10 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Usia 8 Bulan dengan Cepat

Diposting pada

BAGAIMANA cara menaikkan berat badan bayi 8 bulan dengan cepat? Bayi sudah usia 8 bulan tetapi berat badannya masih rendah tentu saja membuat Bunda risau.

Apa yang salah dengan cara merawat bayi? Ya, Bunda tidak perlu risau. Yang penting pemberian ASI kepada si kecil harus dilakukan sesuai dengan ketentuan.

Selain itu, Bunda juga harus berupaya agar produksi ASI lancar sekaligus berkualitas. Hal itu tentu saja menuntut Bunda selalu menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi biar ASI untuk si kecil mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan badan si bayi, Bunda bisa menambahkan asupan susu penambah berat badan anak. Anak usia 6 bulan sudah bisa diberikan susu buatan sebagai tambahan ASI.

Eh, berapa berat badan anak Bunda yang telah berusia 8 bulan? Berat badan normal untuk bayi lelaki seharusnya 7 – 10 kg. Untuk bayi perempuan adalah 6 – 10 kg. Jika kurang dari berat badan normal, baca uraian berikut tentang cara menaikkan berat badan bayi.

Daftar 10 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi  Usia 8 Bulan dengan Cepat

cara meningkatkan berat badan bayi 8 bulan dengan cepat

Nah, tentang cara menambah berat badan bayi 8 bulan dengan cepat, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan.

1. Tetap Memberikan ASI Berkualitas

Air susu ibu (ASI) merupakan anugerah Tuhan yang sangat berharga untuk si bayi. Tidak ada makanan lain yang bisa menggantikan peran ASI untuk membuat pertumbuhan tubuh bayi berjalan lancar.

Baca – Harga Susu Penambah Berat Badan Bayi Usia 6 – 12 Bulan

Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama hingga 1 tahun. Semua nutrisi yang dibutuhkan si kecil ada di dalam ASI. Sesudah bayi usia di atas 1 tahun, barulah Bunda bisa memberikan susu buatan sebagai tambahan.

2. Buah Pisang – Mengandung Serat, Kalium

Cara menaikkan berat badan bayi 8 bulan lainnya adalah memberikan asupan buah pisang. Buah murah makanan rakyat ini mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan mineral. Semuanya bermanfaat untuk menaikkan berat badan si kecil.

Tentu saja, pisang harus dihaluskan dulu sebelum diberikan kepada si bayi.

3. Minyak Zaitun – Paling Sehat untuk Bayi

Minyak zaitun juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan berat badan bayi. Minyak zaitun lebih sehat dibanding dengan minyak nabati lainnya. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi dan baik bagi pertumbuhan si Kecil.

4. Daging Ayam – Mengandung Protein dan Vitamin B12

Asupan daging ayam juga bagus untuk menambah berat badan bayi. Sebab, daging ayam mengandung protein dan vitamin B12. Keduanya mampu menaikkan berat badan si kecil.

Menu daging ayam bisa ditambah sayur dan nasi sehingga gizinya seimbang.

5. Gandum Kaya Nutrisi

Makanan gandum juga sangat baik untuk bayi 6 bulan ke atas. Konsumsi gandum seperti oatmeal bisa menyetabilkan kadar gula dalam darah dan bisa memberikan energi yang cukup kepada bayi.

Baca – Susu SGM yang Membuat Badan Bayi Cepat Gemuk

Serat dalam gandum juga bagus untuk sistem pencernaan si kecil yang sensitif. Nutrisi penting dari gandum antara lain serat, protein, dan vitamin.

6. Alpukat – Kandungan Serat Tinggi tapi Rendah Lemak Jahat

Cara menaikkan berat badan bayi juga bisa Bunda lakukan dengan memberikan asupan buah alpukat kepada si kecil. Alpukat mengandung serat dan rendah lemak jahat.

Maka, Bunda tak perlu khawatir dengan memberikan asupan buah alpukat kepada si kecil. Lembutkan daging alpukat agar si kecil mudah mengonsumsinya. Bunda bisa menambahkan susu sehingga lebih nyaman.

7. Telur Ayam Mengandung Vitamin A dan B12

Bunda juga bisa memberikan asupan telur untuk si kecil biar berat badannya terus meningkat. Telur mengandung vitamin A dan B12 yang sangat dibutuhkan si bayi untuk meningkatkan berat badannya.

8. Kentang – Tinggi Karbohidrat

Memberikan asupan dari kentang juga sangat bagus untuk meningkatkan berat badan bayi 8 bulan. Sebab, kentang mengandung karbohidrat yang tinggi. Ini sangat dibutuhkan bayi untuk mempercepat pertumbuhan badannya.

Baca – Susu UHT Menambah Berat Badann Anak Usia 1 Tahun

Kentang juga mengandung asam amino seperti arginine dan glutamine. Kegunaannya sama, yakni meningkatkan berat badan anak.

9. Ubji Jalar – Lemak Jahatnya Rendah

Bunda juga bisa memberikan asupan ubi jalar untuk si kecil. Ubi jalar mengandung lemak jahat, tetapi hanya sedikit.

Selain itu, ubi jalar kaya akan vitamin B6, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, dan serat. Maka, mengonsumsi ubi jalar sangat baik untuk meningkatkan berat badan bayi.

10. Daging Sapi Sumber Zat Besi & Lemak Baik

Daging sapi merupakan sumber alami zat besi dan lemak yang baik. Keduanya sangat dibutuhkan oleh si kecil untuk mendukung pertumbuhan tubuhnya.

Dalam usianya 8 bulan, sangat tepat si kecil mulai diberi asupan daging sapi. Berat badan anak akan tambah berisi sesuai dengan pertumbuhan usianya.

Semoga artikel tentang cara menaikkan berat badan bayi usia 8 bulan dengan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *