Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Asam Lambung?

Diposting pada

BAGAIMANA cara mencegah penyakit asam lambung? Siapa pun pasti tidak ingin punya penyakit asam lambung. Sebab, punya gangguan lambung seperti tersiksa. Lambung terasa perih seperti dalam kondisi sangat lapar.

Padahal belum lama telah makan / sarapan. Eh, perut kembali minta diisi. Jika tidak, ya rasa perihnya makin menjadi atau makin berat. Sebentar-sebentar rasa perih di lambung muncul.

Dalam kondisi demikian, tentu Anda tidak bisa tenang. Tidak bekerja dengan baik. Tidak bisa konsentrasi, tidak nyaman, dsb.

Bahkan, lambung terasa perih bisa terjadi saat tidur nyenyak di tengah malam. Terpksa Anda harus bangun mencari makanan atau apa saja yang bisa digunakan mengganjal perut.

Jika tidak mengonsumsi makanan, ya Anda semalaman tidak akan bisa tidur tenang. Rasa perih di lambung akan selalu mengusik tidur Anda. Tentu saja, Anda perlu memilih makanan yang baik untuk asam lambung. 

Cara Mencegah Penyakit Asam Lambung – Jangan Dibiarkan karena bisa Mengancam Jiwa Anda

cara mencegah penyakit asam lambung

Pelawak Wendy Cagur terbaring di RS karena sakit asam lambung (foto:tribunnews.com)

Nah, artikel ini terutama ditujukan kepada Anda yang belum terkena penyakit asam lambung ataupun maag. Yakni, cara mencegah penyakit asam lambung.

Misalnya makan apa yang baik mereka konsumsi. Lauk pauk apa yang cocok untuk mereka. Tujuannya supaya Anda benar-benar terhindar dari penyakit ini.

Penyakit asam lambung sering dianggap sepele. Ah, makan terlambat tak apa-apa. Saya kuat sehari tidak makan. Tetapi jika sikap tidak teratur dalam makan terjadi sangat sering, maka ada potensi Anda bisa kena sakit asam lambung / maag.

Bahkan, jika kondisi sakit asam lambung itu dibiarkan terus-menerus, kata dr. Kevin Adrian dari alodokter.com, kondisi itu bisa mengancam nyawa penderitanya. Bisa juga terjadi komplikasi.

Maka, jangan anggap seple penyakit asam lambung. Kalau sudah kena, aduh repotnya bukan main. Anda tidak akan merasa nyaman sepanjang hari. Kalau lalai atau membiarkan tanpa penanganan serius, penyakit asam lambung bisa berakibat fatal.

Tetangga saya, seorang ibu muda masih energik dengan dua putra, meninggal karena penyakit ini. Dan, ini kenyataan yang harus menjadi pelajaran bagi kita semua yang belum kena sakit asam lambung supaya siap payung sebelum hujan.

Ya, berusaha menghindarinya biar tidak terkena sakit asam lambung. Sesungguhnya asam lambung adalah salah satu zat yang berperan penting dalam proses pencernaan. Tetapi jika jumlah asam lambung berlebihan atau sebaliknya, terlalu sedikit, Anda bisa kena sakit asam lambung.

Beberapa ciri asam lambung naik, misalnya rasa perih yang hebat di ulu hati hingga dada terasa terbakar. Atau perut mual, mulut terasa asam atau pahit, suara menjadi serak, sakit tenggorokan dan sulit menelan, batuk-batuk, sesak nafas, asma, dsb.

Penyebab Asam Lambung dan Cara Mencegah Asam Lambung

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mencegah penyakit asam lambung? Caranya sangat mudah. Yaitu, hindari penyebab asam lambung.

Nah, dengan menghindari makanan penyebab asam lambung, maka Anda akan terhindar dari penyakit asam lambung. Berarti Anda sudah melakukan cara mencegah asam lambung.

Lalu, apa saja penyebab asam lambung? Pertanyaan ini penting karena untuk mencegah asam lambung, Anda harus tahu apa saja penyebab penyakit asam lambung. Oleh karena itu, di sini akan disampaikan dulu 5 penyebab asam lambung yang harus Anda hindari, yaitu:.

1. Sering mengonsumsi makanan penyebab asam lambung. Contohnya aneka gorengan, makanan minuman manis, micin, roti tawar, dan junk food.

2. Pola makan tidak teratur. Misalnya waktu makan sering terlambat. Bisa menyebabkan radang di dinding lambung.

3. Sering stres yang tidak kunjung berhenti. Tiap ada masalah, setres. Lama-lama reaksi radang di lambung meningkat. Demikian pula produksi asam lambung, juga kian tinggi.

4. Kurang mengonsumsi sayur dan buah. Jarang atau tidak pernah makan sayur dan buah bisa membuat asam lambung sering naik dan terjadilah penyakit asam lambung ataupun maag.

5.  Otot bagian bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter (LES) melemah. Ketika Anda makan, otot LES mengendur dan makanan yang Anda konsumsi masuk ke lambung.

Tetapi karena LES tidak segera menutup kembali, maka asam lambung yang berlebih bisa naik sampai ke kerongkongan dan mulut. Maka terjadilah penyakit asam lambung.

5 Cara Mencegah Asam Lambung

Bagi Anda yang tidak punya penyakit asam lambung, perlu hati-hati. Lakukan cara mencegah asam lambung sehingga lambung Anda selalu sehat. Sehat itu mahal harganya.

Bagi Anda yang sekarang punya penyakit asam lambung, Anda juga perlu menghindari penyebab asam lambung. Tujuannya supaya penyakit Anda tidak makin parah. Risikonya bisa mengancam jiwa. Mantan istri pelawak Sule, yakni Lina Zubaedah, dikabarkan meninggal akibat asam lambung selain karena penyakit lain.

Jadi, cara mencegah asam lambung yang harus Anda lakukan supaya Anda terhindar dari penyakit asam lambung adalah sangat penting. Bukan sekadar basa-basi.

  1. Hindari mengonsumsi makanan minuman rasa pedas dan asam.
  2. Lakukan pola makan teratur. Jangan sering makan terlambat dari waktu yang biasa dilakukan.
  3. Tidur teratur dengan waktu yang cukup (7 – 8 jam sehari).
  4. Hindari minum alkohol, kopi dan teh.
  5. Mengonsumsi biskuit regal bisa menghindari penyakit mag dan asam lambung kambuh.

Sesungguhnya masih ada beberapa penyebab asam lambung lainnya. Tetapi ke-4 penyebab di atas merupakan penyebab utama yang harus Anda hindari supaya Anda tetap sehat, tidak kena penyakit asam lambung ataupun maag.

Semoga artikel mengenai cara mencegah penyakit asam lambung ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *