10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Tak Kena Virus

Diposting pada

BANYAK cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa kita lakukan biar tidak terkena virus. Caranya sangat mudah. Yang penting Anda selalu mengonsumsi berbagai makanan sehat yang dibutuhkan tubuh, menghindari stres, melakukan olahraga, dsb.

Di tengah merebaknya virus corona (covid-19) yang telah menelan korban jiwa sampai ribuan orang meninggal, selayaknya kita segera berusaha memperkuat daya tahan tubuh. Ini justru merupakan cara yang cukup mudah dan tidak memakan biaya banyak.

Pertanyaannya, bagaimana caranya kita bisa meningkatkan daya tubuh biar tidak mudah kena penyakit atau virus? Apa yang harus kita lakukan?

Baca – Anda Kena Virus Corona? Inilah Cara Mengatasinya. 

10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada yang mengibaratkan bahwa melawan virus sama halnya pasukan berperang melawan muruh. Untuk bisa memenangi perang tentu kita membutuhkan senjata yang canggih, selain strategi yang jitu.

Senjata yang canggih yang mampu melawan virus adalah daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh kita tinggi kuat, maka kita tidak mudah tak mudah dikalahkan oleh musuh.

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Badan kita tetap sehat dan virus akhirnya lenyap.

Nah, bagaimana daya tahan tubuh Anda sekarang? Bagaimana cara memperkuat daya tubuh kita?
Berikut dalah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh yang perlu kita lakukan, yakni:

1. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Anda selama ini suka mengonsumsi sayur dan buah? Jika jarang mengonsumsi sayur, maka mulai sekarang cobalah selalu banyak makan sayur tiap hari.

Tiap hari mengonsumsi sayur saat makan dan mengonsumsi buah sesudah makan. Ini harus terus menerus Anda lakukan. Mungkin Anda lebih menyukai makanan lain yang lebih lezat.

Tetapi, konsumsi sayur tidak boleh ditinggalkan. Sayur brokoli, kale, paprika, bunga kol, dsb. bisa Anda konsumsi tiap hari. Tentu saja, sayur perlu diolah dengan berbagai variasi biar lebih menarik dan lebih lezat.

Anda tak akan bosan untuk mengonsumsinya. Daya tahan tubuh Anda pun meningkat. Membuat daya tahan tubuh tinggi tidak bisa dilakukan secara instan. Tetapi, harus terus menerus secara konsisten.

Baca – Vietnam Bebas dari Corona, Basgaimana Caranya? 

Anda juga mengonsumsi suplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin dan mineral di dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Istirahat Cukup, Tidur 7 – 8 Jam /Hari

Cara meningkatkan daya tahan tubuh lainnya yang juga perlu kita lakukan adalah beristirahat, termasuk tidur 7 – 8 jam per hari untuk orang dewasa.Untuk anak dan tejama 9 – 10 jam per hari. Jika tidur yang lamanya kurang dari itu, maka daya tahan tubuh Anda tidak bisa maksimal. Bahkan, perlindihan (imuitas) tubuh busa yirin.
3. Hindari stres

Sering stres juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Ini berarti jika Anda ingin bisa meningkatkan daya tahan tubuh biar tidak mudah dihinggapi virus, Anda harus mampu menghindari stres.

Apa pun masalah yang Anda hadapi, Anda harus menghindari stres. Sebab, stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Akibat lanjutannya, daya tahan tubuh menurun.

4. Rutin berolahraga

Rajin melakukan olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan olahraga selama 30 menit per hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda bisa memilih jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Yang ringan, misalnya jalan kaki keliling kompleks perumahan di mana Anda tinggal tiap pagi.

Baca – Berjemur Sinar Matahari Melawan Virus Corona

Bersepeda, berenang, naik turun tangga, senam, dan jogging adalah beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya berolahraga bersama teman atau orang rumah supaya Anda selalu bersemangat melakukan olahraga.

Yang penting bisa menguatkan daya tahan tubuh sehingga selalu sehat dan bebas dari virus.

5. Jangan Merokok dan Minum Alkohol

Jangan dekat orang yang sedang merokok. Sebab, Anda akan terkena paparan asap rokok. Kondisi ini bisa membuat daya tahan tubuh Anda menurun.

Jadi, jika di samping Anda ada orang merokok, maka berpindahlah supaya tidak terkena asap rokok.

Ya, orang yang merokok dan yang terpapar asap rokok sama-sama daya tahan tubuhnya bisa turun. Bahkan, perokok bisa kena infeksi paru.

6. Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin C tinggi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, vitamin C merupakan salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar.

Vitamin C juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang  akhirnya membangun kekebalan tubuh.

Sebaliknya, kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan Anda mudah dimasuki virus dan penyakit lain. Makanan yang kandungan vitamin C-nya tinggi adalah jeruk bali, jeruk keprok, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli.

Vitamin C jug bisa membuat kulit dan rambut selalu sehat. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Misalnya Blackmores Vitamin C, Puritans Pride Vitamin C, Holisticare Ester C, dsb.

7. Mengonsumsi Vitamin B6

Penderita diabetes juga perlu mengonsumsi vitamin B6 untuk mempertahankan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Antara lain dengan mengonsumsi daging ayam, ikan salmon dan ika tuna. Atau mengonsumsi sayuran hijau seperti buncis, bahan utama hummus.

Baca – Apakah Asupan Kalori Anda Berlebihan?

8. Mengonsumsi Vitamin E

Anda juga bisa memilih konsumsi vitamin E, antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Makanan yang kaya vitamin E antara lain kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

Dengan mengonsumsi makanan yng mengandung vitamin E tinggi dan beragam, daya tahan tubih Anda bisa makin kuat. Dengan makanan beragam, daya tahan tubuh makin kuat.

9. Mengonsumsi Vitamin A

Mengonsumsi vitamin A juga bisa mempertahankan atau menaikkan daya tahan tubuh. Vitamin A terdapat pada daging sapi, ikan, unggas, produk susu, buah-buahan, dan sayuran.

Selain mampu meningkatkajn daya tahan tubuh, mengonsumsi vitamin A juga bermanfaat untuk menyehatkan dan memperkuat gigi, kulit, dan jaringan lunak. Bisa pula meningkatkan kesehatan mata.

10. Suplemen Vitamin Daya Tahan Tubuh

Anda juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen vitamin. Suplemen vitamin ini membantu memperbaiki sistem imun tubuh. Cocok bagi Anda yang aktif bekerja.

1. Suplemen Vitamin Starmuno. Bisa memperbaiki daya tahan tubuh,
meredakan gejala flu, antioksidan, dan menstimulasi pembentukan sel limfosit-T. Harga Rp 215.000.

Baca – 11 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi 

2. Blackmores Vitamin C – Telah teruji mampu meningkat ketahanan tubuh. Mengandung ekstrak bioflavonoid yang menunjng kesehatan.

3. Imboost Force – Bisa diminum anak remaja mulai usia 12 tahun dan orang dewasa. Memperkuat daya tahan tubuh. Lebih-lebih Anda hsbi sakit dan perlu pemulihan.

4. Tiens Muncord – Multivitamin, suplemen multivitamin daya tahan tubuh / vitamin anti virus. Meningkatkan imunitas, daya tahan tubuh atas berbagai penyakit menular, dan mencegah adanya tumor.

5. Miltivitamin dan Suplemen Enervon C – Mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C. Membantu menambah energi dan memperkuat daya tahan tubuh (sistem imun).

6. Holisti Care EsterC Non-Acidic Vitamin C – Mampu meningkatkan daya tahan tubuh selama 24 jam sejak diminum. Cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi punya peyakit asam lambung.

Penutup – Cara Meningkatkan Daya TahanTubuh

Demikian artikel mengenai Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh biar Tidak Mudah Terkena Virus. Sesungguhnya banyak cara bisa dilakukan. Yang penting kita bersedia melakukan cara-cara meningkatkan daya tahan tubuh biar selalu sehat. Tak ada virus yang mampu menyerangnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *