Cara Mencegah Covid-19, Jangan Pegang Benda di Tempat Umum

Diposting pada

Tanpadiabetes.Berita – Biar Anda tidak tertular virus covid-19 (corona), maka kenali cara penularannya dan cara mencegah covid-19. Ternyata, penularan terbanyak bukan terjadi antar-orang. Tetapi menyentuh benda yang ada virusnya.

Ya, virus covid-19 bisa ada di mana-mana. Menempel di benda. Misalnya ada orang yang telah tertular virus. Lalu dia bersin. Percikan bersinnya mengandung virus dan jatuh di meja yang ada di depannya.

Lalu ada seseorang datang dan duduk di kursi dengan meja yang sama. Sesaat kemudian, pendatang baru itu menyentuh tempat virus berada akibat seseorang yang bersin di meja depannya.

Baca – Penumpang Kereta Tak Boleh Bicara dan TeleponĀ 

Nah, seseorang itu bisa tertular virus covid-19 akibat memegang bagian meja yang ada virusnya. Ini adalah penularan virus secara tidak langsung.

Maka, cara mencegah covid-19 dengan mencuci tangan sangat penting. Anda harus sering lekukan biar terbebas dari covid-19 atau virus corona.

Penularan Virus Covid-19 Secara Tidak Langsung Paling Banyak

mencegah virus covid-19

Penularan virus secara tidak langsung justru yang banyak terjadi. Maka, Anda perlu hati-hati. Jangan mudah menyentuh benda di tempat umum yang dikunjungi banyak orang.

Misalnya masuk ke kantor yang pintunya menggunakan sistem buka tutup dan saat Anda masuk harus mendorong sendiri pintunya, maka hati-hati.

Siapa tahu ada tamu atau karyawan yang terkena virus tanpa gejala, telah masuk ke kantor dan bersin di tempat itu. Percikan bersinnya kena pegangan pintu.

Jika Anda menyentuh pegangan pintu dan virusnya masih aktif, maka Anda bisa tertular. Nah, ini salah satu contoh penularan virus covid-19 melalui benda. Bukan karena kontak dengan penderita virus.

Baca – 6 Cara Makan di Restoran Ketika Diberlakukan New NormalĀ 

Maka, di tempat umum seperti di pasar, di mal, masjid, gereja, kantor, sekolah, ruang perkuliahan, Anda harus hati-hati. Jangan mudah menyentuh sesuatu benda, kecuali terpaksa.

Itulah salah satu cara mencegah covid-19. Yakni, cara mencegah covid-19 dengan mencuci tangan.

Cuci Tangan Setelah Menyentuh 5 Benda

Merdeka.com menyebutkan ada 5 benda yang jika Anda menyentuhnya, segera cuci tangan. Mengapa? Karena banyak orang pegang benda itu sehingga kemungkinan menempelnya virus dan bakteri, termasuk covid-19, sangat besar.

Maka, setelah Anda memegang benda itu, Anda sebaiknya cuci tangan pakai sabun atau pakai sanitizer. Ini sebagai cara mencegah covid-19 dengan Apa saja ke-5 benda itu?

1. Uang

Kita tahu, uang selalu pindah tangan setelah Anda melakukan transaksi. Uang yang Anda pegang, mungkin sudah ratusan atau ribuan kali berpindah tangan.

Dengan kondisi ini, sangat mungkin banyak virus atau bakteri menempel di lembaran uang yang Anda pegang. Maka, setelah pegang uang, Anda sebaiknya cuci tangan dengan sabun.

2. Pegangan Pintu

Pada artikel di atas sudah disinggung tentang pegangan pintu di kantor, di hotel, dan di tempat umum lainnya bisa menjadi media penularan covid-19.

Sebab, saat keluar masuk tempat itu, orang selalu memegang pegangan pintunya untuk mendorong agar pintu terbuka atau tertutup. Maka, Anda perlu cuci tangan dengan sabun atau menggunakan sanitizer biar tidak tertular virus.

3. Memegang Smartphone

Biarpun memegang smartphone Anda sendiri, sebaiknya Anda cuci tangan dengan sabun atau sanitizer biar bebas dari virus.

Baca – Susu Penambah Berat Badan Untuk Usia 20 Tahun Keatas dan Harganya

Ya, sehari mungkin puluhan kali Anda menyentuh layar smartphone. Ini memungkinkan hadirnya virus atau bakteri.

4. Kran Umum

Kran air di tempat umum juga harus Anda waspadai. Ada baiknya, Anda tuangkan air di alat buka tutup untuk memastikan pada alat itu tidak ada virus menempel.

Baru setelah itu Anda menggunakan kran air untuk berbagai keperluan. Saat menutup kembali, Anda aman dari kemungkinan kena virus corona (covid-19).

5. Benda di Rumah Sakit

Anda juga perlu hati-hati saat datang ke rumah sakit menjenguk keluarga, tetangga, teman atau lainnya yang sakit. Atau ada keperluan lain di rumah sakit.

Hati-hati saat menyentuh benda-benda di rumah sakit. Siapa tahu ada virus pada benda itu.
Demikian pula di fasilitas kesehatan lainnya seperti puskesmas, klinik, dsb. Anda juga perlu segera mencuci tangan setelah selesai berkunjung ke fasilitas kesehatan tersebut biar bebas dari covid-19.

Tiga Cara Menghalau Virus dari Tangan Anda

Pertanyaanya, bagaimana jika Anda terpaksa menyentuh benda yang kemungkinan ada virusnya?
Ada tiga cara untuk mengatasinya, yakni:

1. Tangan Anda jangan menyentuh mulut, hidung dan mata sebelum dicuci. Nanti virus bisa masuk ke tubuh Anda. Anda boleh menyentuh mulut, hidung mata setelah cuci tangan dengan sabun.

2. Ya, cuci tangan dengan air yang mengalir (menggunakan kran) dan sabun. Tetapi, cara cucinya harus benar. Ada 5 langkah untuk mencuci tangan dengan benar hingga virusnya bisa hilang seperti terinci di bagian bawah artikel ini.

3. Gunakan sanitizer untuk membersihkan tangan Anda dari virus. Maka, ada baiknya ketika Anda bepergian, bawalah sanitizer dalam botol kecil yang bisa dipakai saat Anda membutuhkan.

Tetapi, sekarang banyak tempat umum yang dilengkapi dengan tempat cuci tangan ataupun sanitizer. Jadi, pengunjung, tamu atau siapa pun yang ada di tempat umum itu bisa dipastikan bebas dari virus.

Manfaatkan fasilitas-fasilitas itu. Jangan enggan atau malas. Lakukan cara mencegah covid-19 dengan mencuri tangan.

Ada lagi kantor-kantor besar, swalayan, stasiun kereta api, bandara, dilengkapi dengan pemeriksaan suhu badan. Semua orang yang datang harus dicek suhu tubuhnya.

Jika suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celcius, yang bersangkutan dilarang masuk dan disarankan periksa dokter.

Baca – Harga Susu Bayi Penambah Berat Badan 6-12 (Bulan)

Selain sering cuci tangan, ketika keluar rumah, Anda harus mengenakan masker untuk pengamanan diri dan selalu menjaga jarak dengan orang lain setidaknya 1,5 meter.

5 Langkah Mencuci Tangan Yang Benar

Berikut ini adalah cara cuci tangan yang dipersyaratkan agar benar-benar bisa menghilangkan virus covid-19 dari tangan Anda.

Cuci tangan harus menggunakan air yang mengalir selama 20 detik. Cara cuci tangan yang benar ini merupaka rekomendasi Kementerian Kesehatan RI:

1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir.

2. Gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela jari.

3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku.

Baca – 21 Perawat Untuk Pasien Corona Meninggal Akibat Tertular

4. Bilas dengan air bersih mengalir.

5. Keringkan tangan dengan handuk / tisu atau keringkan dengan diangin-anginkan.

Demikian artikel mengenai cara mencegah covid-19 dengan mencuci tangan sehingga Anda tidak akan tertular. Anda bisa beraktivitas di luar rumah, tetapi Anda selamat dari kemungkinan tertular virus covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *