribadi.

Dengan jeruk nipis. Ambil setengah sendok teh baking soda, lalu dicampur dengan setengah sendok teh perasan jeruk nipis. Aduk kedua bahan itu sampai rata dan gunakan sebagai pasta untuk menyikat gigi. Lakukan sekitar 1 menit.

Cara penggunaan baking soda dengan bahan lain sama. Baik dengan garam, jeruk lemon atau stroberi.

Dengan stroberi, Anda perlu menghaluskan dulu stroberi lalu dicampur dengan baking soda. Selanjutnya, tempelkan bahan ke gigi sampai rata. Setelah 1 menit, bersihkan gigi dengan sikat gigi.

Campuran baking soda dan garam yang halus juga bagus untuk menghilangkan warna kuning atau lainnya pada gigi. Gunakan campuran kedua bahan itu untuk menyikat gigi.

Efek Buruk Pemakaian Baking Soda

Pemakaian baking soda untuk memutihkan gigi kuning memang bagus atau efektif. Tetapi, hari-hati. Pemakaian baking soda berlebihan bisa merusak gigi. Email gigi akan terkikis dan gigi akan terasa ngilu.

Oleh karena itu, pemakaian baking soda jangan tiap hari. Mula-mula 2 hari sekali. Jika tampak sudah bertambah putih, lakukan seminggu sekali dan seterusnya.

Cara menyikat gigi juga harus perlahan-lahan. Jangan terlalu keras. Selain itu, jika gigi Anda termasuk gigi sensitif, hentikan pemakaian baking soda.

Baca Juga: Sariawan di Lidah, Penyebab dan Cara Mengobati

Demikian juga jika Anda menggunakan kawat gigi. Jangan memutihkan gigi pakai baking soda.

3. Memakai Siwak atau Pasta Gigi dengan Siwak

Cara lain memutihkan gigi kuning adalah menggunakan siwak. Ya, siwak adalah sejenis kayu yang digunakan menggosok gigi. Kini, toko herbal juga menjual siwak. Harganya murah.

Dalam ajaran Islam, bersiwak disunahkan dan Nabi Muhammad sering bersiwak, khususnya ketika akan menjalankan shalat.

Tetapi. sekarang ada juga pasta gigi yang mengandung bahan siwak. Namanya Shasha. Selain mengandung serpihan siwak, pasta gigi halal ini juga mengandung tambahan bahan dari lemon dan garam.

Pasta gigi Shasha sudah mendapatkan serifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kedua bahan itu, lemon dan garam juga bisa memutihkan gigi. Cara menggunakan siwak, ya seperti orang menyikat gigi. Tetapi tidak menggunakan pasta.

4. Menggunakan Kulit Jeruk atau Kulit Pisang

Anda juga bisa menggunakan kulit pisang atau kulit jeruk untuk memutihkan gigi yang kuning. Caranya, gosokkan kulit pisang atau kulit jeruk bagian dalam pada gigi yang kuning secara merata.

Biar hasilnya maksimal, yaitu gigi cepat putih, Anda bisa menggosokkan kulit pisang atau kulit jeruk bagian dalam ke gigi yang tampak warna kuning setiap hari 2 kali.

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Ketiak Basah secara Permanen

Caranya benar-benar mudah. Anda hanya perlu rajin menggosok gigi dengan kulit pisang/ jeruk dua kali sehari.

Penutup

Demikian artikel mengenai 4 cara memutihkan gigi kuning yang membandel. Caranya sangat mudah. Bahannya tidak sulit Anda dapatkan.

Hanya tinggal kesungguhan dan kesabaran Anda untuk memutihkan gigi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *