4 Cara Mengatasi Ketiak Basah Berlebihan Secara Alami

Diposting pada

CARA mengatasi ketiak basah berlebihan secara alami. Punya ketiak yang sering berkeringat sampai basah tentu tidak nyaman. Apalagi keringatnya berbau. Waduhh, sangat tidak nyaman bersama teman.

Bisa-bisa teman pergi menghindari Anda karena bau keringat. Jika kejadian seperti itu Anda alami, gimana rasanya? Sangat malu dan tidak enak. Dikiranya Anda tidak bisa menjaga diri untuk tampil nyaman.

Anda pun akhirnya bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi ketiak basah berlebihan? Adakah obat mujarab untuk membuat ketiak tidak berkeringat? Atau kalau berkeringat, tidak berlebihan dan tidak berbau.

Nah, jika Anda punya masalah sama dan pertanyaan yang sama, artikel ini tepat untuk Anda.

Perbincangan selanjutnya akan membahas sedikit masalah ketiak basah berlebihan dan berbau. Barulah contoh-contoh cara mengatasi ketiak basah berlebihan secara alami.

Dokter: Tidak Melakukan Aktivitas Fisik, Ketiak Juga Bisa Basah Berlebihan, Mengapa?

cara mengatasi ketiak basah berlebihan secara alami

iihh..ketiaknya itu lho ..bau… (foto:kamini.id)

Menurut dr Grace Tumbelaka, dokter spesialis Kedokteran Olahraga, keringat sesungguhnya merupakan hasil metabolisme tubuh. Tidak hanya saat melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dan bekerja, saat duduk pun tubuh Anda bisa berkeringat banyak.

Misalnya ketika Anda makan dalam kondisi masakan / nasi panas, mengonsumsi masakan pedas atau berada dalam ruang yang pengap, dsb. Dalam kondisi seperti itu, Anda juga bisa berkeringat.

Permasalahan timbul saat pada lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak mengeluarkan keringat. Sebab, keringat mengandung lemak dan protein yang menjadi asupan bagi bakteri yang ada di kulit.

“Sebagian besar keringat mengandung air dan mineral. Namun, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar tertentu itu mengandung lemak dan protein,” tutur dr Grace.

Lemak dan protein itulah yang oleh bakteri dirombak dan menghasilkan gas atau bau tidak sedap.

Baca – Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Bahan Kunyit

Cara mengatasinya terkadang tidak mudah. Tidak cukup dengan menggunakan deodorant. Atau bau ketiak bisa hilang tetapi hanya sementara. Artinya, ketiak berbau muncul lagi. Nah…

4 Cara Mengatasi Ketiak Basah Berlebihan Secara Alami

Sesungguhnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketiak basah berlebihan. Di antaranya dengan menggunakan secara alami.

Berikut ini beberapa cara mengatasi ketiak basah berlebihan secara alami yang bisa Anda lakukan. Pilih cara mana yang Anda anggap mudah dan Anda bisa melakukan dengan baik.

1. Cara Mengatasi Ketiak Basah dengan Cuka Apel

Cuka apel sangat bagus untuk Anda gunakan mengatasi ketiak basah. Sebab, cuka apel mengandung zat antibakteri penyebab ketiak mengeluarkan bau tidak sedap.

Umumnya, pada ketiak itulah bakteri berkembang biak dan menyebabkan aroma tak sedap.

Untuk melawannya, Anda bisa gunakan cuka apel. Cara menggunakan, 30 menit sebelum mandi, oleskan cuka apel pada ketiak Anda dengan menggunakan kapas.  Tunggu 30 menit lagi, barulah Anda mandi sebagaimana biasa.

2. Mengatasi Ketiak Basah dengan Baking Soda

Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai cara mengatasi ketiak basah berlebihan secara alami. Ambil beberapa sendok tepung baking soda dan diberi air sehingga berubah menjadi pasta.

Oleskan pasta dari baking soda pada ketiak Anda. Biarkan selama 30 menit, lalu Anda bisa membersihkan ketiak dengan air bersih. Lakukan cara ini beberapa kali sampai ketiak tidak berkeringat lagi.

Baca – Cara Memutihkan Ketiak Menggunakan Pasta Gigi

Jika cara ini membuat kulit ketiak Anda kering, jangan khawatir. Itu hanya reaksi kulit untuk sementara waktu.

3. Tepung Maizena – Jangan Kenakan Pakaian Warna

Tahu tepung maizena? Tepung ini dibuat dari bahan jagung. Selain untuk membuat makanan kecil, Anda juga bisa menggunakan tepung maizena untuk mengatasi ketiak basah.

Ya, caranya gunakan tepung maizena sebagai bedak pada ketiak. Tepung akan menyerap kelebihan keringat dan kelembapan ketiak. Selain itu, tepung ini juga bisa mencegah bau badan.

Tetapi, sebaiknya Anda tidak mengenakan pakaian warna gelap karena ceceran tepung akan terlihat putih di pakaian Anda. Tepung maizena bisa Anda dapatkan di toko-toko online. Harganya juga murah.

4. Jeruk Lemon Membuat Ketiak Tampak Bersih dan Putih

Jeruk lemon juga bagus untuk Anda gunakan sebagai cara mengatasi ketiak basah. Selain mengurangi kelembaban keringat, jeruk lemon mampu menjadikan ketiak lebih putih dan bersih.

Baca – 7 Sabun Mandi Terbaik untuk Memutihkan Kulit

Anda lakukan cara ini sebelum mandi dan biarkan sejenak dengan mengoleskan potongan jeruk lemon pada ketiak. Setelah selesai, Anda diamkan sekitar 30 menit dan barulah ketiak Anda bersihkan menggunakan air bersih.

Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Ketiak Basah Secara Alami ini bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *