6 Cara Menaikan Berat Badan Penderita Diabetes dengan Cepat

Diposting pada

BAGAIMANA cara menaikan berat badan penderita diabetes? Umumnya penderita diabetes mengalami penurunan berat badan, terutama untuk penderita diabetes kering. Salah satu gejala diabetes memang terjadinya penurunan berat badan.

Biasanya, penurunan berat badan terjadi akibat asupan makanan dengan jumlah kalorinya terlalu sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Mungkin kondisi ini terjadi akibat adanya pantangan makanan yang yang harus dihindari oleh penderita diebetes.

Tetapi jika makannya bukan makanan patangan sesungguhnya tidak jadi masalah. Yang penting tidak mengonsumsi makanan tinggi gula. Penderita diabetes memang harus mengendalikan konsumsi gula supaya kadar gulanya tidak terus naik. Dengan cara ini, penyakit diabetesnya juga bisa diatasi.

5 Cara Menaikan Berat Badan Penderita Diabetes

cara menaikan berat badan penderita diabetes

Lantas, pertanyaannya adalah bagaimana cara menaikan berat badan penderita diabetes? Ya, ada banyak cara bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

1. Turunkan dulu kadar gula darah Anda

Ini adalah pekerjaan pertama dan utama bagi penderita diabetes yang ingin menaikkan berat badan mereka. Selama gula darah Anda masih tinggi, Anda tidak bisa menaikan berat badan.

2. Makan dengan porsi kecil, tetapi sering

Penderita diabetes harus makan dengan porsi kecil. Jika biasanya sekali makan satu piring penuh, ya kurang sepertiganya. Tahap berikutnya kurangi separohnya.

Jadi, makannya sedikit saja tetapi boleh makan sampai 5 – 6 kali sehari. Tujuannya supaya makanan yang Anda konsumsi tidak banyak menghasilkan lemak karena pencernaan bisa memproses makanan yang Anda konsumsi dengan baik.

3. Mengonsumsi makanan yang tinggi kalori

Banyak makanan yang mengandung kalori tinggi dan bisa Anda konsumsi untuk menaikkan berat badan. Antara lain kacang-kacangan seperti kacang mete (161 kalori), kacang almod (162), kacang tanah (164), hazelnut (181), walnut (183), kacang pilus (188), dan pecan (199).

Buah pisang, mangga, kelapa, alpukat, kurma, apel, pir, fast food, roti, ikan, roti, es krim, mi instan, nasi goreng, daging, nasi, susu, keipik kentang, dsb. juga bisa Anda konsumsi untuk menaikan berat badan. 

4. Jangan minum minuman apa pun sebelum makan

Dengan alasan apa pun, Anda sebaiknya tidak minum sebelum makan. Tujuannya biar nafsu makan tidak turun karena perut sudah terisi minuman sebelum makan. Tetapi jika tidak bisa meninggalkan kebiasaan minum sebelum makan, maka pilihlah minuman yang mengandung nutrien dan kaliti.

5. Rajin berolahraga, ada 2 jenis

Lakukan olahraga minimal 30 menit tiap hari. Berolahraga dalam seminggu paling sedikit 5 hari atau 5 kali. Olahraga yang dianjurkan adalah aerobik dan olahraga melatih kekuatan.

Olahraga ini bisa merangsang tubuh untuk menggunakan insulin lebih baik. Misalnya olahraga bersepeda, jalan cepat, menari, berenang, tenis, jogging atau lari, dsb.

Anda perlu melakukan olahraga dengan tujuan melatih kekuatan. Tubuh akan lebih sensitif terhadap insulin dan bisa menurunkan kadar gula darah. Antara lain dengan olahraga angkat beban. Bisa juga angkat beban ringan di rumah. Ya, seperti mengangkat barbel, tetapi barbelnya dari botol atau kaleng. Atau sit up dan push up.

6. Lakukan Pengukuran Berat Badan Anda

Secara periodik lakukan pengecekan dan pencatatan tentang kondisi fisik Anda. Berapa berat badan Anda, berapa kebutuhan kalori per hari, bagaimana cara pemenuhannya. Apakah yang Anda lakukan sekarang sudah mencukupi kebutuhan untuk membangun hidup yang sehat, dsb.

Demikian artikel mengenai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *