CARA mengatasi asam lambung kambuh, gimana? Penyakit asam lambung dan maag mudah sekali kambuh. Kalau kambuh, aduhh.. rasanya sangat tidak nyaman. Apalagi, lambung terasa nyeri dan perih.

Anda pernah merasakan asam lambung naik sampai ke kerongkongan? Asam lambung sesungguhnya berfungsi membantu pencernaan untuk melembutkan makanan yang Anda konsumsi.

Tetapi, bagaimana jika jumlah asam lambung berlebih atau sangat banyak sehingga melebihi kebutuhan? Ya, jadilah penyakit asam lambung.

Ketua Perhimpunan Gastrologi Indonesia Cabang Jakarta, dr. Agastya Wisnu W, SpPD menyatakan sesungguhnya asam lambung tidak mengganggu kesehatan. Asam lambung mengganggu jika produksinya berlebihan.

Baca – 8 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Sakit Asam Lambung

Maka, apa yang harus Anda lakukan biar sakit asam lambung tidak kambuh adalah mengatasi asam lambung agar tidak berlebihan. Artinya, jumlah produksi asam lambung harus selalu normal.

Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh, Penyebab dan Pemicunya

cara mengatasi asam lambung kambuh

minum madu, cara mengatasi asam lambung kambuh

Bagaimana terjadinya sakit asam lambung? Ya, asam lambung yang jumlahnya berlebih itu akhirnya naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak bekerja dengan baik.

Maka, Anda akan merasakan adanya sakit di dada atau nyeri ulu hati, mulut terasa asam/pahit, sulit menelan, dan perut terasa tidak nyaman.

Itulah sesuatu yang bisa dikatakan sebagai penyebab asam lambung kambuh. Meskipun tidak bisa dikatakan sebagai penyebab terjadinya asam lambung.

Faktor lain yang juga membuat Anda bisa berisiko kena sakit asam lambung adalah:

1. Sering makan tidak teratur pada waktunya.

2. Mengonsumi coklat, makanan berlemak, coklat, kopi, dan alkohol dalam jumlah banyak.

3. Mengalami kegemukan atau berat badan berlebih.

Baca – Cemilan Yang Aman bagi Penderita Asam Lambung

Anda sebaiknya menghindari pemicu atau penyebab asam lambung kambuh seperti memperbaiki pola makan. Menghindari konsumsi makanan yng menyebabkan terjadianya sakit asam lambung, dsb.

Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh

Ada beberapa cara mengatasi asam lambung kambuh. Apa saja cara mengatasi asam lambung yang kambuh dan bisa Anda lakukan dengan mudah?

1. Menghindari Makanan Penyebab Asam Lambung

Makanan tinggi lemak seperti susu dan olahannya, daging sapi, daging kambing dan daging domba, aneka makanan gorengan, kue dan es krim, coklat, kopi, minuman bersoda, alkohol, makanan rasa pedas dan rasa asam, minuman kopi, makanan rasa asin, dsb.

2. Ubah Cara Makan dengan Porsi Kecil

Makan dengan porsi kecil juga bisa mengatasi asam lambung kambuh yang naik sampai ke kerongkongan atau refluks. Makan dengan porsi kecil artinya makan dalam jumlah yang porsinya tidak banyak.

Misal, jika sebelumnya sekali makan 1 piring penuh, kini dikurangi sepertiganya. Setelah berjalan dengan baik dan aman, maka porsi makan berikutnya dikurangi menjadi separonya.

Baca – 9 Makanan Pantangan untuk Penderita Maag

Porsi makan besar bisa menyebabkan penyakit asam lambung mudah kambuh. Jika makan porsi besar 3 kalisehari, maka dengan porsi kecil bisa makan 4 – 5 kali atau lebih.

3. Minuman Kopi Penyebab Asam Lambung Naik

Cara mengatasi asam lambung kambuh lainnya adalah mengindari minum kopi sementara waktu. Mengapa? Kopi punya kandungan kafein yang bisa mengakibatkan masalah di esofagus dan asam lambung naik. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari minum kopi untuk sementara waktu sampai asam lambung reda

4. Waktu Makan Harus Teratur

Makan tidak teratur waktunya bisa menyebabkan asam lambung atau maag sering kambuh. Apalagi ditambah makan terlambat. Misalnya makan siang pukul 12.00, ya lakukan selalu pada jam itu.

Jangan dibiasakan sering molor sampai pukul 15.30 baru makan siang, misalnya. Sekali dua kali makan terlambat dari waktunya tak masalah. Tetapi jangan terlalu sering.

Baca Р9 Makanan Pantangan untuk Penderita Maag 

Setelah waktu makan tidak teratur cukup lama, maka muncul rasa nyeri dan perik atau melilit di lambung. Anda disarankan sering makan. Kemana-mana bawa cemilan roti yang bisa dimakan di mana pun.

5. Makanan Dikunyah dengan Baik

Makanan dikunnyah maksudnya saat makan jangan tergesa-gesa. Mengunyah makan sampai lembut memudahkan pencernaan untuk mengolahnya. Tetapi, jika makannya tergesa-gesa dan makanan tidak dikunyah dengan baik, maka bisa menjadi penyebab asam lambung.

6. Mengunyah Permen Karet Setelah Makan

Mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan juga meruapakan salah satu cara mengatasi asam lambung kambuh. Atau paling tidak bisa mengurangi keluhan asam lambung.

Baca – Biskuit Regal untuk Sakit Maag

Pasalnya, mengunyah permen karet dapat merangsang laju pelepasan air liur. Asam yang terakumulasi di perut akan tercuci dan bersih lebih cepat. Asam lambung pun lenyap.

7. Mengonsumsi Muniman Jahe

Minuman jahe juga bisa mengatasi asam lambung sering kambuh. Jahe bersifat anti radang, memiliki sifat antiradang yang secara alami dapat mengatasi nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya.

Penggunaan jahe untuk mengatasi gejala GERD atau refuks asam lambung adalah dengan mengolahnya sebagai minuman hangat. Selain jahe mentah, Anda bisa menikmati minuman jahe hangat dari produk jahe bubuk yang dijual di pasaran.

8. Mengonsumsi Obat Herbal Asam Lambung dari Kunyit

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal yang diproduksi menggunakan bahan herbal kunyit (kunir). Antara lain Madu Tripang Kunyit. Menyembuhkan penyakit gerd, kanker lambung, maag kronis, dan penyakit asam lambung.

Herbal asam lambung ini diproduksi dari bahan madu perasan, habbatusauda, temulawak, propolis, kunir (kunyit) curcuma, kunyit, zaitun dan tripang.Berkhasiat mengatasi asam lambung naik.

Banyak obat herbal untuk mengatasi asam lambung yang bisa Anda konsumsi Ada juga yang diproduksi dari bahan madu hitam pahit. Saya pernah mengonsumsi. Hanya dengan minum madu pahit satu botol, sakit maag saya lenyap.

Padahal sebelumnya sudah sering periksa dokter dan meminum obat resep dokter. Tetapi maag saya tidak kunjung sembuh. Sampai bertahun-tahun. Maag saya sembuh setelah minum madu hitam pahit. Kini saya berani lagi mengonsumsi makanan rasa asam seperti mangga, jeruk, dsb. Maag saya tak kambuh.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi asam lambung kambuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan asam lambung Anda juga bisa disembuhkan. Asam lambung hilang, lambung pun nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website