10 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Yang Membandel

TERKADANG menghilangkan komedo tidak mudah. Beberapa cara dicoba, tetapi tidak membuahkan hasil seperti diharapkan. Bagaimana cara menghilangkan komedo hitam membandel?

Komedo adalah benjolan kecil di pori-pori kulit. Bisa juga sebagai cikal bakal jerawat. Biasanya, komedo muncul pada kulit wajah, hidung, pipi, bahu, dada, punggung, atau lengan.

Tentu saja, yang banyak menjadi masalah adalah komedo yang muncul di wajah. Bahkan, ada komedo hitam yang membandel. Cara menghilangkannya tidak mudah. Meskipun beberapa cara sudah dicoba.

Kondisi ini jelas bisa membuat Anda jengkel. Komedo hitam di wajah, di hidung atau pipi masih saja bertengger. Adakah cara khusus untuk mengatasinya?

Baca – 10 Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih di Hidung

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Berikut ini cara menghilangkan komedo hitam membandel yang bisa Anda lakukan. Cara ini adalah cara tradisional, murah meriah, tetapi manjur.

1. Cara Menghilangkan Komedo dengan Buah Pepaya

cara menghilangkan komedo hitamcara menghilangkan komedo hitam

Buah pepaya mengandung enzim papain yang bisa meregenerasi kulit. Pada sisi lain, vitamin A, C, dan E bisa membantu menutrisi dan melembapkan kulit, termasuk kulit wajah.

Dengan menggunakan masker buah pepaya, maka kulit mati bisa hilang, kotoran di wajah bersih, dan komedo pun lenyap. Pepaya bisa menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan pepaya:

Pepaya Anda potong kecil-kecil. Lalu, haluskan sampai lembut dan gunakan sebagai masker pada wajah. Setelah Anda diamkan 30 menit, Anda bisa membilas muka dengan air bersih mengalir. Ulangi cara ini sampai wajah Anda bersih dari komedo.

2. Jeruk Nipis Kaya Anti-Oksidan dan Vitamin C

Anda juga bisa menghilangkan komedo hitam dengan menggunakan jeruk nipis. Buah ini kaya anti-oksidan dan vitamin C. Bisa membuat kulit terbebas dari jerawat, wajah tampak cerah, minyak berlebih tidak muncul lagi, dan sel kulit mati bisa teratasi.

Baca – 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dalam Semalam

Caranya: ambil buah jeruk nipis, belah jadi dua, lalu peras airnya dengan alat pemeras. Oleskan air perasan pada bagian wajah yang berkomedo.

Setelah didiamkan 15 menit, wajah bisa Anda bilas dengan air bersih mengalir.

3. Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Kulit Jeruk

Tidak hanya air perasan jeruk. Kulit jeruk juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi komedo hitam. Sebab, kulit jeruk mengandung vitamin C lebih banyak daripada kandungan vitamin C di daging jeruk.

Kulit jeruk bisa Anda jadikan sebagai masker wajah. Tujuannya untuk mengecilkan pori-pori wajah biar tidak muncul komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan kulit jeruk adalah: kulit jeruk Anda jemur sampai kering. Lalu, ditumbuk hingga halus. Tambahkan air dan aduk rata hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta dari kulit jeruk pada area wajah yang berkomedo. Setelah didiamkan 30 menit, bilas wajah dengan air hangat. Ulangi cara itu tiap hari menjelang tidur sampai komedo hitam bersih dari wajah Anda.

4. Menghilangkan Komedo Hitam yang Membandel dengan Lemon

Menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkan komedo hitam juga bagus. Sebab, lemon kaya vitamin C dan mengandung asam alpha hidroksi. Fungsinya mampu menangkal radikal bebas di dalam kulit.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan lemon adalah: siapkan jeruk lemon, peras airnya dan hasilnya Anda oleskan ke wajah.

Baca – 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Setelah didiamkan 15 menit, Anda bisa membilas wajah dengan air bersih. Lakukan cara mengatasi komedo hitam ini sampai wajah bersih dari noda.

5. Tomat – Sel Mati Tidak Lagi Menumpuk

Tomat juga bagus untuk mengatasi komedo hitam. Sebab, tomat mengandung senyawa anti-oksidan, yakni lycopine, yang terbukti dapat menangkal radikal bebas.

Dengan demikian, sel kulit mati tidak lagi menumpuk dan komedo tidak muncul lagi. Tomat juga bisa Anda gunakan sebagai tabir surya alami. Mampu meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara menghilangkan komedo adalah tumbuk tomat sampai lembut, lalu Anda oleskan pada wajah. Setelah didiamkan selama 30 menit, Anda bersihkan wajah dengan air bersih.

6. Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel dengan Lidah Buaya

Membersihkan komedo dengan menggunakan lidah buaya juga bisa Anda coba. Lidah buaya memang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bisa pula untuk menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, dan mengecilkan pori-pori wajah.

Cara penggunaannya adalah siapkan daun lidah buaya secukupnya, ambil gelnya di tengah dengan cara dikupas kulitnya, lalu oleskan kepada wajah yang ada komedonya.

Setelah didiamkan 15 menit, Anda bisa membersihkan wajah dengan air bersih.

7. Menggunakan Baby Oil – Kaya Nutrisi dan Vitamin E

Baby oil juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo di wajah. Sel-sel kulit mati dan adanya minyak yang berlebihan di wajah bisa dihilangkan.

Baby oil kaya akan nutrisi dan vitamin E. Bisa menjaga kesehatan dan mengurangi iritasi pada kulit.
Berikut caranya: bersihkan dulu wajah Anda menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk.

Siapkan air hangat dan gunakan handuk untuk membasahi wajah sehingga pori-pori kulit terbuka. Oleskan baby oil pada wajah yang berkomedo secara merata.

Baca – 9 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Ambil kapas steril yang telah dibubuhi baby oil untuk mengeluarkan komedo yang bersarang. Basuhlah wajah dengan air es biar pori-pori pada kulit wajah tertutup.

Gunakan scrup wajah untuk memijat bagian yang tidak terdapat komedo. Diamkan 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

8. Mengatasi Komedo dengan Minyak Zaitun

Vitamin E dan K yang ada pada minyak zaitun bisa menjaga kelembaban kulit dan menghilangkan komedo di wajah Anda. Caranya pun sangat mudah. Harga minyak zaitun pun murah. Bisa beli di toko online.
\Caranya bersihkan wajah pakai air bersih dan sabun pencuci muka. Bilas dan keringkan menggunakan handuk yang bersih.

Ambil minyak zaitun dan oleskan pada wajah yang ada komedonya. Lalu, Anda pijat sampai merata. Wajah Anda bilas dengan dengan air bersih.

9. Mengobati Komedo dengan Krim Benzoyl Peroxide

Anda bisa menggunakan krim benzoyl peroxide yang dijual bebas. Tetapi, penggunaan krim ini hanya menghilangkan komedo untuk sementara dan dapat digunakan ketika harus menghadiri acara tertentu. Menghadiri undangan pesta perkawinan, pesta ulang tahun, misalnya.

Baca – 7 Sabun Pemutih Wajah Pria Yang Paling Ampuh

Apabila penggunaan krim tidak membantu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

10. Krim untuk Komedo Hitam Pilihan Dokter

Jika dengan cara mengatasi komedo hitam seperti tersebut di atas tidak membawa hasil, Anda bisa mengunjungi dokter. Seperti dijelaskan oleh alodokter.com, dokter bisa memberikan krim yang mengandung azelaic acid, tretinoin, atau adapalene.

Fungsi obat ini untuk mencegah penyumbatan pada pori-pori dan mempercepat pergantian sel kulit. Jika komedo sudah terinfeksi dan berubah jadi jerawat atau bisul, maka dokter akan menulis resep pembelian krim yang mengandung antibiotik untuk komedo Anda.

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan komedo hitam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago