31 Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami, Mudah dan Murah

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA menghilangkan bau ketiak secara alami. Bau ketiak merupakan sumber dari terjadinya bau badan tak sedap. Ketika Anda ingin menghilangkan bau badan, maka yang pertama harus Anda lakukan adalah menghilangkan bau ketiak.

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau ketiak. Salah satu adalah cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Ini cara yang sangat mudah dan murah. Jika perlu biaya, juga tidak besar.

Selain itu, cara alami adalah cara paling aman dan nyaman karena tidak ada efek samping. Jika toh ada, efek samping itu sangat kecil dan ringan. Tidak seberat efek samping dari penggunaan obat kimiawi.

Menghilangkan bau ketiak sangat penting karena hal itu bisa mengganggu pergaulan di anyata teman atau sesama. Jika dalam suatu kegiatan tiba-tiba muncul bau menyengat dari ketiak Anda, tentu suasana kegiatan menjadi kacau.

Banyak di antara mereka yang kemudian pergi sambil menutup hidungnya. Atau Anda yang harus keluar dari acara itu supaya kegiatan tetap berjalan lancar.

Malu, kan kalau kejadiannya seperti itu? Makanya, menghilangkan bau ketiak sangat penting. Salah satunya dilakukan secara alami. Bagaimana caranya?

Rincian 31 Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami 

Setidaknya ada 31 cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang bisa Anda lakukan. Caranya tidak sulit. Yang penting adalah kemauan dan kedisiplinan.

cara menghilangkan bau ketiak secara alami
(foto:detiksehat.com)

1. Kenakan Pakaian yang Mampu Menyerap Keringat

Anda sebaiknya mengenakan pakaian katun yang bisa menyerap keringat sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap. Terjadinya bau tidak sedap karena keringat yang keluar dari ketiak atau bagian tubuh lainnya tidak bisa terserap oleh pakaian yang Anda kenakan.

2. Sering Berganti Pakaian

Sebaiknya Anda sering berganti pakaian. Setidaknya sehari sekali berganti pakaian. Dengan cara ini bisa menghilangkan bau badan tidak sedap. Tentu saja, ini menuntut Anda harus rajin menyuci pakaian. Jika malas, ya serahkan saja kepada jasa nyuci pakaian (laundry).

3. Segera Menyeka Keringat

Anda sebaiknya siap sapu tangan atau penyeka keringat lainnya seperti tisu berbau harum. Begitu keringat muncul, langsung diseka. Cara ini membuat bakteri tidak berkembang di tubuh sehingga Anda tetap sehat dan bau badan atau bau ketiak berkurang.

4. Rajin Melakukan Olahraga dan Senam

Olahraga, termasuk senam akan membuat tubuh selalu sehat. Meskipun berolahraga akan membuat Anda mengeluarkan air keringat. Tetapi keringat olahraga akan membuang kuman dan bakteri dari pori-pori sehingga tidak membuat badan atau ketiak bau.

5. Minum Air Putih 8 Gelas Per Hari

Anda suka minum air putih? Jika belum biasa, lakukan tiap hari minum air putih setidaknya 8 gelas. Ini akan membuat keringat dari pori-pori menjadi tidak bau.

6. Sayuran Hijau Menghilangkan Bau secara Alami

Sayuran hijau kaya klorofil juga bagus untuk menghilangkan dan mencegah bau badan dan bau ketiak secara alami. Contohnya kangkung, wortel, mentimun, labu, tomat, lobak, selada dan kol. Anda bisa memilih mana yang Anda suka.

7. Mandi dengan Air Rebusan Daun Sirih

Anda tahun daun sirih? Banyak daun sirih dijual di pasar tradisional. Daun sirih mengandung antioksidan cukup tinggi yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Kandungan lain adalah vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten. Ini membuat daun sirih efektif untuk menghilangkan bau badan, bau ketiak, dsb.

Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Selanjutnya, air rebusan daun sirih Anda tuangkan ke air bak yang akan Anda gunakan mandi. Jadinya, Anda mandi dengan aur rebusan aun sirih. Lakukan beberapa kali sampai bau badan hulang dari tubuh Anda.

8. Mengonsumsi Daun Kemangi

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami lainnya adalah sering mengonsumsi daun kemangi. Ya, beli daun kemangi, cuci dan siap Anda konsumsi.

Daun kemangi sering digunakan untuk pelengkap lauk acara tumpengan. Menggunakan daun kemangi biar sedap.
Ternyata, daun kemangi sangat baik Anda konsumsi untuk mencegah bau badan/bau ketiak. Jika tidak suka mengonsumsi mentah karena bau khasnya, Anda bisa mengukusnya.

Atau dibuat minuman seperti minum teh. Caranya, keringkan daun kemangi, haluskan, lalu dibuat minuman teh. Biar air minuman tampak bersih, Anda lakukan penyaringan.

9. Minum Rebusan Daun Beluntas

Anda juga bisa membuat minuman teh dari daun beluntas. Tanaman beluntas termasuk tanaman lir di pinggir pantai atau di mana pun.

Banyak kandungan dalam daun beluntas yang bermanfaat untuk kesehatan. Yaitu, alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan vitamin C.

Cara membuat minuman daun beluntas adalah ambil beberapa lembar daun beluntas, rebus hingga matang dan air rebusan itulah yang Anda minum. Lakukan rutin dua kali sehari minum air rebusan daun beluntas.

10. Minum Jamu Temulawak

Anda juga bisa membuat minuman dari temulawak. Sebaiknya Anda membeli jamu temulawak jadi. Sebab, kalau membuat sendiri Anda akan repot. Tetapi kalau Anda senang membuat sendiri minuman temulawak, ya tak apa-apa.

Dalam bentuk obat herbal yang dibuat lebih higienes juga ada. Kalu buatan sendiri, rasa minuman temulawak sangat pahit. Anda perlu menambahkan madu biar rasa pahitnya berkurang. Tambah gula juga bisa, asal Anda bukan penderita diabetes atau sakit lainnya.

11. Minuman Jeruk Purut

Banyak jenis jeruk yang bisa Anda temukan. Ada jeruk nipis, jeruk purut, jeruk limo, dsb. Rasa jeruk purut juga asam seperti jenis lainnya. Tetapi, kandungan jeruk ini ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium. Sangat baik untuk kesehatan, termasuk menghilangkan bau ketiak.

Caranya, yang seperti membuat minuman dengan jeruk lainnya. Peras jeruk purut dan hasil prasan untuk campuran air matang segelas. Minum 2 kali sehari sampai bau ketika/badan hilang.

12. Mandi dengan Campuran Bunga Kecombrang

Cara menghilangkan bau ketiak yang ini sama dengan mandi dengan daun air sirih. Ambil bunga kecombrang, tumbuk kasar bunga dan batangnya, lalu gunakan untuk mandi.

Bisa dicampur dengan air mandi Anda, atau bunga kecombrang Anda gunakan seperti sabun. Anda gosok-gosokkan ke ketiak dan badan yang suka mengeluarkan bau ketika Anda mandi.

Bunga kecmbrang kaya zat antioksidan dan zat-zat lain yang bisa menghilangkan bau ketiak/badan.

13. Pakai Deodorant Jeruk Nipis

Anda juga bisa menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya sangat mudah. Ambil jeruk nipis, potong jadi dua, lalu oleskan atau gosokkan pada ketiak atau bagian badan yang sering mengeluarkan bau. Jeruk nipis kaya vitamin C dan flavonoid, asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori.

14. Mengonsumsi Minuman Jahe

Minuman jahe juga disukai banyak orang. Sama dengan minuman serbat. Rasanya bisa membuat badan terasa hangat, terutama di musim penghujan atau pada malam hari. Selain menghangatkan tubuh, minuman jahe juga bisa menghilangkan bau badan, khususnya bau ketiak.

Ini terjadi karena jahe mngandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

15. Menggunakan Masker Timun

Cara menghilangkau bau ketiak dengan timun atau mentimun sangat mudah, tetapi efektif. Caranya, gunakan potongan mentimun sebagai masker pada ketiak Anda yang mengeluarkan bau tak sedap.

Menggunakannya pun tidak harus tiap hari. Cukup satu miggu dua kali. Jadi, sangat ringan dan mudah. Mentimun mengandung vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

16. Minum Air Bunga Cengkih

Anda juga bisa minum ramuan tradisional bunga cengkih untuk menghilangkau bau ketiak. Caranya, bunga cengkih direndam dalam air panas sampai bunga cengkih mengembang. Minum 2 kali sehari sampai bauk ketiak/bau badan hilang.

17. Oleskan Ramuan Bawang Putih

Cara alami ini juga sangat mudah. Ambil 3 siung bawang putih, haluskan, lalu oleskan pada ketiak. Setelah didiamkan selama 15 menut, Anda bisa membilasnya sampai bersih. Sangat mudah kan?

Bawang putih memang dikenal sebagai bahan pengobatan banyak penyakit. Hanya baunya yang menyengat, membuat banyak orang tidak tahan mengonsumsi bawang putih, khususnya dalam keadaan mentah.

Bawang putih dikenal sebagai sayuran anti-bakteri karena kaya antioksidan.

18. Teteskan Cuka

Cara menghilangkan bau ketiak yang ini justru lebih mudah lagi. Siapkan cuka dan kapas. Lalu, teteskan cuka pada kapas dan oleskan pada ketiak. Ulangi hal yang sama beberapa kali sampai bau ketiak menghilang.

19. Oleskan Ramuan Daun Jambu Biji

Dinamakan jambu biji karena bijinya memenuhi daging jambu ini. Padahal, bijinya keras. Untunglah bentuk biji sangat kecil sehingga tak harus dibuang saat Anda mengonsumsi jambu ini. Isi jambu biji mudah ditelan bersama daging jambu biji.

Tetapi, daunnya bisa untuk menghilangkan bau badan/bau ketiak. Caranya pun sangat mudah. Ambil 3 lembar daun jambu biji, tumbuk halus, dan oleskan pada ketiak. Setelah 15 menit, bekas olesan jambu biji bisa Anda bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Dengan kandungan mineral dan anti-bakteri, ramuan daun jambu biji bisa menghilangkan bau badan/ketiak.

20. Oleskan Campuran Baking Soda dan Jeruk Nipis

Cara lain untuk menghilangkan bau ketiak secara alami adalah menggunakan baking soda dan perasan jeruk nipis. Satu sendok teh baking soda dan satu sendok teh perasan jeruk nipis dicampur, lalu Anda oleskan pada ketiak.

Lakukan rutin tiap hari sampai bau ketiak menghilang. Bilas dengan air bersih setelah 10 menit olesan baking soda dan jeruk nipis pada ketiak. Baking soda mampu menyerap keringat dan membunuh bakteri dalam keringat.

Tetapi, Anda juga bisa menggunakan campuran lain berupa jus atau perasan jeruk lemon. Cara penggunaannya sama dengan campuran baking soda dan perasan jeruk nipis.

21. Oleskan Cuka Apel

Cuka apel juga sangat baik untuk menghilangkan bau ketiak/bau badan. Cara ngoleskannya menggunakan kapas atau media lain sesuka Anda. Setelah 15 menit, bersihkan ketiak menggunakan air bersih, lalu mandi.

Apel mengandung asam tartar yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Kandungan lain adalah asam asetat yang antimikroba.

22. Oleskan Rebusan Teh Hitam

Teh hitam juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau ketiak atau bau badan. Ambil satu kantong teh hitam, masukkan ke air panas mendidih dalam gelas. Ya, seperti orang membuat minuman teh biasa.

Sesudah air teh hitam agak dingin, Anda bisa gunakan untuk mengolesi ketiak. Anda bisa menggunakan kapas. Kapas dimasukkan ke ramuan teh hitam, lalu oleskan pada ketiak yang bau, kakan kiri. Setelah 15 – 20 menit, Anda bisa membersihkann ketiak dengan air bersih mengalir. Lakukan tiap hari sampai bau ketiak menghilang.

23. Menggunakan Tomat

Ambil satu buah tomat besar lalu lembutkan atau lumatkan. Hasilnya Anda oleskan pada ketiak secara merata. Setelah 15 menit, ketiak bisa dibersihkan menggunakan air mengalir.

Lakukan berulang tiap hari sampai bau ketiak tidak muncul lagi. Tomat juga sangat baik untuk menghilangkan jerawat di muka/wajah Anda.

24. Menghilang Bau Ketiak dengan Minuman Peterseli

Daun peterseli mirip dengan daun seledri. Daun peterseli sering digunakan sebagai penghias makanan. Tetapi, daun ini sesungguhnya kaya akan berbagai zat yang bisa memperkuat imunitas tubuh. Ia mengandung vitamin A, B12, C dan Vitamin K.

Selain itu, bisa Anda jadikan sebagai cara menghilangkan bau ketiak ataupun bau badan. Cara penggunaannya juga mudah. Potong kecil-kecil daun peterseli. Lalu masukkan ke dalam air mendidih. Setelah 5 menit, angkat dan dinginkan. Kini, siap untuk diminum biar ketiak tidak lagi bau.

Lakukan rutin tiap hari sampai bau ketiak hilang. Jika malas merebus, Anda bisa mengonsumsinya langsung. Anda kunyah daun peterseli yang sudah Anda cuci sebelumnya.

25. Minum Jus Rumput Gandum

Anda bisa menggunakan rendaman rumput gandum (wheatgrass) dalam air. Ini juga cara menghilangkan bau ketiak yang cukup bagus. Cara membuatnya sangat mudah. Ambil rumput gandum secukupnya dan rendam dalam air. Minumlah air rendaman itu tiap pagi. Setelah minum beberapa kali, bau ketiak akan hilang.

Anda juga bisa membuatnya dalam bentuk jus. Tetapi, banyak orang menyukai rendaman rumput gandum. Jus rumput gandum kini mulai dikenal oleh banyak konsumen di Indonesia.

26. Oleskan Ramuan Lobak

Cara menghilang bau ketiak secara alami lainnya adalah menggunakan sayuran lobak. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Ambil lobak, bersihkan, lalu ambil satu potong lobak. Haluskan dan hasilnya Anda oleskan pada ketiak secara merata.

Diamkan sekitar 5 menit, lalu bersihkan ketiak dengan air bersih. Lakukan hal yang sama beberapa hari sampai bau ketiak hilang. Anda tidak lagi terganggu saat bersama teman-teman atau menghadiri suatu pertemuan.

27. Rosemary, Deodorant Alami Menghilangkan Bau Ketiak

Anda bisa menggunakan rosemary untuk mengatasi bau ketiak. Rosemary mengandung menthol dan klorofilnya yang bisa menetralkan bau badan yang menyengat. Bahkan, rosemary membuat tubuh Anda menjadi lebih harum.

Cara menggunakannya, Anda siapkan air panas sekitar 4 gelas dan masukkan setengah gelas rosemary kering. Setelah sekitar 10 menit, air rendaman rosemary Anda masukkan ke dalam air di bak mandi. Silakan Anda berendam sekitar 15 – 20 menit di dalam air bak mandi. Lakukan tiap hari sampai bau ketiak hilang.

28. Konsumsi Daging Putih, Tinggalkan Daging Merah

Jika Anda hampir setiap hari mengonsumsi daging merah, maka kini gantilah dengan mengonsumsi daging putih, yakni daging ayam. Daging merah seperti daging sapi, daging kambing justru bisa membuat badan dan ketiak berbau.

29. Perbanyak Makan Buah

Sering-seringlah makan buah. Cara menghilangkan bau ketiak yang sangat baik. Buah termasuk makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi buah bisa membuat usus lebih sehat dan keringat yang keluar tidak berbau.

Selain itu, dari hasil penelitian diketahui bahwa buah mengandung sejumlah kaolin rendah yang bisa mengurangi bau badan. Beberapa buah yang baik Anda konsumsi adalah apel, jeruk, pepaya, jambu biji, dsb.

30. Mengonsumsi Sayuran Mentah

Anda juga bisa menghilangkan bau ketiak secara alami dengan mengonsumsi sayuran mentah. Misalnya mengonsumsi bayam, daun ubi, kangkung, dsb. Sayuran mentah mengandung vitamin A dan vitamin B yang sangat baik untuk mengatasi bau badan dan bau ketiak.

Tetapi, sebelum dikonsumsi, sayuran harus Anda bersihkan dengan air mengalir sehingga bebas dari kemungkinan adanya bakteri.

31. Menggunakan Jeruk Lemon Ampuh, tetapi Hati-hati

Jeruk lemon juga sangat ampuh untuk Anda jadikan cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Profesor Ellen Marmur dari Mount Sinai Medical Center menyatakan bahwa jeruk lemon sangat efektif menghilangkan bau badan dan ketiak.

Sebab, lemon mengandung asam sitrat yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan terjadinya bau badan. Lemon memiliki kandungan astrigent lembut yang mampu menutup pori-pori sehingga menyerupai kamampuan antiperspiran.

Cara pemakaiannya terserah Anda. Potong jeruk lemon dan oleskan di ketiak. Diamkan sejenak, lalu bilas atau bersihkan dengan air hangat sampai bersih.

Hanya saja, bagi Anda dengan kulit sensitif, hati-hati menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkan bau ketiak. Bisa membuat kulit mudah kena iritasi.

Demikian artikel mengenai 31 cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang sangat mudah untuk Anda praktekkan. Anda pun bisa kembali tampil percaya diri tanpa khawatir akan adanya bau ketiak atau bau badan dari tubuh Anda. Selamat mencoba.