7 Cara Mencegah Penyakit Skoliosis agar Tidak Makin Parah

Diposting pada

BAGAIMANA cara mencegah penyakit skoliosis? Ini sangat penting Anda ketahui dan coba laksanakan biar terhindar dari penyakit yang membuat tulang belakang bengkok atau melengkung. Baik melengkung ke kiri atau ke kanan.

Jika mengetahui tanda anak Anda punya tulang punggung bengkok, maka segera bawa ke dokter atau melakukan terapi sendiri. Tulang punggung bengkok terbanyak terjadi pada anak dan remaja.

Jika Anda tidak segera mengatasinya, maka skoliosis bisa berkembang lebih parah. Melengkungnya terlihat nyata dan bisa mengganggu kesehatan dan aktivitas kesehariannya.

Nah, yang perlu Anda ketahui dan lakukan adalah cara mencegah skoliosis. Walaupun banyak penderita penyakit ini akibat faktor keturunan. Yakni punya bapak ibu, kakek dan nenek yang juga punya penyakit tulang belakang bengkok.

Tetapi, sebagian besar penderita skoliosis tidak diketahui apa penyebab sakit yang mereka derita.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda selalu memperkuat daya tahan tubuh sehingga bisa selalu sehat. Tidak mudah dihinggapi penyakit apa pun, termasuk penyakit kelainan tulang punggung.

Baca – Bahaya Penyakit Skoliosis bagi Wanita Hamil

cara mencegah penyakit skoliosis

terapi skoliosis (foto:cnnindonesia.com

7 Tip Menghindari dan Mengatasi Penyakit Skolisos (Tulang Belakang Bengkok)

Selain itu, lakukan tip menghindari atau mencegah penyakit tulang belakang bengkok (skoliosis) seperti berikut ini.

1. Hindari Kegiatan Hanya Dilakukan Satu Sisi Tubuh

Anda hendaknya menghindari kegiatan yang hanya dilakukan oleh satu sisi tubuh. Misalnya membawa tas dengan beban yang agak berat hanya dengan tangan kanan. Sebaiknya sesekali tangan kiri juga bergantian membawa tas biar terhindar dari skoliosis.

2. Anda Harus Rajin Melatih/ Berolahraga Otot Punggung.

Cara mencegah skoliosis juga bisa Anda lakukan dengan sering melakukan latihan / olahraga khusus. Yakni olahraga memperkuat otot punggung.

Dengan otot punggung yang kuat dan stabil otomatis Anda bisa mencegah penyakit skoliosis. Sebab, otot punggung yang mendukung tulang belakang juga menjaganya sehinggga Anda bisa terhindar dari penyakit skoliosis.

3. Mengonsumsi Vitamin dan Mineral yang Cukup

Biar tetap sehat dan terhindar dari penyakit tulang belakang bengkok, Anda perlu mengonsumsi asupan vitamin dan mineral yang tepat. Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Maka, cukup bagus untuk mengonsumsi oatmeal, kacang kedelai (lebih baik direbus tanpa garam), almond, dan sarden. Makanan-makanan itu bisa menyehatkan tubuh dsb.

4. Jangan Duduk dengan Menyilangkan Kaki

Kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki juga rawan terkena sakit skoliosis. Duduk dengan menyilangkan kaki umumnya dilakukan oleh perempuan. Jika duduknya cukup lama, maka itu dapat membuat tulang panggul berputar dari posisi seharusnya dan menyebabkan skoliosis.

5. Sering Menduduki Dompet (Pria)

Yang ini banyak dilakukan oleh pria. Yakni duduk dengan dompet di kantung celana panjang bagian belakang. Duduk dengan menduduki dompet tebal juga menggeser posisi tulang panggung dan menekan posisi yang lain.

Akibatnya terjadilah penyakit skoliosis. Maka, hati-hati para pria. Dompetnya jangan tebal-tebal biar tak membuat Anda kena penyakit tulang belakang bengkok.

6. Hindari Berat Badan Berlebih (Kegemukan)

Cara mencegah penyakit skoliosis juga harus dilakukan oleh mereka yang badannya gemuk (berat badan berlebih). Mereka harus berusaha menurunkan berat badannya biar sakit skoliosis tidak bertambah berat.

Sebaliknya, bagi Anda yang berat badannya tidak berlebih, ya harus terus menjaganya agar berat badan tetap ideal dan sehat. Tidak hanya bebas dari skoliosis, tetapi juga terhindar dari penyakit-penyakit lain.

7. Selalu Mengenakan Korset

Selalu mengenakan korset juga bisa membantu untuk mengatasi penyakit skoliosis. Bagi anak-anak dan remaja, mengenakan korset bisa membuat penyakitnya tidak akan berkembang menjadi lebih parah.

Bagi orang dewasa, tujuan memakai korset bisa mengurangi tekanan pada sendi dan meringankan rasa nyeri di punggung bawah. Selain korset, Anda juga bisa memilih mengenakan alat penyangga punggung. 

Mengonsumsi Obat Skoliosis

Anda juga bisa mengonsumsi obat untuk mengatasi mencegah penyakit skoliosis. Baik obat farmasi atau obat herbal. Bahkan, obat alami juga bisa.

Obat anti-peradangan yang bisa mengatasi sakit skoliosis dengan menghilangkan rasa nyeri antara lain sibuprofen atau acetaminophen.

Obat herbal untuk skoliosis antara lain QNC Jelly Gamat, Walaya Sehat Sendi, Triflex Capsule, Ace Max’s ekstrak daun dirsak dan ekstrak kulit manggis.

Demikian artikel mengenai Cara Mencegah Penyakit Skoliosis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, khususnya Anda yang memiliki penyakit skoliosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *