9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen

Diposting pada

PUNYA ketiak yang sering menebarkan bau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda tidak bisa bebas bergaul akrab dengan teman. Bahkan, dalam acara resmi pun sama.

Teman-teman atau siapa pun akan merasa tidak nyaman berada di dekat Anda. Misalnya dengan menjauh dari Anda atau menutup hidungnya saat Anda mengangkat tangan.

Pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan bau ketiak permanen? Apa yang harus Anda lakukan sehingga bau ketiak bisa menghilang dari tubuh Anda untuk selama-lamanya?

Berikut ini 9 tip menghilangkan bau ketiak secara permanen yang bisa Anda lakukan. Anda bisa pilih cara mana yang mudah Anda lakukan dan hasilnya mampu menghilangkan bau ketiak Anda.

Silakan Baca: 6 Cara Mengobati Bau Ketiak dengan Obat Herbal

Cara Menyiapkan Minuman Tradisional untuk Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen

cara menghilangkan bau ketiak permanen

daun beluntas (foto:liputan6.com)

Bau ketiak atau bau badan tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin yang berada di dalam kulit tubuh. Kelenjar ada pada bagian lipatan tubuh seperti pada ketiak. Kelenjar berekresi dengan bakteri yang akhirnya menimbulkan bau tidak sedap.

Ada beberapa cara menghilangkan bau ketiak permanen yang bisa Anda lakukan. Antara lain menghilangkan bau ketiak secara alami, dengan menjalani pola hidup sehat ataupun dengan cara medis. Anda bisa memilih cara mana yang Anda inginkan.

Tetapi, dalam kesempatan ini penulis hanya akan menyampaikan cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Cara ini tergolong mudah dan murah. Hasilnya sangat ampuh untuk menghilangkan bau ketiak Anda.

1. Minum Air Rebusan Daun Beluntas

Tanaman beluntas umumnya tumbuh di pinggir pantai dan merupakan tanaman liar. Tidak ada orang yang menanamnya. Ternyata, tanaman liar ini mengandung banyak sekali senyawa yang bisa membuat tubuh Anda sehat dan berbau segar.

Kandungan daun beluntas antara lain minyak atsiri, alkaloid, fosfor, kalsium, tanin, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, asam amino, vitamin A, dan C.

Cara penggunaannya, Anda rebus tanaman beluntas dan Anda minum air rebusan itu. Anda bisa minum 2 kali dalam sehari.

2. Daun Kemangi, Dimakan Langsung atau Buat Minuman

Daun kemangi tentu tidak asing bagi kebanyakan dari kita, khususnya ibu-ibu. Daun kemangi sering dibuat lalapan. Kandungan minyak atsiri bisa menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak atau bagian tubuh lainnya.

Cara menggunakannya, Anda bisa langsung makan daun kemangi mentah sebagai lalapan saat makan siang atau makan malam. Tentu saja, daun kemangi harus dicuci dulu.

Jika tidak suka bau dan rasanya, Anda bisa membuat minuman daun kemangi. Ya, seperti membuat minuman teh atau minuman daun beluntas (nomor 1). Daun kemangi lebih dulu dikeringkan sebagaimana daun teh.

3. Minum Jamu Temulawak

Tanaman temulawak merupakan bahan pembuatan jamu kesehatan sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, sejak nenek moyang kita. Rasanya sangat pahit, tetapi khasiatnya sebagai pengobatan sangat tinggi.

Dengan kandungan minyak atsiri dan zat sapomin dan flavoinoida, seduhan temulawak bisa Anda minum untuk menghilangkan bau ketiak.

Cara menyiapkannya, ambil beberapa rimpang temulawak, cuci dengan air bersih, diparut (dilembutkan), lalu diekstrak atau diperas dengan air matang secukupnya. Tambahkan 1 sendok madu biar rasanya tidak terlalu pahit. Selain itu juga menambah khasiat temu lawak.

4. Pakai Masker dari Mentimun

Mentimun juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau ketiak secara alami. Gunakan mentimun sebagai masker di ketiak. Lakukan cara itu dua kali dalam seminggu.

Caranya, mentimun dibersihkan, diiris tipis-tipis lalu ditempelkan pada ketiak yang suka menebar bau tidak sedap.

Mentimun mengandung vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga. Maka, sangat efektif untuk menghilangkan bau ketiak.

5. Mengonsumsi Minuman Jahe

Minuman dengan bahan jahe (minuman jahe) selain segar, juga bisa menghilangkan bau tidak sedap ketiak. Mengonsumsi minuman jahe pada petang hari terasa menyegarkan.

Rasanya sedikit pedas seperti minuman serbat, tetapi menyehatkan. Banyak khasiat kesehatan dari minuman jahe ini.

Ini tidak lain karena jahe mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

6. Konsumsi Minuman Cengkih

Minuman dari bahan cengkih juga menyegarkan dan bisa menghilangkan bau ketiak. Ada rasa khas minuman cengkih. Bunga cengkih juga mengandung minyak atsiri.

Tambahkan madu biar terasa lebih segar dan lebih menyehatkan. Ya, cara membuatnya seperti membuat minuman teh. Minum dua kali sehari.

menghilangkan bau ketiak dengan jeruk purut

jeruk purut (foto:kerjanya.net)

7. Konsumsi Minuman Jeruk Purut

Cara menghilangkan bau ketiak alami lainnya adalah dengan mengonsumsi minuman yang dibuat dengan menggunakan bahan jeruk purut. Khasiatnya sama, bisa menghilangkan bau ketiak menggunakan minuman dari cengkih.

Cara membuatnya, siapkan air panas satu gelas. Lalu peras satu buah jeruk purut dan hasilnya dimasukkan ke air panas yang sudah disiapkan.

8. Oleskan Daun Jambu Biji

Mendapatkan daun jambu biji tidak sulit. Jika di pekarangan Anda atau tetangga Anda ada tumbuhan jambu biji, pakai saja daunnya untuk menghilangkan bau ketiak permanen.

Ambil 3 – 4 lembar daun jambu biji, bersihkan, lalu dilembutkan (ditumbuk atau pakai uleg). Hasilnya, Anda oleskan pada ketiak yang menebar bau tidak sedap.

Setelah 15 menit, bersihkan ketiak Anda dengan air bersih. Kandungan mineral dan antibakteri dari daun jambu biji akan membasmi kuman penyebab bau ketiak.

9. Gunakan Sabun yang Mengandung Mint

Paling mudah mungkin menggunakan sabun khsusus saat mandi. Yakni, sabun yang mengandung mint atau mengandung cooling sensation. Atau sabun antiseptik. Pilih sabun mana yang cocok untuk Anda.

Penutup

Setelah dipraktekkan dan hasilnya bagus, tolong tulis pengalaman Anda tentang cara menghilangkan bau ketiak permanen biar orang lain juga mendapatkan manfaatnya. Mereka yang masih menghadapi problem ketiak bau bisa bergantian mencobanya.

Sebaik-baik orang adalah mereka yang memberikan manfaat kepada orang lain. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.