3 Cara Mengurangi Keringat di Ketiak Biar Tidak Bau

Diposting pada

CARA mengurangi keringat di ketiak – Siapa pun pasti tidak ingin ketiaknya mudah mengeluarkan keringat sampai berlebihan. Apalagi keringat yang keluar menebarkan bau tidak sedap.

Tetu saja, Anda merasa risi atau tidak enak dengan teman atau siapa pun yang bersama Anda. Mungkin merasa lebih baik berpisah dari teman atau kelompok daripada mereka yang menegur dulu.

Kalau sampai di antara mereka ada yang bertanya siapa yang ketiaknya bau, tentu Anda akan merasa malu. Ya, malu karena dikira Anda tidak bisa merawat diri. Tidak bisa menjaga kebersihan tubuh sehingga ketiaknya menebar bau tidak sedap.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengurangi keringat berbau di ketiak? Apalagi saat melakukan aktivitas, termasuk saat melakukan senam di tempat terbuka.

Biasanya tubuh seseorang mudah berkeringat, termasuk di ketiak. Kalau keringatnya tak menebarkan bau tak masalah. Tetapi, kalau menebarkan bau tidak sedap, wooww…

cara mengurangi keringat di ketiak

mencukur bulu ketiak (foto:keepo.me)

Tiga Cara Mengurangi Keringat di Ketiak dengan Mudah 

Jika Anda mengalami kondisi seperti itu, yakni ketiak mudah mengeluarkan bau keringat yang tidak sedap, maka ada beberapa cara mengatasinya. Atau setidaknya, bisa mengurangi keringat di ketiak sehingga Anda tidak menebar bau tidak sedap.

Agar Anda bisa tetap merasa nyaman bersama teman atau orang lain, ada beberapa cara mengatasi ketiak basah. Antara lain:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sesungguhnya ini cara yang mudah. Air putih tersedia di mana-mana. Di rumah, di kantor, tempat kerja, di stasiun kereta api, di bandara, dsb. Pengadaan air putih sekarang ini sangat mudah.

Bahkan, banyak ibu rumah tangga yang tidak perlu memasak air untuk bikin minuman kopi, teh, susu atau lainnya. Cukup dengan minum air putih di galon. Ini sangat praktis. Apalagi, minum air putih lebih sehat.

Tetapi, masih banyak juga orang yang lebih mantap minum kopi, teh atau susu. Ya, apa pun minuman Anda, air putih tidak boleh dilewatkan. Sebab, air putih itu menyehatkan. Tiap hari kita harus minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas.

Hasil penelitian ilmiah yang terbit belum lama ini menyatakan 46,1 % warga DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan. Maksudnya, mereka selalu minum air putih tetapi masih belum mencukupi kebutuhan untuk hidup sehat.

Manfaat minum air putih antara lain memasok oksigen ke seluruh tubuh, membentuk ludah dan lendir, melumasi sendi, meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, dsb.

2. Menggunakan Antiperspiran

Cara lain untuk mengurangi keringat di ketiak adalah menggunakan deodoran. Ini adalah pengharum ketiak. Harganya murah dan cara penggunaannya mudah. Cukup digosokkan pada ketiak.

Anda juga bisa menggunakan antiperspiran. Fungsinya juga bisa membantu Anda untuk menjaga tubuh agar tetap segar. Walaupun Anda berkeringat banyak.

Perbedaan antara deodoran dan antiperspiran adalah deodoran biasanya digunakan untuk mencegah bau badan karena efek harumnya.

Antiperspiran berfungsi menyetop keringat keluar dari ketiak atau tubuh. Dengan menggunakan antiperspiran, ketiak tidak akan mengeluarkan keringat.

Selain itu, antiperspiran bisa melawan bakteri penyebab bau badan / ketiak. Tetapi, antiperspiran hanya berfungsi sementara waktu. Anda harus memakainya lagi jika Anda merasa perlu.

Jenis antiperspiran bermacam-macam. Ada yang harga mahal sampai Rp 500 ribu lebih, tetapi ada juga yang murah, hanya beberapa ribu rupiah. Misalnya harga Rp 26.000 isi 50 ml. Tentu saja, kualitasnya beda.

3. Mencukur Bulu Ketiak

Cara mengurangi keringat di ketiak juga bisa Anda lakukan dengan rutin mencukur bulu ketiak. Sebab, bulu ketiak juga mempunyai kelembapan alami.

Jika bulu ketiak dibiarkan tumbuh lebat, hal itu justru akan memperparah kondisi ketiak basah. Ketiak Anda akan mudah mengeluarkan keringat yang menebar bau tidak sedap.

Jadi, mencukur bulu ketiak bisa mencegah tejadinya bau tidak sedap. Ya, untuk efektif tidaknya, coba saja. Anda bisa memastikan tingkat efektifnya atau kemanjuran mencukur rambut ketiak untuk mengatasi ketiak berbau.

Selain itu, apakah cukup dengan mencukur bulu ketiak atau masih perlu ditambah pakai antiperspiran. Anda perlu mencobanya.

Penutup

Sesungguhnya sangat mudah cara mengatasi ketiak basah sehingga ketiak Anda tidak menebarkan bau yang tidak sedap.

Punya ketiak sering menebar bau tidak sedap akan membuat Anda risih, terutama saat berkumpul dengan teman.

Coba saja 3 cara mengurangi keringat di ketiak dan semoga Anda sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *