Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA menghilangkan bau mulut untuk selamanya – Punya mulut berbau memang tidak nyaman. Dikiranya Anda tidak pernah menyikat gigi. Anda orang jorok. Banyak teman menghindar jika Anda datangi untuk berbincang.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana cara mengatasi bau mulut untuk selamanya? Maksudnya, bau mulut benar-benar hilang dan tidak akan muncul lagi.

Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Kenali

Untuk bisa menghilangkan bau mulut dengan tepat, kita perlu mengenali apa saja penyebab bau mulut. Setelah tahu penyebabnya, kita hilangkan penyebabnya. Misalnya penyebabnya adalah mengonsumsi makanan A, maka kita jangan mengonsumsi makanan A. Mudah kan?

1. Mulut Kering

Penyebab bau mulut antara lain mulut yang kering (xerostomia). Kondisi ini antara lain diakibatkan oleh kurangnya air minum, kurang tidur, menempuh perjalanan jauh, dan banyaknya bakteri di mulut.

Dengan beberapa faktor itu, maka produksi air liur untuk mulut berkurang. Produksi air oleh tubuh tidak mencukupi kebutuhan. Ini menyebabkan mulut agak kering, air liur sangat sedikit, bahkan sulit keluar.

Kondisi seperti itu bisa membuat banyak sel dalam mulut mati. Di sisi lain, bakteri berkumpul sehingga muncullah bau nafas tidak sedap. Tidak hanya di lidah. Bakteri serupa juga bisa berkumpul di sela-sela gigi yang ada sisa makanannya.

Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya

(foto:disharesaja.blogspot.com)

2. Makanan yang Anda Konsumsi

Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Misalnya bawang putih, bawang bombay, produk susu, tuna kaleng, junk food (makanan cepat saji), telur, minuman kopi, alkohol, daging merah, permen, dan horseradish.

Seusai mengonsumsi bawang putih, misalnya, Anda sebaiknya menggosok gigi biar sisa makanan bawang putih bisa bersih dari gigi dan mulut Anda.

Cara yang sama bisa dilakukan setelah mengonsumsi bawang bombay. Yaitu, dengan menggosok gigi, flossing dan berkumur biar sisa makanan bawang bombay hilang dan mulut tidak berbau.

Usai mengonsumsi susu, mulut Anda juga bisa menyebarkan bau tidak sedap. Ini karena adanya bakteri alami di lidah yang memakan asam amino dari susu dan keju yang Anda konsumsi. Hasilnya, muncullah aroma tidak sedap.

3. Adanya Bakteri di Tenggorokan dan Lambung

Bakteri yang menyebabkan bau mulut tidak hanya bersarang di mulut, tetapi juga di tenggorokan dan lambung.

Di tenggorokan, bakteri itu menempel di bagian tenggorokan yang kena sariawan dan bagian yang kotor. Bakteri-bakteri tersebut juga melakukan pembusukan yang akhirnya menyebarkan bau tidak sedap.

Hal yang sama juga terjadi di lambung. Ketika perut kosong, bakteri akan meningkatkan asam lambung yang bisa menyebabkan terjadinya bau tidak sedap di mulut.

4. Adanya Jamur di Lidah

Selain akibat adanya bakteri di sekitar mulut, bau mulut tidak sedap juga bisa diakibatkan oleh jamur di lidah. Maka, selain menyikat gigi, Anda juga dianjurkan untuk menyikat lidah untuk mengatasi jamur di lidah biar tidak menebarkan bau tidak sedap.

Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah dari jamur yang mungkin tumbuh. Tetapi, bukan menggunakat sikat untuk menyikat gigi. Tetapi, pada bagian belakang sikat ada bagian yang kasar. Itulah sikat lidah yang bisa Anda gunakan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

Setelah mengenali penyebab mau mulut tidak sedap dan berbagai penyebabnya, kini Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Apa yang harus kita untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap untuk selamanya.

1. Selalu Menggosok Gigi

Anda perlu selalu menggosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari. Yaitu, siang dan malam. Pada malam hari juga perlu menggosok gigi supaya gigi bersih dari sisa-sisa makanan.

Jika tidak menggosok gigi menjelang tidur, dikhawatirkan akan banyak bakteri. Tidak hanya menebarkan bau tidak sedap, tidak menggosok gigi juga bisa menyebabkan gigi rusak karena tidak ada perawatan.

Ya, menggosok gigi adalah upaya merawat gigi supaya tetap sehat. Gigi tidak mudah rusak akibat banyaknya bakteri dalam mulut.

2. Jangan Biarkan Perut Kosong

Bagi Anda yang punya penyakit maag atau lambung, Anda harus selalu menjaga agar perut tidak kosong. Selain makan tepat waktu, baik sarapan pagi, makan siang atau makan malam, juga ditambah mengonsumsi makanan kecil yang bisa membuat perut tidak kosong.

Dengan cara ini, lambung tak akan memproduksi asam lambung yang bisa membuat mulut bau. Selain itu, Anda perlu menyembuhkan sakit lambung atau maag Anda. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit maag/asam lambung.

Saya sukses menyembuhkan maag dengan mengonsumsi obat herbal madu pahit. Padahal, maag sebelumnya sulit disembuhkan. Meskipun sudah beberapa kali periksa dokter dan mengonsumsi obat maag resep dokter.

3. Cara Mengilangkan Bau Mulut Lainnya

Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya yang lain adalah mengunyah kulit jeruk, jeruk lemon dan kulit peterseli. Rasa asam jeruk akan memicu produksi air liur yang lebih banyak sehingga bisa menghilangkan bau mulut. Peterseli akan menetralisir bau tidak sedap.

Tidak merokok, mengurangi konsumsi minuman kopi, menghindari alkohol, banyak minum air putih adalah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Minum air putih bisa membersihkan mulut dari berbagai kuman dan kotoran yang bisa memicu bau tidak sedap.

Jika Anda punya pengalaman mengatasi bau mulut, bisa dibagikan kepada pembaca lain melalui kolom pengalaman/komentar. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Judul: Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya.