4 Cara Mencegah Diabetes Secara Alami Sejak Dini

Diposting pada

CARA mencegah diabetes sangat penting. Salah satunya adalah cara mencegah diabetes secara alami. Ini cara yang paling mudah dan murah. Tetapi, manfaatnya sangat besar untuk kesehatan Anda.

Mengapa perlu mencegah penyakit diabetes? Ya, cara ini penting karena kalau Anda sudah kena diabetes, waduhh.. penyembuhannya tidak mudah. Bisa-bisa, penyakit diabetes akan terus meningkat jika Anda tidak serius mengatasinya.

Tentu saja, penderitaan akibat penyakit diabetes yang harus Anda pikul tidak ringan. Diabetes memang penyakit seumur hidup. Maksudnya, begitu kena diabetes, Anda harus terus-menerus berusaha mengobatinya supaya tidak melonjak tinggi. Itu harus Anda lakukan sepanjang hidup.

Jika sampai sakit diabetes Anda melonjak tinggi, bahaya ada di depan mata. Mengatasi sakit diabetes bisa sangat melelahkan. Sama dengan mengatasi penyakit stroke. Keduanya merupakan penyakit sepanjang hidup.

Baca – Manfaat Buncis untuk Mengatasi Diabetes

Anda harus terus-menerus minum obat, harus terus-menerus membatasi makan minum yang berisiko menaikkan diabetes atau meningkat sakit stroke, dsb.

Lakukan Cara Mencegah Diabetes Secara Alami Sejak Sekarang. Caranya? 

cara mencegah diabetes secara alami

Oleh karena itu, mencegah terjadinya penyakit diabetes sangat dan sangat penting. Sejak kapan? Ya, sejak sekarang. Biar Anda masih muda, Anda tetap harus mulai menjaga kesehatan diri dengan menjauhkan dari kemungkinan kena penyakit diabetes.

Cara mencegah diabetes sejak dini adalah cara yang sangat dianjurkan. Apalagi untuk penduduk Indonesia, di mana penderita penyakit diabetes cukup tinggi.

Jangan sampai Anda selalu merasa sehat dan suka mengonsumsi makanan minuman yang sangat manis tanpa batasan, misalnya, tiba-tiba suatu hari jatuh sakit. Ketika dicek dokter, ternyata gula darah Anda sangat tinggi. Anda dinyatakan telah menderita penyakit diabetes.

Ini bisa terjadi karena Anda tidak pernah mengecek kondisi gula darah. Tidak pernah mencegah kemungkinan terjadinya sakit seperti sakit diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb.

Baca – Hindari 15 Pantangan Penyakit Gula Kering

Nah, sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, yakni kena sakit diabetes, Anda sebaiknya mulai melakukan pencegahan. Tujuannya supaya Anda selalu sehat dan tidak terkena penyakit diabetes.

Cara Mencegah Diabetes: Periksa Gula Darah, Jauhi Makanan Penyebab Diabetes, dsb. 

Apa saja yang harus Anda lakukan supaya Anda terhindar dari penyakit diabetes atau gula darah tinggi?
Ya, banyak. Salah satunya adalah cara mencegah diabetes secara alami. Cara ini sangat mudah Anda lakukan, selain itu juga murah biayanya. Cara mencegah sakit diabetes antara lain:

1. Periksa Gula Darah

Untuk memastikan apakah gula darah Anda rendah, sedang (normal) atau tinggi, Anda sebaiknya cek gula darah. Gula darah terbaik adalah normal. Tanda Anda sehat. Anda perlu cek gula darah 3 tahun sekali.

Kalau hasilnya menunjukkan kadar gula darah Anda rendah, ya Anda harus menaikkannya. Apalagi kalau gula darah Anda tinggi. Anda harus menurunkannya. Jika tidak diturunkan, ya Anda akan terkena sakit diabetes.

2. Menghindari Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi/Diabetes

Cara mencegah diabetes secara alami lainnya adalah menghindari makanan penyebab gula darah tinggi. Ini sangat penting karena pengaruh makanan larangan ini sangat besar atas terjadinya penyakit diabetes.

Baca – 7 Cara Mengobati Sakit Diabetes Melitus – Praktis, Mudah Murah

Beberapa makanan minuman yang harus Anda jauhi antara lain makanan minuman rasa sangat manis (tinggi gula), makanan minuman tinggi kalori, tinggi karbohidrat dan lemak.

Makanan tinggi gula antara lain yoghurt, salad dressing, nasi putih, soft drink, saus tomat kemasan, sele, madu, makanan cepat saji (fast food), aneka selei, pudding, dsb.

Minuman tinggi gula antara lain minuman yang sangat manis, sirup, jus buah dalam kemasan, dsb.

Makanan minuman tinggi kalori antara lain kacang-kacangan, pisang, mangga, selei, kelapa, kurma, alpukat, fast fomi instan, fast food (makanan scepat saji), dsb.

Makanan tinggi lemak yang harus Anda jauhi antara lain daging sapi, sosis, hot dog, bacon, snack kemasan, makanan yang dipanggang, dan margarin.

3. Melakukan Olahraga Rutin Tiap Hari

Selalu melakukan olahraga secara rutin tiap hari sangat penting untuk mencegah diabetes. Melakukan olahraga rutin bisa membuat tubuh menggunakan hormon insulin dengan lebih efektif. Hasilnya, kadar gula darah Anda dapat lebih terkontrol dan tidak naik tinggi.

Luangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit per hari. Bisa pagi, siang, sore, petang atau malam hari. Yang penting Anda harus rutin melakukan olahraga tiap hari. Anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

4. Turunkan Berat Badan jika Anda Kegemukan

Jika Anda kegemukan (berbadan gemuk), maka Anda harus berusaha menurunkannya. Badan gemuk sangat mudah terkena penyakit diabetes.

Cari penyebabnya mengapa badan Anda gemuk. Jika penyebabnya karena Anda suka makan atau sering mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan badan gemuk, ya kurangi kegemaran makan-makan. Batasi juga porsi makan.

Baca Р4 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes 

Lakukan secara bertahap sehingga tidak terasa berat. Selain itu, perbesar tekad Anda untuk hidup sehat dan sehat itu nyaman.

Pokoknya, Anda harus berusaha menurunkan berat badan jika Anda ingin tetap hidup sehat. Jangan merasa bangga punya badan gemuk. Sebaliknya, badan gemuk justru bisa jadi sumber penyakit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *