5 Cara Mengobati Luka Diabetes Basah Secara Alami

Diposting pada

CARA mengobati luka diabetes basah secara alami. Sesungguhnya dalam pengertian medis tidak ada diabetes basah dan kering. Yang ada diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional (diabetes pada ibu hamil).

Penyebutan diabetes basah bagi masyarakat dimaksudkan untuk menunjuk sakit diabetes yang ditandai dengan adanya luka di kaki yang tidak kunjung sembuh.

Meskipun tadinya hanya berupa luka kecil. Tetapi penyembuhannya tidak mudah. Tetangga penulis ada yang menderita luka lecet di dekat mata kaki, tetapi sudah sebulan lebih belum juga sembuh.

Tetangga saya ini masih belum bisa jalan sendiri. Di rumah dia selalu menggunakan kursi roda jika ingin jalan dari satu tempat ke tempat lain. Dari tempat tidur di rumahnya ingin ke ruang tamu.

Baca – Cara Membuat Kadar Gula Darah Selalu Normal 

Dua hari sekali seorang pegawai rumah sakit datang ke rumah untuk memperbaharui pengobatan lukanya. Tadinya, tetangga saya masuk ke rumah sakit untuk mengobati lukanya.

cara mengobati luka diabetes basah secara alami

Ramun kunyit untuk mengatasi luka diabetes (foto: liputan6.com)

Beberapa Penyebab Terjadinya Sakit Diabetes

Banyak penyebab mengapa seseorang menderita sakit diabetes. Antara lain:

1. Sering Mengonsumsi Minuman Manis

Minuman manis mengandung gula yang tinggi (banyak gula) sehingga terasa sangat manis. Misalnya minuman teh manis, bubble tea, minuman coklat, minuman kopi dengan sirup, gula atau karamel. Minuman berenergi dan minuman bersoda.

2. Mengonsumsi Buah Kering dan Buah Kalengan

Suka mengonsumsi buah kering dan buah kalengan? Hati-hati. Buah kering mengandung kadar gula yang tinggi. Misalnya kismis atau buah anggur yang dikeringkan.

Buah kalengan, buah beku yang dibuat smoothies dan jus buah juga bisa menyebabkan Anda kena sakit diabetes. Jika ingin mengonsumsi buah, maka pilih buah yang rendah gula. Misalnya apel, stroberi, pir, jeruk, semangka, dan kiwi.

Baca- 6 Salep Luka Diabetes Agar Lukanya Cepat Kering

Buah kering dan buah kalengan justru sebagian besar gizi, vitamin dan mineralnya menguap saat proses pengeringan. Selain itu, proses pengawetannya menggunakan banyak gula, selain untuk menambah rasa manis.

3. Makanan Tinggi Karbohidrat

Contoh makanan tinggi karbohidrat antara lain tepung terigu, nasi, pasta, roti, dan kentang goreng. Kandungan karbohidrat tinggi tetapi rendah serat. Karbohidrat mudah dicerna oleh tubuh dan cepat menjadi zat gula (glukosa).

Biar aman, Anda sebaiknya ganti dengan mengonsumsi oatmeal, kacang-kacangan, nasi merah, jagung, ubi rebus, roti gandum tanpa gula. Atau makanan dari biji-bijian utuh. Misal beras coklat.

4. Makanan Yang Tinggi Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Untuk mencegah diabetes terus meningkat tinggi, maka Anda perlu menghindari konsumsi lemak, baik lemak jenuh atau lemak trans. Contohnya daging merah, daging olahan, mentega, selai kacang, krimer, keju, susu tinggi lemak, makanan cepat saji, kripik kentang, dan kue.

Anda sebaiknya mengonsumsi ikan, tahu, alpukat, dan kacang-kacangan. Boleh kacang edamame atau kacang almond.

5. Madu, Sirup Agave dan Sirup Maple

Meskipun rasa manis pada madu adalah alami, tetap bisa menyebabkan gula darah (penyakit diabetes) naik. Demikian pula mengonsumsi sirup agave dan sirup maple.

Tidak hanya kandungan gulanya yang tinggi, total karbohidrat dari madu, sirup agave dan sirup maple jutru sangat tinggi. Contoh, glukosa dari satu sendok makan gula putih adalah 12,6 gr. Tetapi, glukosa madu lebih tinggi, yakni 17 gr, sirup agave 16 gr, dan sirup maple 13 gr.

Sebagai jalan keluar biar kadar gula darah Anda tidak naik tinggi, ya boleh minum makanan minuman pantangan diabetes ini tetapi sedikit saja. Ya, jaga dirilah. Kan, kita semua juga ingin sehat. Bukan hanya makan minum enak, tetapi diabetesnya makin parah.

Cara Mengobati Luka Diabetes Basah Secara Alami 

cara mengobati luka diabetes

buah mahkota dewa untuk mengatasi luka diabetes (foto: manfaatku.id)

Untuk menyembuhkan luka diabetes, Anda bisa menggunakan cara mengobati luka diabetes basah secara alami. Yakni, menggunakan ramuan tanaman obat. Antara lain:

1. Cara Mengobati Luka Diabetes dengan Kunyit

Anda bisa menggunakan kunyit untuk mengobati luka diabetes secara alami. Kunyit adalah jenis tanaman obat yang sangat populer. Kunyit merupakan jenis rempah-rempah yang sangat populer.

Selain sebagai bumbu dapur untuk memasak, kunyit juga bisa Anda gunakan untuk mengobati diabetes. Kunyit mengandung banyak zat antiseptik alami yang bisa digunakan untuk mengobati luka diabetes dan menghindari terjadinya infeksi pada luka.

Baca – Perawatan Luka Diabetes Menggunakan Madu

Juga mampu membasmi bakteri pada luka sehingga luka bisa cepat kering. Cara menggunakan kunyit untuk menyembuhkan luka diabetes adalah:

  • Siapkan bahan kunyit, dibersihkan, dan 1 sendok garam.
  • Masukan bahan-bahan tersebut ke dalam 1 liter air kemudian rebus sampai mendidih.
  • Setelah air rebusan dingin, silakan minum ramuan kunyit 1/2 gelas sehari. Lakukan dua kali dalam satu minggu.

2. Mahkota Dewa Bisa Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Anda juga bisa mengobati luka diabetes dengan buah mahkota dewa. Cara membuat ramuan mahkota dewa tidak begitu sulit. Ikuti langkah-langkah berikut.

Sediakan 3-5 tangkai buah mahkota dewa, bersihkan dengan air bersih. dan dzikrann 3 lembar daun salam.

Semua bahan direbus dengan air 3 gelas hingga mendidih. Setelah air tinggal ½ gelas, angkat rebusan mahkota dewa. Konsumsi ramuan buah mahkota dewa setiap hari sampai luka diabetes sembuh.

Anda bisa membeli obat herbal untuk luka diabetes yang terbuat dari mahkota dewa. Misalnya kapsul mahkota dewa.

3. Cara Mengobati Luka Diabetes dengan Buah Mengkudu

Buah mengkudu mengandung banyak zat proxeroni. Zat ini dapat membentuk alkaloid dalam tubuh yang berguna untuk bagian pori-pori dari sel.

Kandungan nutrisi atau insulin pun mampu menyerapnya ke dalam tubuh. Cara membuat ramuan herbal diabetes dari buah mengkudu adalah:

Siapkan 1 buah mengkudu atau pace. Masukkan ke blender dan blender dihidupkan. Setelah selesai, saring airnya, lalu diminum. Lakukan cara itu rutin tiap hari sampai gula darah Anda tidak naik tinggi.

Jika tak ingin repot membuat ramuan sendiri, Anda bisa beli obat herbal dengan bahan mengkudu untuk mengatasi diabetes atau luka diabetes. Misal obat herbal Vinmori.

Sesungguhnya banyak buah yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan gula darah. Setidaknya bisa untuk membuat gula darah selalu normal. Paling tidak ada 13 buah yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan gula darah. 

4. Mengobati Luka Diabetes Menggunakan Daun Kemangi

Bisa juga Anda mengobati luka diabetes dengan menggunakan daun kemangi. Biasanya, daun kemangi dijadikan lalapan dalam acara tumpengan. Ternyata, daun kemangi mengandung senyawa yang  membantu proses sekresi insulin pada tubuh. Dengan cara ini, gula darah tetap stabil.

Caranya mudah. Daun kemangi dicuci, lalu dikonsumsi langsung. Bisa pula diolah dulu bersama bahan lainnya.

5. Menggunakan Salep Antibiotik

Anda juga bisa menyembuhkan luka diabetes menggunakan salep antibiotik. Sebelumnya, bersihkan luka dengan air mengalir, keringkan, lalu oleskan salep antibiotik.

Semoga artikel mengenai cara mengobati luka diabetes basah ini bermanfaat untuk Anda semua. Bisa bebas dari deraan penyakit diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *