9 Cara Mudah Mengobati Sakit Leher Tidak Bisa Menengok

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA mengobati sakit leher tidak bisa menengok – Leher tidak bisa menengok tentu saja sangat merepotkan. Apalagi, saat berusaha menengok, Anda merasakan sakit. Ini membuat Anda harus selalu menghadap ke depan.

Nah, siapa yang bisa bersikap seperti itu? Anda dan siapa pun yang mengalami hal yang sama, jelas merasa sangat tersiksa. Tetapi, bagaimana cara mengobati biar Anda bisa menengok dengan nyaman? Adakah pengobatan khusus atau cukup dilakukan dengan pemijatan?

Penyebab Sakit Leher Tidak Bisa Menengok

Sebelum membahas cara mengobati, di sini akan disampaikan dulu penyebab sakit leher tidak bisa menengok. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan kira-kira penyebabnya dan kemudian mengobati sesuai dengan penyebabnya.

Ada bermacam sebab leher terasa sakit dan tidak bisa menengok (tortikolis). Semua penyebab dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

1. Penyebab yang Tidak Serius

Misalnya Anda duduk di depan komputer terlalu lama dengan posisi duduk yang tidak tepat. Tidur dengan posisi tidak tepat juga bisa menyebabkan sakit leher.

Menggerakkan leher secara tidak benar sehingga membuat otot leher cedera. Stres juga dapat membuat otot leher tegang dan terjadi sakit leher, dan beberapa penyebab lain.

Umumnya sakit leher yang tidak serius bisa disembuhkan dengan mudah. Bahkan, tanpa terapi apa pun, rasa sakit bisa hilang sendiri. Atau Anda cukup menggerak-gerakkan leher yang sakit atau dengan dipijat, rasa sakit pun segera menghilang.

Atau gunakan bantal dengan baik jika sakit leher terjadi akibat posisi tidur yang tidak tepat. Anda juga bisa mengompres bagian leher yang kaku dan tidak bisa untuk menengok. Bisa kompres dengan air dingin atau air hangat.

cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok
bersandar sejenak untuk menghilangkan sakit leher (foto:jendelacito.info)

2. Penyebab Sakit Leher yang Serius

Leher sakit tidak bisa menengok bisa juga sebagai gejala (tanda) sakit tertentu yang cukup serius. Antara lain:

a. Gejala penyakit meningitis

Menginitis adalah peradangan pada lapisan pelindung otak dan saraf tulang belakang. Tentu saja, orang awam tidak bisa segera mengenali penyakit ini.

Gejalanya antara lain leher kaku, mual, muntah, nafsu makan turun, sulit konsentrasi, dsb. Tetapi, apakah semua itu sebagai gejala meningitis, tentu saja perlu diagnosis, pemeriksaan darah, cairan serebrospinal, CT scan, dsb.

b. Kerusakan ruas tulang leher

Leher kaku dan nyeri juga bisa sebagai tanda kerusakan ruas tulang leher. Jika leher digerakkan, terkadang ada suara retak atau “klik”. Otot leher kejang, sakit kepala, sulit tidur, mudah lelah, dsb.

c. Rematik atau peradangan sendi

Rematik adalah penyakit yang dialami banyak orang. Gejalanya berupa radang sendi, termasuk leher nyeri. Yang terbanyak memang rematik menyerang sendi tangan, pergelangan tangan, lutut dan kaki.

Penyebab rematik adalah gangguan autoimun. Umumnya rematik menyerang pada pagi hari saat bangun tidur atau setelah duduk lama. Dengan menggerak-gerakkan anggota badan yang terkena rematik, biasanya rasa sakit akan menghilang.

Bagaimana Cara Mengobati Sakit Leher Tidak Bisa Menengok

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok?

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan sakit leher tidak bisa menengok. Atau mencegah supaya Anda tidak menderita sakit leher sehingga tidak bisa menengok. Antara lain:

1. Olahraga Leher

Lakukan olahraga dengan menggerakkan leher. Misalnya gerakkan leher Anda ke atas bawah, ke kiri dan ke kanan atau berputar. Coba lakukan gerakan-gerakan itu dengan bergantian. Anda akan merasa leher tidak sakit setelah beberapa kali melakukan olahraga itu.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih mengandung mineral yang mampu membuat otot dan saraf Anda yang kaku menjadi lemas. Air putih juga bisa menetralisasi sirkulasi udara dalam tubuh, utamanya untuk oksigen. Yang terbaik minum air putih setidaknya 2 liter per hari, dimulai saat bangun tidur.

3. Jangan Terlalu Lama Duduk

Jika Anda pekerja kantor yang tiap hari duduk di depan meja kerja, Anda perlu berdiri dan jalan sejenak supaya tetap sehat. Leher tidak tegang selalu memandang komputer. Misalnya tiap 2 atau 3 jam Anda bangkit dari tempat duduk dan berjalan sebentar di sekitar tempat kerja. Atau bangkit untuk minum air putih. Leher tidak kaku dan mudah untuk menengok.

4. Bersandar Sejenak

Bagi Anda yang banyak duduk saat bekerja, juga bisa mengatasi leher sakit dengan bersandar sejenak. Tujuannnya untuk membuat leher rilek sehingga otot-otot menjadi lemas dan terhindar dari sakit leher. Anda pun bisa menengok dengan nyaman.

5. Duduk dengan Posisi Tegak

Posisi duduk yang tidak tepat juga bisa menyebabkan leher kaku atau tegang. Maka, duduk di kursi ketika bekerja harus dengan posisi tegak. Punggung lurus sehingga tulang belakang tidak menahan beban.

Duduk tegap dengan mata lurus ke arah komputer juga bisa mengatasi leher sakit akibat ketegangan yang mungkin terjadi. Tetapi, sebaiknya duduk yang lama juga perlu diselingi dengan istirahat bersandar atau berdiri jalan kaki sejenak.

6. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Kebutuhan vitamin dan mineral perlu mendapat perhatian biar anggota tubuh selalu sehat, termasuk leher. Mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran hijau, dan minum susu bisa mencegah terjadinya leher sakit.

7. Berendam di Dalam Air Bergaram

Cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok lainnya dengan berendam air dalam air yang diberi garam. Cara ini bisa melemaskan otot-otot yang kaku, termasuk otot leher. Sebab, sirkulasi darah akan berjalan lancar dengan cara itu.

8. Oleskan Balsam

Anda bisa mengoleskan balsam di bagian leher yang sakit. Banyak balsam dijual untuk itu. Harganya juga murah. Jika sering mengalami sakit leher, ya sedia saja balsam. Atau menggunakan obat esensial. Bisa sekadar dioleskan atau ditambah dengan memijat leher yang kaku atau sakit.

9. Menghirup Aroma Kayu Manis

Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk mengobati leher sakit tidak bisa menengok. Antara lain dengan kayu manis. Caranya, rendam kayu manis dengan air hangat lalu hirup bau wanginya. Bisa juga Anda kompres leher yang sakit dengan air rendaman kayu manis.

Penutup

Demikian beberapa cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sering menderita sakit leher sehingga tidak bisa menengok.

Ada baiknya Anda juga selalu menerapkan pola hidup yang sehat dengan sering melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga berat. Lakukan saja olahraga ringan seperti jalan kaki, jalan cepat, senam, berkebun, dsb. Anda bisa terhindar dari sakit leher.