11 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Bau Mulut Alami dan Cepat

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA menghilangkan bau mulut – Anda ingin menghilangkan dan mengatasi bau mulut secara alami dan permanen? Ya, punya bau mulut tentu saja tidak nyaman. Ketika bercengkerama dengan teman, tiba-tiba teman menutup hidungnya karena tak tahan mencium bau mulut Anda. Tentu saja Anda merasa risi dan malu.

Dikiranya Anda tidak rajin menyikat gigi. Anda Tidak suka kebersihan, termasuk kebersihan mulut biar tidak menebar bau tidak sedap. Biar Anda bisa nyaman bergaul, bercengkerama atau berbicara di tengah teman-teman Anda.

Tetapi, bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Apa saja yang harus dilakukan? Mudah atau sulit? Makanan apa saja yang harus dihindari biar tak muncul bau tidak sedap ketika Anda berbicara?

Bau mulut tidak hanya terjadi pada orang tua. Bau mulut juga bisa dialami oleh anak-anak.

Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya

Berikut ini beberapa penyebab bau mulut dan cara menghilangkan atau mengatasinya secara alami, cepat dan permanen. Ya, secara permanen biar bau mulut tidak muncul lagi yang bisa membuat Anda repot dan tidak percaya diri (PD).

cara menghilangkan bau mulut
bau mulut (foto:cantiknsehat.com)

Penyebab Bau Mulut

Ada banyak penyebab bau mulut, antara lain:

1. Sebagian besar (80%) bau mulut berasal dari gigi dan kesehatan mulut. Misalnya gigi sakit, gigi berlubang, dsb. Maka, jaga kesehatan gigi biar tidak berlubang dan bau mulut tetap segar.

2. Mengonsumsi makanan berbau menyengat. Misalnya buah durian, petis, terasi, jengkol, ikan asin, bawang putih, dsb.

3. Adanya gangguan produksi air liur. Kondisi ini bisa menyebabkan mulut sering kering dan bakteri sring menumpuk di rongga mulut yang akhirnya menyebabkan bau tidak sedap.

4. Kebiasaan merokok.

5. Gangguan pada saluran pencernaan yang bisa menyebabkan sakit maag atau penyakit asam lambung.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mengatasi Bau Mulut

Banyak cara menghilangkan bau mulut yang bisa Anda lakukan. Cara yang benar-benar bisa mengatasi bau mulut antara lain:

1. Menyikat gigi sehari dua kali. Banyaknya plak pada gigi bisa menjadi sumber terjadinya bau tidak sedap dalam mulut. Selain itu, sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi juga bisa menambah terjadinya bau mulut. Isahakan saat menyikat gigi, plak dan sisa makanan di antara gigi bisa dibersihkan.

2. Membersihkan lidah dengan sikat gigi bagian belakang. Kini, tiap sikat gigi diberi kelengkapan untuk menyikat lidah. Pada sisi belakang sikat gigi tidak halus lagi. Itulah sikat untuk lidah.

3. Ganti sikat gigi dua bulan sekali untuk kebersihan diri.

4. Membersihkan gigi palsu jika Anda juga punya gigi palsu. Maksudnya, biar tidak ada bakteri pada gigi Anda.

5. Sering minum air putih satu gelas ketika bangun tidur. Selain itu, juga sering minum air putih sepanjang hari. Setidaknya minum air putih 2 liter per hari. Tujuannya agar  mulut Anda bersih dari bakteri dan kotoran lain.

6. Anda juga bisa mengatasi bau mulut dengan obat kumur (mouthwash). Ya, obat berkumur ini Anda gunakan untuk berkumur. Harga obat kumur tidak mahal. Ada yang dijual dengan harga Rp 12.000 – Rp 30.000/botol.

Obat kumur bisa menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut sekaligus membunuh bakteri-bakteri dalam mulut. Yang terakhir ini sangat penting. Jika Anda membeli obat kumur, pastikan obat kumur juga bisa mematikan bakteri dalam mulut.

Tetapi, Anda juga bisa berkumur menggunakan air putih. Lakukan dua atau tigaki berkumur sehingga susa makanan dalam mulut bisa dibersihkan semuanya.

7. Hindari konsumsi bawang dan bawang putih mentah. Kedua sayuran itu mengandung bau menyengat yang sulit diatasi. Bahkan, dengan menyikat beberapa kali pun, bau tidak sedap dari bawang dan bawang putih tetap mendominasi. Zat bau tidak sedap yang terkandung pada kedua sayur itu akhirnya ke aliran darah menuju paru-paru sehingga nafas Anda pun berbau tidak sedap.

Mengunyah Kulit Jeruk, Basahi Mulut dengan Sering Berkumur

8. Anda perlu mengunyah kulit jeruk, lemon atau peterseli. Rasa asam dari kulit jeruk bisa meningkatkan produksi air liur untuk mengatasi bau mulut. Peterseli berfungsi untuk menetralisir bau tidak sedap di mulut.

9. Hindari merokok dan minum alkohol. Demikian pula minum kopi berlebihan, juga bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Kebiasaan merokok juga bisa merusak gigi, menodai gigi dan menyebarkan bau mulut tidak sedap.

10. Basahi mulut dengan sering minum air putih atau berkumur. Mulut yang sering basah bisa mengurangi bau yang tidak sedap. Atau mengunyah permen karet tanpa gula. Tujuannya untuk merangsang produksi air liur sehigga bisa mengatasi bau mulut.

11. Anda bisa berkumur menggunakan air daun sirih. Fungsi dan cara kerjanya seperti obat kumur (cara nomor 6). Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rendam dengan air hangat. Air daun sirih itulah yang harus Anda gunakan untuk berkumur. Lakukan setiap hari sebagai cara mengatasi bau mulut. Ya, Anda bisa memilih air daun sirih atau obat kumur.

Tetapi, Anda juga bisa mengonsumsi kapsul yang terbuat dari daun sirih. Harga satu botol isi 50 kapsul daun sirih sangat murah, yaitu Rp 27.000. Khasiat kapsul ini banyak. Selain mengatasi bau mulut dan bau badan, juga bisa mengatasi sakit maag, keputihan, gatal-gatal, dsb.

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan bau mulut atau menghilangkan bau mulut dengan cara yang sangat mudah. Yang penting Anda melakukannya secara rutin tiap hari. Anda akan sukses menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.