Categories: Berita Kesehatan

8 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

tanpadiabetes.com – CARA mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh. Anda bisa mencobanya. Caranya mudah, tetapi mampu mengatasi sakit gigi dengan cepat.

Punya sakit gigi memang sangat repot. Lebih-lebih ketika Anda ingin mengonsumsi makanan yang tidak lunak / lembek. Begitu makanan menyentuh gigi yang sakit, maka rasa sakitnya langsung “mak cleng” (sangat sakit).

Bukan hanya tidak bisa mengunyah makanan dengan nyaman. Untuk duduk, berbaring, bahkan tidur pun tidak bisa tenang. Rasanya nyut-nyut seperti ada bakteri yang sedang menggerogoti gigi kita.

Maka, orang dulu mengatakan terjadinya sakit gigi karena ada ulat yang menggerogoti. Sesungguhnya itu hanya kiasan. Kebanyakan orang dulu tak berpendidikan. Menerima penjelasan abstrak sering sulit menangkapnya.

Dibuatlah penjelasan yang bisa diterima oleh akal mereka. Maka dikatakan sakit gigi karena ada ulat yang menggerogoti. Biar bisa dipahami. Baca: Harga Tambal Gigi Depan.

Lakukan Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh dengan Bahan Alami

cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuhcara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh

bahan untuk pengobatan gigi berlubang (foto:halodoc.com)

Untuk meredakan sakit gigi berlubang, Anda bisa melakukan pengobatan secara alami sebagai pertolongan awal. Ya, pertolongan awal karena mungkin Anda tidak bisa segera mengunjungi dokter gigi karena rumah Anda jauh dari tempat praktek dokter.

Atau kejadian gigi sakit tengah malam. Tidak ada dokter gigi praktek di kota Anda, dan masih banyak alasan. Oeh karena itu, Anda bisa melakukan pertolongan awal dengan mengobati sakit gigi menggunakan pengobatan secara alami / tradisional.

Biarpun secara alami, cara ini juga ampuh untuk meredakan sakit gigi yang Anda alami.

Tentu saja, Anda juga perlu meningkatkan perawatan gigi supaya gigi Anda lebih sehat. Selain menyikat gigi dua kali sehari, yakni habis sarapan pagi dan menjelang tidur malam, Anda juga perlu berkumur menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi.

Selain itu, juga membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin terselip di sela-sela gigi. Anda gunakan benang gigi untuk membersihkannya. Benang gigi bisa dibeli di toko swalayan / supermarket dan harganya murah.

Baca – Berapa Biaya Tambal Gigi? Pakai Porselin, Perak atau Emas?

Berikut ini cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh yang bisa Anda pilih.

1. Kompres Menggunakan Es Batu

Cara ini sangat mudah. Tiap rumah tangga umumnya punya kulkas yang bisa untuk membuat es. Jika tak punya kulkas, bisa minta atau beli es di tetangga yang punya kulkas.

Jika kejadian sakit gigi siang hari, Anda bisa beli es baru di penjual es atau rumah makan. Gunakan es untuk mengompres gigi Anda yang sakit.

Potongan es batu bisa dibungkus kain dan ditempelkan di pipi bertepatan dengan posisi gigi yang sakit. Adakalanya sakit diserta bengkak pada pipi. Di tempat itu, Anda bisa menempelkan kompres dengan es batu.

Ya, caranya sederhana dan mudah dilakukan. Kompres bertujuan meredakan bengkak, mengurangi rasa nyeri akibat gigi sakit, atau mengatasi perdarahan di gusi.

Anda bisa menghentikan kompres setelah berlangsung 15 – 20 menit. Lakukan kompres setidaknya 3 kali dalam sehari sampai rasa sakit pada gigi reda.

2. Gunakan Garam – Cara Mengobati Gigi Berlubang Paling Ampuh

Anda juga bisa memilih cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh dengan menggunakan garam. Sodium yang tinggi pada garam dapat membasmi bakteri yang mengakibatkan gigi berlubang.

Caranya, masukkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk pakai sendok hingga garam larut. Anda bisa menggunakan air garam ini sebagai obat kumur sesudah menyikat gigi.

Baca – Ingin Pasang Venner Gigi di Bandung? Berikut Perkiraan Biayanya

Gigi dan mulut Anda akan bebas dari bakteri, sehingga gigi, gusi dan mulut Anda kembali bersih dari bakteri. Gigi kembali sehat.

3. Air Perasan Jeruk Lemon

Buah jeruk lemon juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Asam dalam lemon merupakan alkali alami yang bisa membuat kadar pH dalam mulut Anda seimbang.

Lemon juga mengandung zat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.
Caranya, siapkan 1 buah lemon, peras airnya dan hasilnya Anda campur dengan air hangat satu gelas.

Gunakan air perasan jeruk lemon plus air hangatuntuk berkumur 3 kali dalam sehari. Cara ini bisa melenyapkan bakteri penyebab gigi Anda sakit.

4. Gunakan Bawang Merah atau Bawang Putih

Pilihan lain tentang cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh adalah menggunakan bawang putih atau bawang merah. Kedua jenis bumbu dapur ini merupakan obat sakit gigi berlubang alami yang cukup efektif.

Keduanya mempunyai sifat antiseptik dan antimikroba yang bisa membasmi kuman penyebab sakit gigi. Selain juga juga bisa mengurangi rasa nyeri di gigi.

Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Ya, kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang nyut-nyutan. Ketika terkoyak oleh gigi, bawang akan melepaskan allicin, zat berminyak yang bisa membeasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Apabila gigi Anda mungkin bisa mengunyah bawang karena sangat sakit. maka bawang Anda iris tipis-tipis dan letakkan langsung di gigi yang sakit. Cara ini berfungsi sebagai kompres dengan bawang putih dan bawang merah.

5. Mengobati Gigi Berlubang dengan Daun Jambu

Daun jambu juga bagus untuk mengobati gigi berlubang. Daun jambu merah bersifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik). Maka, baik sekali daun jambu Anda gunakan sebagai cara mengobati sakit gigi di rumah.

Baca – Biaya Membersihkan Karang Gigi – Peserta BPJS Gratis Setahun Sekali

Caranya sangat mudah. Ambil beberapa lembar daun jambu merah segar. Lalu, Anda lipat atau gulung dan kunyah sampai airnya keluar. Dengan menggunakan lidah, sari daun jambu Anda oleskan pada area gigi yang sakit.

Apabila dengan cara itu Anda menemui kesulitan, maka ambil 4 – 5 lembar daun jambu, rebus dan tambahkan sedikit garam. Setelah airnya mendidih, rebusan Anda angkat dan dinginkan sebentar. Gunakan larutan daun jambu untuk obat kumur.

Ya, cara ini mungkin lebih mudah daripada cara yang pertama.

6. Minyak Cengkeh – Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

Menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati gigi berlubang juga ampuh. Sudah sejak lama orang menggunakan minyak cengkeh sebagai cara mengobati penyakit, termasuk sakit gigi berlubang.

Minyak cengkeh mengandung eugenol yang digunakan sebagai anestesi alami untuk menghilangkan sakit gigi. Gunakan gulungan kapas, tetesi minyak cengkeh, lalu tempelkan pada gigi yang berlubang.

7. Cuka Apel – Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

Cara lain mengobati sakit gigi berlubang asalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel atau cuka dapur mengandung antimikrobal dan antibakteri. Bisa mengatasi rasa sakit karena gigi berlubang.

Larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Lalu, gunakan untuk berkumur. Di yoko online dijual banyak cuka apel dalam berbagai ukuran. Dari harga dibawah Rp 10.000 sampai Rp 90.000.

Cara lain, teteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil, lalu tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Setelah beberapa menit, maka rasa sakitnya berkurang.

8. Obat Herbal – Cara Mengobati Gigi Berlubang Paling Ampuh

Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk sakit gigi berlubang. Tentu saja, menggunakan obat herbal lebih praktis, mudah dan khasiatnya lebih cepat. Rasa gigi berlubang segera reda (lenyap). Anda akan kembali merasa tenang dan nyaman.

Apa saja obat herbal sakit gigi berlubang? Antara lain:

Obat Sakit Gigi Super Cepat Ampuh Mengobati Gigi Berlubang

Sekitar 1 – 9 menit, sakit gigi berlubang akan sembuh setelah ditetesi obat herbal ini. Obat terbuat dari kemuning (murraya paniculata), habbatussauda (nigella sativa), vitamin, zat garam alami dan berbagai macam mineral alami lain.

Baca – Ada 4 Risiko Melepas Venner Gigi Sendiri

Cara Pemakaian: silakan berkumur dengan air hangat untuk membersihkan gigi. Lakukan sampai bersih dari sisa makanan.

Teteskan super green plus SG 2 tetes pada lubang gigi atau gunakan kapas yang diolesi super green plus SG.

Tempelkan kapas yang diolesi SG ke gigi / lubang gigi. Lakukan 6 kali dalam 1 jam biar cepat sembuh. Kapas selalu diganti.

Ketika tidur malam, kapas dengan super green plus SG tempelkan ke lubang gigi dan baru delapas usai bangun tidur. Lakukan 3 malam berturut-turut.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago