BAGAIMANA cara mencegah kelainan tulang skoliosis? Skoliosis adalah kondisi tulang belakang yang tumbuh tidak normal. Yakni tumbuh melengkung ke kiri atau ke kanan.

Nantinya, jika sudah remaja mulai terlihat bahwa bahu kanan dan kiri tidak sama tingginya. Atau miring, tidak simetris. Tidak diketahui apa penyebab pasti atas terjadinya skoliosis ini.

Banyak anak-anak, khususnya anak perempuan, yang menderita tulang belakang yang miring (skoliosis). Dilihat dari belakang, seharusnya tulang belakang lurus. Tetapi jika kenyataannya tulang belakang Anda miring berarti Anda menderita skoliosis.

Bahkan ada yang mengalami skoliosis yang tergolong berat seperti terlihat pada gambar bawah ini. Banyak wanita hamil juga mengalami masalah tulang belakang ini. Hati-hati.

Pertumbuhan Kelainan Tulang Skoliosis Sangat Cepat pada Usia Remaja

Pertumbuhan skoliosis memang tidak bisa dicegah. Walau penderita masih berusia sangat belia. Bahkan, pertumbuhannya berjalan cepat di masa remaja. Yang bisa Anda lakukan hanyalah menghambat pertumbuhannya.

Maka, jika Anda melihat perkembanan anak Anda tampak memiliki masalah skoliosis (tulang punggung miring), Anda perlu bekonsultasi dengan dokter. Jangan tunggu besar. Lakukan segera cara mencegah skoliosis.

cara mencegah kelainan tulang skoliosis

penderita skoliosis terberat (foto:tribune.manado.com)

Meskipun dokter juga tidak menghentikan masalah tulang punggung anak Anda, tetapi dokter bisa memberikan bagaimana cara menghambat pertumbuhannya. Dokter akan melakukan pengukuran, melakukan pemeriksaan dengan sinar X, dsb.

Jika diketahui lengkungannya 25 – 30%, maka itu tergolong tidak terlalu berat. Banyak juga anak menderita tulang punggung melengkung (skoliosis) karena keturunan. Orang tua atau kakeknya ada yang menderita penyakit ini.

Cara Mencegah Kelainan Tulang Skoliosis dengan Alat Penyangga Punggung

Bagi remaja yang menderita kelainan pada punggung bisa mengenakan penyangga punggung. Ini adalah cara mencegah skoliosis yang perlu Anda pertimbangkan.

Penggunaan penyangga punggung juga tidak bisa mencegah pertumbuhan skoliosis. Tetapi, dengan pengenakan alat pencegah punggung, Anda bisa menghambat pertumbuhan penyakit skoliosis.

Dengan demikian, Anda bisa menghindarkan timbulnya kondisi yang lebih parah. Anda bisa memilih produk penyangga dari bahan plastik kaku atau karet elastis yang disispi logam.

Pilihan mana yang tepat, itu tergantung dari kondisi penyakit punggung Anda.

Penyangga punggung ini bisa dipakai di bawah baju. Menggunakan penyangga ini jika usia sudah 25 tahun lebih dan pertumbuhan skoliosisnya cukup cepat. Anak masih tergolong anak tetapi pertumbuhan skoliosisnya telah mencapai 30 derajat lebih.

Penyangga punggung harus dipakai paling tidak 16 jam per hari selama berapabulan atau beberapa tahun. Semua tergantung pada kondisi sakitnya. Pemakaian dilakukan sampai tulang punggung tidak tumbuh lagi.

Dengan menggunakan penyangga, penderita tidak perlu melakukan operasi untuk meluruskan kelainan tulang skoliosis. Dari data penelitian, seperempat (1/4) anak/remaja penderita penyakit ini bisa tertolong dengan penggunaan penyangga punggung.

Anda juga bisa mengenakan korset yang bisa membanu mengatasi tulang belakang melengkung.

Cara Mencegah Kelainan Tulang Skoliosis Secara Alami

Walau banyak kasus kelainan pada penyangga punggung akibat keturunan (faktor genetik), tetapi Anda bisa melakukan pencegahan secara alami. Antara lain:

1. Jangan lakukan kegiatan dengan keras tapi hanya pada satu sisi tubuh.

Cara ini bisa menyebabkan terjadinya skoliosis idiopatik. Inilah penyebab terbanyak dari kasus skoliosis akibat ketidakseimbangan otot. Membawa tas, kantung belanja apa pun hanya pada satu tangan bisa menyebabkan penyakit ini.

2. Seringlah berlatih otot punggung sehingga kuat dan stabil.

Ini akan membuat Anda tidak mudah terkena skoliosis. Otot punggung sebagai pendukung tulang belakang akan menjaganya sehingga selalu dalam posisi tepat.

Beberapa latihan yang dianjurkan antara lain latihan kekuatan pada punggung, kaki dan kekuatan otot lengan. Baca – Menonton TV sambil tiduran bisa kena skoliosis.

3. Sering mengonsumsi vitamin dan mineral yang tepat.

Misalnya mengonsumsi kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi oatmeal, kacang kedelai direbus tanpa garam, kacang almond, dan sarden bisa membuat otot punggung Anda tetap kuat dan stabil.

Anda bisa terhindar dari penyakit skoliosis atau penyakit tulang bengkok.

Obat Herbal untuk Mencegah Tulang Skoliosis

Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk skoliosis. Banyak obat herbal dijual di toko online. Misalnya Obat Skoliosis Tulang Bengkok dari Walatra Sehat Sendi. Ini terdiri dari berbagai ukuran dan kemasan, termasuk harga. Bisa menyembuhkan penyakit skoliosis dan berbagai masalah sendi.

Obat herbal skoliosis lainnya adalah Samulinpro, Obat Herbal Jelly Gamat Gold G, Triflex Capsules, dsb. Harga Rp 100 ribuan – Rp 300 ribuan. Anda bisa memilih mana yang cocok untuk Anda.

Semoga artikel mengenai cara mencegah skoliosis ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website