7 Cara Mencegah Terjadinya Infeksi Lambung

Diposting pada

TERNYATA infeksi lambung bisa berakibat fatal. Penderita bisa meninggal dunia seperti dialami tetangga saya (baca artikel meninggal dunia akibat infeksi lambung). Tetangga saya masih berusia sangat muda, 36 tahun.

Aktor laga terkenal Toro Margens juga meninggal akibat sakit infeksi lambung. Sakit infeksi lambung ini mirip sakit maag. Gejalanya tidak jauh berbeda. Maka, Anda perlu hati-hati jika lambung Anda sering terasa perih.

Ada dua penyebab utama infeksi lambung. Yaitu, infeksi bakteri Helicobacter pylori atau H. pylori. Atau karena mengonsumsi obat-obatan NSAID (obat-obatan antiinflamasi nonsteroid).

Yang sangat penting bagi Anda sekarang adalah cara menghindari infeksi lambung. Jangan sampai infeksi lambung menyerang Anda.

Caranya, pilih makanan yang sehat yang bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan terkena infeksi lambung.

7 Makanan Penyebab Infeksi Lambung yang Harus Anda Hindari

cara mencegah infeksi lambung

hindari makanan ini (foto:daunlontar.blogspot.com

Pertanyaanya sekarang, makanan apa yang harus Anda hindari supaya tidak terkena infeksi lambung? Bagaimana cara menghindari makanan itu?

Berikut ini daftar makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk mencegah terjadinya infeksi lambung sebagaimana dikemukakan dr. Dyah Novita Anggraini pada klikdokter.com.

1. Makanan Tinggi Lemak

Beberapa makanan yang tinggi lemak antara lain daging berlemak, produk olahan susu yang tinggi lemak, aneka makanan yang digoreng.

Mengonsumsi makanan ini dapat mengundang terjadinya infeksi lambung.

2. Makanan Minuman Sangat Manis

Makanan dan minuman yang sangat manis juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi lambung. Dengan mengonsumsi banyak gula (makanan minuman sangat manis) bisa membuat produksi asam lambung lebih tinggi.

3. Sering Minum Kopi atau Minuman Teh

Cara mencegah infeksi lambung lainnya adalah menghindari minuman denhan kandungan kafein yang tinggi. Antara lain pada kopi dan teh. Mengonsumsi keduanya secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung menjadi lebih tinggi lagi.

4. Makanan yang Mengandung Gas

Makanan apa saja yang mengandung gas? Contohnya sayur sawi, kol, buah nangka, minuman bersoda, roti, pasta dan sereal. Ini juga harus Anda hindari supaya tidak terkena infeksi lambung.

5. Makanan Yang Membuat Pengosongan Lambung Lambat

Makanan kelompok ini antara lain cokelat, susu full cream, makanan berlemak, dan keju. Makan makanan kelompok ini bisa meningkakan asam lambung.

6. Makanan Pedas

Hati-hati mengonsumsi makanan pedas atau sangat pedas. Makanan sangat pedas bisa menimbulkan iritasi di dinding lambung. Ya, jadi penyebab terjadi infeksi lambung.

Contohnya, ya tentu saja cabai, saus cabai, aneka sambal, atau makanan yang banyak kandungan mrica atau lada.

7. Makanan Rasa Asam

Anda sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan rasa asam. Sebab, makanan itu bisa meningkatkan kadar asam lambung. Contohnya makanan dengan cuka, tomat, asinan dan lain-lain.

Hindari Minuman Alkohol dan Merokok

Cara mencegah infeksi lambung lainnya adalah menghindari merokok dan minum alkohol (minuman keras). Keduanya bisa merangsang terjadinya asam lambung berlebihan.

Lakukan Olahraga

Selain menghindari makanan dan perilaku yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi lambung, Anda sebaiknya juga melakukan olahraga rutin. Setidaknya 4 kali dalam satu mingggu.

Tidak perlu olahraga berat. Cukup dengan senam, jalan kaki keliling kompleks perumahan di mana Anda bertempat tinggal juga cukup untuk membuat tubuh Anda sehat. Bisa terhindar dari infeksi lambung.

Apabila Anda merasakan gejala infeksi lambung yang terlalu sering, ya coba periksakan ke dokter sebelum masalahnya terlambat.

Gejala infeksi lambung sering tidak muncul. Maka, Anda sendiri yang perlu selalu wapada. Jangan menunggu gejala muncul.

Gejala infeksi lambung antara lain nyeri di bagian ulu hati, perut kembung, mual, muntah, nafsu makan turun, demikian pula berat badan yang terus turun. Anda perlu mewaspadai gejala-gejala itu.

Penutup

Demikian artikel mengenai Cara Mencegah Terjadinya Infeksi Lambung. Ya, masalah infeksi lambung perlu perhatian besar. Jangan dianggap sepele.

Sebab, akibatnya bisa fatal. Tetanggaku dan aktor laga terkenal Toro Margens meninggal akibat menderita infeksi lambung.

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal asam lambung. Harga murah dan bebas efek samping. Antara lain Habbazafit, QNC Jelly Gamat, Yunana Paijao, Golden Propolis, Walatra Sarang Semut, dsb.

Semoga Anda terhindar dari kemungkinan infeksi lambung. Yang penting Anda menghindari konsumsi makanan terlarang seperti disebutkan di atas.

Jika toh Anda mengonsumsinya, jangan berlebihan dan jangan terus-menerus.