ASAM lambung sesungguhnya sangat membantu proses pencernaan. Asam lambung akan membuat semua makanan yang kita konsumsi menjadi kecil-kecil sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Tetapi jika jumlah asam lambung berlebihan, kehadirannya justru akan mengganggu sistem pencernaan. Misalnya asam lambung naik ke kerongkongan dan lambung tidak bisa berfungsi dengan baik.

Kondisi inilah yang disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala akibat GERD adalah sakit dada, nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam/pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.

Baca lebih jauh mengenai penyebab terjadinya asam lambung.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Dada 

Lantas, bagaimana cara mengatasi asam lambung naik ke dada? Apa yang harus Anda lakukan?

Anda perlu mengubah gaya hidup untuk menyembuhkan asam lambung Anda. Antara lain:

 cara mengatasi asam lambung naik ke dada
(foto:lampung.co)

1. Jangan Mengonsumsi Makanan yang Bisa Memicu Asam Lambung

Makanan yang bisa memicu terjadinya GERD adalah makanan yang mengandung banyak lemak. Mengapa? Karena makanan banyak lemak akan membuat proses pencernaannya cukup lama.

Akibatnya, lambung memproduksi banyak asam lambung. Ini membuat asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

2. Jangan Mengonsumsi Kopi, Coklat, Alkohol, Makanan Pedas

Anda sebaiknya menghindari minum kopi, alkohol, cokekat, dan makanan pedas. Ini bisa membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi kendor sehingga membuat asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

Anda juga bisa menyembuhkan asam lambung dengan mengonsumsi kunyit. Anda bisa coba. Ini sangat manjur.

3. Silakan Makan dengan Porsi Kecil

Anda sebaiknya makan dengan porsi kecil. Selain itu, usahakan makan dengan porsi kecil namun sering dan kunyah perlahan-lahan. Anda bisa makan sehari sampai 4 kali atau 8 kali.

Dengan mengunyah makanan sampai lembut, maka proses pencernaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Ini akan membuat pencernaan bisa bekerja dengan baik dan tidak memperoduksi asam lambung.

4. Hindari Kebiasaan Merokok Terus Berbaring

Anda sebaiknya menghindari merokok dan kebiasaan berbaring setelah makan. Sebab, kedua sikap itu justru akan meningkatkan produksi asam lambung.

Baca Р10 Makanan Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung 

Selain itu, setelah makan juga jangan langsung berbaring atau tiduran. Dengan cara itu, asam di lambung tidak akan diproduksi berlebihan.

5. Jangan Mengenakan Pakaian yang Ketat di Perut

Pakaian yang ketat di bagian perut akan menekan lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan dan muntah. Supaya tidak terjadi asam lambung berlebihan dan naik ke kerongkongan, maka kenakan pakaian yang longgar, terutama di bagian perut.

6. Tidak Melakukan Gerakan yang Menekan Perut

Jangan melakukan gerakan yang bisa menekan perut, termasuk ketika berolahraga. Selama berolahraga, hindari gerakan yang mungkin mmberikan tekanan pada mulut. Misalnya melompat atau bergoyang-goyang.

Ketika melakukan olahraga juga harus hati-hati. Lakukan olahraga setelah makan 2 – 4 jam.

7. Tidur yang Cukup

Tidur sangat penting untuk membuat tubuh tetap sehat. Kurang tidur bisa menyebabkan timbulnya refluks asam lambung. Selain itu, kurang tidur bisa menyebabkan stres. Tetapi, kurang tidur juga bisa menimbulkan komplikasi dan penyakit jadi kronis. Maka perbaiki pola hidup dengan tidur yang cukup.

8. Tidur dengan Posisi Kepala dan Dada Lebih Tinggi

Anda perlu menaikkan posisi tubuh bagian sehingga lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Tubuh bagian atas yang butuh ditinggikan adalah pinggang ke atas.

Baca Juga: Makanan Terbaik untuk Asam Lambung

Tetapi jangan hanya menambahkan bantal di belakang kepala. Sebab, hal itu biasanya tidak efektif.

Penutup

Sebaiknya Anda selalu berusaha agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan yang kemudian terjadilah sakit asam lambung. Segera obati dan hindari makanan pemicu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website