CARA mencegah penyakit leukimia sangat penting. Sebab, penyakit leukimia atau kanker darah termasuk kanker ganas. Jika terlambat penangananya, banyak penderita yang akhirnya tidak bisa ditolong jiwanya.

Penyakit leukimia tidak hanya menyerang orang dewasa. Anak-anak juga bisa terkena sakit leukumia (kanker darah). Dinamakan kanker darah karena kanker ini akan merusak fungsi darah.

Salah seorang anak yang kena kanker darah adalah putri artis penyanyi Denada. Tetapi, daya tahan anak menghadapi kanker leukimia ini lebih tinggi dibandingkan penderita orang dewasa.

Peluang kesembuhan penderita anak usia 0 – 5 tahun mencapai 80 – 85%. Peluang kesembuhan orang dewasa justru hanya 60%.

Ibu Ani Yodhoyono, istri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhono juga meninggal akibat kanker leukimia. Hanya dalam 4 bulan sejak penyakitnya muncul, beliau meninggal dunia seperti dijelaskan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB.

Baca – 21 Makanan Pembunuh Penyakit Kanker dan Tumor

Ibu Ani menderita kanker darah jenis leukimia. Penyakit ini menyerang sumsum tulang.

Karena berat dan sulitnya mengatasi penyakit leukimia (kanker darah), maka yang terbaik adalah mencegahnya. Menjaga jangan sampai kita terke na kanker ini. Bagaimana caranya?

Cara mencegah penyakit leukimia
anak periksa leukimia (foto:halodo.com)

Apakah Penyakit Leukimia

Pengertian leukimia (kanker darah) seperti dikutip oleh alodokter.com adalah kanker darah dan sumsun tulang yang terjadi akibat produksi darah putih abnormal berlebihan.

Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh dan diproduksi di dalam sumsum tulang. Saat produksi sumsum tulang terganggu, sel darah putih tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Meskipun jumlahnya tinggi.

Maka, sel darah putih tidak lagi mampu melawan infeksi. Sebaliknya, sel darah putih justru menghambat produksi sel darah merah dan trombosit.

Baca – Manfaat Bawang Putih untuk Mencegah Kanker

Dari sisi pertumbuhan kanker, maka kanker leukimia dibagi menjadi dua, yakni leukimia akut dan kronis. Leukimia akut lebih berat penyembuhannya dibandingkan dengan kanker leukimia kronis.

Cara Mencegah Kanker Leukimia

Seperti dikemukakan di atas, cara terbaik dalam kaitan dengan kanker leukimia adalah menghindari, mencegah dan menghindari kanker leukimia. Berikut ini beberapa cara mencegah penyakit leukimia.

1. Jangan merokok. Seperti dipaparkan alodokter.com, merokok bisa meningkatkan risiko kena kanker darah. Maka, perlu dikonsultasikan dengan dokter tentang bagaimana Anda bisa berhenti merokok.

2. Jika berat badan Anda begitu tinggi dan badan gemuk, maka konsumsilah makanan bergizi seimbang biar berat badan turun.

3. Hindari paparan bahan kimia berbahaya. Misalnya benzena, formaldehida, dan radon. Termasuk obat pembasmi serangga, asap kendaraan, bensin tanpa timbal, dan obat hama.

4. Jangan terlalu sering kena paparan radiasi dari sinar-X, CT scan, dsb.

Jenis Kanker Darah yang Lain

Selain kanker leukimia, dua jenis kanker darah lainnya yang juga perlu Anda ketahui seperti terpapar berikut ini.

1. Limfoma dan Cara Mengatasi

Kanker Limfoma menyerang sistem limfatik yang terdiri dari nodus limfa, limpa, kelenjar getah bening dan kelenjar timus. Sistem limfatik sesungguhnya bertugas membuang kelebihan cairan dari tubuh dan memproduksi sel-sel limfosit yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk mencegah kanker darah jenis ini, Anda harys selalu menjaga kesehatan tubuh, mencegah paparan virus, tidak melakukan hubungan seks bebas, menghindari narkoba suntik, menjaga berat badan ideal, dsb.

Baca –  Cara Mencegah Kanker Payudara Hindari 11 Makanan

2. Multiple myeloma dan perbanyak makan buah

Kanker darah jenis multiple myeloma ini menyerang plasmosit. Yakni bagian dari sel darah putih yang bertugas memproduksi antibodi untuk melawan infeksi.

Maka, saat produksi antibodi terganggu, penderita mudah terkena infeksi.

Cara mengatasinya Anda harus selalu menjaga kesehatan tubuh, menjaga berat badan ideal, jangan terkena paparan bahan kimia, batasi konsumsi mi instan, hindari alkohol, dan perbanyak makan buah.

Semoga artikel mengenai penyakit leukimia atau lamler darah ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website