11 Cara Mengatasi Bau Ketiak dengan Bahan Murah

Diposting pada

PUNYA ketiak bau tentu tidak nyaman. Banyak teman menjauh saat diajak berbincang. Tetapi, bagaimana cara mengatasi bau ketiak? Apa saja yang harus dilakukan?

Sesungguhnya cara mengatasi bau ketiak tidak sulit. Anda bisa memilih cara alami, tradisional,  pakai produk yang dijual di banyak toko, atau pakai produk mahal. Ya, semua terserah Anda.

Yang penting Anda harus bebas dari bau ketiak biar Anda bisa nyaman bergaul dan berbincang bersama teman atau dengan siapa pun. Anda tidak lagi merasa rendah diri, tetapi bisa lebih percaya diri (PD).

Anda bebas bergerak, termasuk mengangkat tangan saat naik angkutan umum. Tidak khawatir orang-orang di sekitar Anda akan menutup hidung.

11 Cara Mengatasi Bau Ketiak yang Berkepanjangan

Banyak penyebab mengapa ketiak bau. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah meniadakan atau menghindari penyebabnya.

car mengatasi bau ketiak

manfaat daun sirih (foto:merdeka.com)

Pada kesempatan ini kita akan memperbincangkan cara mengatasi bau ketiak yang berlebihan. Sebab, ketiak bau sudah jadi kenyataan. Ketiak Anda tiap hari sering menebar bau tidak sedap. Anda pun risi dengan mereka, orang-orang sekitar.

Berikut ini daftar 11 cara meniadakan bau ketiak dengan bahan-bahan alami secara mudah dan murah. Yakni, dengan memanfaatkan tumbuhan atau bahan tradisional alami.

1. Daun Sirih untuk Mandi

Cara mengatasi bau ketiak secara alami antara lain dengan menggunakan daun sirih. Cara ini bisa dipilih karena mendapatkan daun sirih tidak sulit. Harganya pun sangat murah, Rp 20 ribu – Rp 25 ribu per kg.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan cukup besar. Banyak kandungan daun sirih yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan, termasuk mengatasi masalah bau ketiak, kesehatan mata, dsb. Kandungan daun sirih antara lain vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten.

Cara penggunaannya pun mudah. Siapkan beberapa lembar daun sirih, cuci, dan direbus dengan air 2 gelas. Setelah mendidih, air rebusan daun sirih diangkat dan dicampurkan pada air yang disiapkan untuk mandi.

Lakukan mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih sampai ketiak Anda tidak lagi menebarkan bau tidak sedap. Mudah kan caranya?

2. Minum Air Rebusan Daun Beluntas

Cara lain Anda bisa menggunakan daun beluntas. Mendapatkan daun beluntas juga mudah. Toko online juga menyediakan daun beluntas segar. Harganya Rp 150 per lembar daun.

Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa sehingga besar manfaatnya untuk kesehatan.

Selain menghilangkan bau ketiak, daun beluntas juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan, bau mulut, dan keputihan.

Lain dengan daun sirih, penggunaan daun beluntas untuk meniadakan bau ketiak dengan cara diminum. Tentu saja, daun beluntas harus direbus lebih dulu dan baru air rebusan Anda minum 2 kali sehari.

3. Minum Seduhan Daun Kemangi

Daun kemangi selain untuk lalapan saat makan, juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau badan dan ketiak. Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang bisa membuat ketiak tidak bau.

Cara penggunaannya sangat mudah. Sama dengan penggunaan daun beluntas. Ambil segenggam daun kemangi dan rebus. Tetapi, Anda harus lebih dulu mengeringkan daun kemangi sebagaimana halnya daun teh.

Daun kemangi kering bisa Anda tumbuk dulu supaya lembut. Atau dipotong kecil-kecil seperti daun teh. Konsumsi minuman dari daun kemangi pagi dan sore.

Cara paling mudah, ya Anda ambil daun kemangi segar yang sudah dicuci lalu dimakan sebagai lalapan saat makan. Cuma ada bau yang sebagian orang tidak menyukainya. Minum 2 kali sehari.

4. Sabun dari Bunga Kecombrang

Ada sabun dari bunga kecombrang? Saya tidak tahu. Hanya saja, bunga kecombrang dan batangnya bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau ketiak.

Caranya, ambil bunga kecombrang dan batangnya lalu ditumbuk kasar. Maksudnya, ditumbuk tetapi tidak sampai lembut. Hasil tumbukan bunga kecombrang Anda gosokkan ke ketiak saat mandi. Ya, caranya seperti menggunakan sabun.

Bunga kecombrang kaya antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Antara lain mampu mengatasi bau tak nyaman dari ketiak.

Harga bunga kecombrang Rp 70 ribu per kilogram.

5. Minum Jamu Temulawak

Temulawak dikenal sebagai tanaman obat sejak nenek moyang. Juga banyak dijual sebagai jamu. Rasanya sangat pahit, tetapi manjur untuk banyak penyakit.

Temulawak mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang mampu menghilangkan bau ketiak.

Cara mengonsumsinya, ambil satu rimpang temulawak, kupas kulitnya, bersihkan dengan air mengalir, diparut (dihaluskan) lalu diperas dengan menggunakan air matang. Hasilnya bisa diminum.

Tetapi, kini banyak dijual obat herbal jadi dari bahan temu lawak, terutama di toko online. Anda tidak perlu repot. Rasanya pun tidak pahit karena pengolahannya menggunakan teknologi modern.

Ada kapsul dari temulawak, jamu temulawak, kaplet temulawak, bubuk temulawak, temulawak kering, dsb. Tentu saja, harganya beragam.

Khasiatnya juga macam-macam. Ada juga temulawak untuk maag, kanker, hepatitis, liver, dsb.

6. Wedang dan Herbal Jahe

Suka wedang (minuman) jahe? Jika Anda sering minum wedang jahe, Anda akan bebas dari bau ketiak. Rimpang jahe juga mengandung minyak atsiri sehingga bisa mencegah bau tidak sedap dari ketiak.

Kandungan zat lainnya adalah zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Wedang jahe dikonsumsi sehari sekali rutin bisa mencegah bau ketiak dan bau badan.

Harga jahe tentu saja murah. Tetapi, Anda juga bisa membeli bubuk jahe, herbal jahe dengan berbagai kegunaan dan berbagai bentuk olahan. Dari harga paling murah, Rp 700 per shachet isi 27 gram.

7. Minuman Jeruk Purut

Anda juga bisa memanfaatkan jeruk purut untuk mengatasi bau ketiak. Rasanya asam, tetapi kandungannya untuk kesehatan sangat banyak, termasuk untuk mencegah / mengatasi ketiak/ badan bau.

Kandungan jeruk purut antara lain serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium.

Cara penggunaannya sangat mudah. Buah jeruk dipotong jadi dua bagian, lalu diperas. Bisa menggunakan alat pemeras.

Hasilnya Anda buat minuman dengan lebih dulu menyiapkan air matang 1 gelas. Minum 2 kali sehari sampai ketidak tidak bau lagi.

9. Deodorant dari Jeruk nipis

Jenis buah jeruk lain yang juga bisa Anda gynakan untuk mengatasi bau tidak sedap dari ketiak adalah jeruk nipis. Tetapi, cara menggunakannya berbeda.

Jika jeruk purut dibuat minuman. Penggunaan jeruk nipis adalah dioleskan pada ketiak yang berbau. Ya, seperti penggunaan deodorant. Jeruk nipis dioleskan pada ketiak setelah mandi.

Jeruk nipis mengandung vitamin C, flavonoid, asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Sangat efektif untuk mencegah ketiak bau.

Tetapi, Anda juga bisa mengonsumsi minuman sari jeruk nipis. Satu botol isi 700 ml dengan harga Rp 47.300. Ajuga sari jeruk, dsb.

10. Menggunakan Masker Mentimun

Anda juga bis menggunakan masker dari timun. Cara yang sangat mudah. Beli timun, patong tipis-tipis lalu potongan itu ditempelkan pada ketiak yang bau.

Lakukan rutin dua kali seminggu sampai bau ketiak hilang. Sampai ketiak Anda sehat, tidak ada lagi bau tak sedap.

11. Baking Soda + Jeruk Nipis

Mengatasi bau ketiak dengan menggunakan baking soda juga sangat baik. Banyak orang melakukan cara itu dan sukses.

Baking soda bisa menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan/ketiak. Cara menyiapkannya adalah ambil 1 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh perasan jeruk nipis.

Kedua bahan dicampur, lalu dioleskan pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak Anda dengan air hangat. Cukup sehari sekali sampai bau ketiak tidak muncul lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *