CARA memutihkan ketiak dengan kunyit. Bagi Anda yang masih kesulitan mengatasi ketiak warna gelap dan sering menebar bau tidak sedap, Anda bisa memilih bahan kunyit.

Informasi ini sangat penting terutama bagi bagi wanita yang suka mengenakan busana tanpa lengan. Berbagai upaya untuk menghilangkan ketiak hitam telah dilakukan tetapi hasilnya belum seperti yang diharapkan.

Ada beberapa penyebab terjadinya ketiak hitam. Misalnya iritasi, infeksi bakteri, kehamilan, dsb. Menurut dr. Adeline Jaclyn dari klikdokter, warna kulit ditentukan oleh sel pigmen (melanosit).

Jika sel ini mengalami pembelahan lebih cepat dan lebih banyak dari yang seharusnya, maka warna kulit pada ketiak lebih gelap.

Uraian berikut adalah (1) cara memutihkan ketiak dengan kunyit, (2) proses terjadinya ketiak hitam dan (3) mencegah terjadinya ketiak hitam.

 Memutihkan Ketiak dengan Masker Kunyit 

Cara Memutihkan Ketiak dengan Kunyit

ketiak hitam (foto:fimela.com)

Cara memutihkan ketiak dengan kunyit tidak sulit. Cari kunyit pun mudah. Jika ingin praktis, beli saja bubuk kunyit. Di toko online banyak dijual bubuk kunyit dari berbagai merk.

Misalnya House of Organix Natural Tumeric Powder Bubuk Kunyit Kuning, Supa Kunyit Bubuk, Koepoe-koepoe Kunyit, sedhep Kunyit Bubuk, WHS Bubuk Kunyit, ds.

Harganya pun murah sesuai dengan berat tiap botol / kemasan. Dari harga Rp 8 ribuan sampai Rp 100 ribuan lebih. Anda bebas memilih harga.

Tetapi jika Anda ingin membuat ramuan sendiri dari bahan kunyit, ya Anda bisa membeli bahan kunyit atau membeli bubuk kunyit yang diinginkan.

Apabila Anda membuat ramuan kunyit lengkap untuk mengatasi ketiak hitam, maka Anda bisa menambahkan jeruk nipis dan madu murni. Jadi perlu tiga bahan, yakni kunyit, jeruk nipis dan madu murni.

Ketiga bahan dicampur sehingga membentuk masker cair. Lalu Anda oleskan pada bagian ketiak warna hitam. Dengan kandungan curcumin yang antioksidan dan senyawa yang mampu, ramuan kunyit mampu mencerahkan kulit ketiak atau mampu mengatasi masalah ketiak hitam.

Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk memutihkan ketiak hitam. Misalnya:

1. Oleskan Parutan Kentang

Cara memutihkan ketiak hitam yang lain adalah menggunakan kentang. Caranya, ambil kentang, kupas kulitnya, cuci bersih, lalu dilembutkan (diparut, manual atau pakai mesin). Hasil parutan kenyang Anda oleskan da ketiak. Biarkan 10 menit, diusap-usap, kemudian dibilas atau dibersihkan dengan air bersih.

2. Madu dan Mentimun

Anda bisa memanfaatkan mentimun dan madu untuk memutihkan ketiak hitam. Caranya mirip dengan memutihkan ketiak dengan menggunakan kentang.

Siapkan mentium, kupas kulitnya dan ditumbuk kasar, lalu tambahankan 3 sendok makan madu. Campur dan aduk semua bahan, kemudian oleskan pada ketiak.

Lalu, bahan digosok-gosokkan pada ketiak selama 10 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan cara itu rutin tiap hari sampai noda hitam di ketiak menghilang.

3. Anda juga bisa mengatasi keringat ketiak berlebihan dengan plester keringat.

 Penyebab Ketiak Hitam – Mencukur Ketiak Paling Umum

Apa saja penyebab ketiak hitam? Ya, ada beberapa dan Anda harus menghindari penyebab terjadinya ketiak hitam. Penyebab ketiak hitam antara lain:

1. Mencukur Bulu Ketiak – Penyebab Paling Umum

Mencukur bulu ketiak merupakan penyebab paling banyak untuk ketiak hitam. Baik dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak.

Kondisi seperti itu bisa menyebabkan kulit mudah teriritasi. Selain itu juga memicu produksi melanosit yang berlebihan. Melanosit adalah sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin).

Anda juga bisa mengatasi keringat berlebih dengan plester anti-keringat. 

Pemakaian deodorant juga bisa menyebabkan ketiak hitam. Walau tidak semua pengguna deodorant mengalami hal yang sama. Yakni ketiak menjadi hitam.

2. Infeksi bakteri

Penyebab lain dari terjadinya ketiak hitam adalah infeksi bakteri corynebacterium minutissimum. Bakteri ini tumbuh subur apabila Anda banyak berkeringat, bertempat tinggal di wilayah yang lembap, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan obesitas.

3. Kehamilan Akibatkan Perubahan Hormon

Kehamilan juga bisa menyebabka ketiak hitam. Karena kehamilan menyebabkan adanya perubahan hormon atau gangguan kulit, termasuk kulit ketiak hitam.

Perubahan horrmon kehamilan akan meningkatkan produksi melanin. Warna kulit yang menghitam, termasuk kulit ketiak, biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

4. Kondisi Medis

Ketiak yang hitam adakalnya diakibat oleh kondisi medis acanthosis nigricans. Kondisi medis ini sering dikaitkan dengan resistensi insulin, obesitas, kelainan hormonal, obat tertentu, dan kanker.

Tentu saja, untuk mengatasinya Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Krim Pencukur Rambut

Meggunakan krim pencukur rambut juga bisa membantu menghilangkan rambut yang tidak diinginkan secara halus.

Tetapi, krim ini juga mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi kulit dan warna hitam pada ketiak. Maka, hati-hati menggunakan krim ini.

Cara Mencegah Ketiak Hitam – Cara Memutihkan Ketiak dengan Kunyit

1. Gunakan deodorant dengan Pro-Vitamin B5

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk mencegah ketiak hitam. Misalnya untuk pengguna deodorant, Anda perlu memilih deodorant yang tidak akan membuat ketiak hitam.

Caranya? Anda pilih deodorant yang tidak mengandung alkohol, paraben, dan aluminium klorida.

Kandungan alkohol bisa menyebabkan kulit ketiak cepat kering. Efeknya, kulit ketiak makin mudah bergesekan satu sama lain. Kondisi ini bisa mengakibatkan kulit ketiak menjadi hitam. Bahkan ada yang terjadi ruam.

Demikian pula paraben dan aluminium. Kedua zat itu bisa menyebabkan timbulnya kemerahan, bengkak, gatal, dan iritasi, sehingga bisa meningkatkan risiko hiperpigmentasi.

Anda sebaiknya memilih deodorant yang mengandung pro vitamin B5. Bisa mengurangi peradangan dan menghindari terjadinya ketiak hitam.

2. Gunakan Masker Timun, Lemon, Kunyit..

Anda juga bisa menghindari atau mencegah terjadinya ketiak hitam dengan menggunakan masker alami. Misalnya masker dari mentimun, lemon, kunyit, minyak kelapa, atau kulit jeruk.

Cara membuat masker ketiak sangat mudah. Bahan diiris-iris, dilunakkan, atau dibuat jus, lalu tempelkan ke ketiak. Diamkan beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

3. Kenakan Pakaian yang Bisa Menyerap Keringat

Terkadang suhu panas juga bisa menyebabkan Anda banyak keringat. Efeknya, ketiak bisa berwarna hitam. Maka, untuk menghindari terjadi ketiak hitam, Anda perlu mengenakan pakaian yang bisa menyerap keringat. Selaon oyu sering mandi.

4. Turunkan Berat Badan

Jika ketiak hitam terjadi akibat badan terlalu gemuk, ya Anda perlu menurunkan berat badan. Anda juga perlu minum obat untuk memperbaiki kadar hormon jika kelebihan hormon menjadi penyebab ketiak hitam.

Demikian artikel mengenai cara  memutihkan ketiak dengan kunyit. Punya ketiak hitam memang tidak nyaman. Apalagi wanita muda yang suka mengenakan pakaian tanpa lengan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website