5 Cara Ampuh Menurunkan Darah Tinggi dengan Bawang Putih

Diposting pada

BAGAIMANA cara menurunkan darah tinggi dengan bawang putih tetapi nyaman? Pertanyaan ini penting karena rasa bawang putih sangat menyengat. Kalau disuruh mengonsumsi bawang putih mentah, banyak orang tidak tahan dengan rasa dan aromanya.

Konsumsi bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi sudah banyak diketahui orang. Sebab, banyak penelitian yang membahas khasiat bawang untuk darah tinggi dan berbagai penyakit lain.

Ya, bawang putih memang dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Baca – Cara Mudah Menurunkan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

Selain untuk menurunkan darah tinggi (hipertensi), bawang putih bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit kulit, jantung, kolesterol tinggi, ambeien, diabetes, dsb.

cara menurunkan darah tinggi dengan bawang putih

5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Bawang Putih

Dengan mengonsumsi bawang putih, maka jumlah nitrit oksida dalam tubuh Anda akan meningkat. Penambahan nitrit akan membuat usaha menurunkan kadar darah tinggi bisa berjalan efektif dan  lebih cepat.

Kandungan nitrit oksida dan polisulfida mampu meningkatkan pelebaran arteri. Dengan cara itu, maka aliran darah menuju otak dan jantung akan berjalan lancar. Tensi darah tinggi pun otomatis akan turun.

Sebuah penelitian di Pakistan menunjukkan bahwa hasil mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik sehabis makan hampir sama denganmengonsumsi  obat atenolol.

Baca – 10 Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat

Berikut ini cara mengolah dan menyiapkan bawang putih untuk mengatasi darah tinggi.

1. Bawang Putih Dikukus

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan darah tinggi dengan bawang putih adalah bawang putih dikukus. Tentu saja, kulit bawang putih harus dikupas dulu sebelum dikukus.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih kukus dua siung sehari. Satu siung dikonsumsi saat makan siang dan satunya lagi dikonsumsi ketika makan malam.

2. Bawang Putih Direbus 5 Menit

Cara lain adalah mengonsumsi bawang putih rebus. Ya, setelah bawang putih dikupas kulitnya dan dibersihkan, lalu direbus sekitar 5 menit. Setelah itu bawang putih diangkat. Anda bisa membuat bawang putih rebus sebagai lauk pauk makan.

3. Membuat Jus Bawang Putih

Anda juga bisa mengonsumsi jus bawang putih sebagai variasi olahan bawang putih. Cara mengonsumsi jus bawang putih sekali dalam sehari.

Baca – Kenali Penyebab Darah Tinggi & Cara Pengobatannya

Cara membuat jus bawang putih tentu tidak sulit. Siapkan dua siung bawang putih, beberapa lembar daun seledri, dan tambahkan air. Nah, kini jus bawang putih siap dikonsumsi.

4. Minuman Bawang Putih

Anda bisa membuat minuman dengan bahan bawang putih. Tetapi sebelum dibuat minuman, bawang putih ditumbuk halus dulu. Lalu tuangkan hasilnya di dalam gelas dan tambah air panas.

Aduk secukupnya dan minuman bawang putih siap diminum. Anda sebaiknya minum seduhan bawang putih halus ini sebelum tidur.

5. Dikonsumsi Mentah, Khasiatnya Paling Tinggi

Jika Anda tahan dengan aroma dan rasa bawang putih mentah yang menyengat, maka silakan mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah.

Mengapa? Karena bawang putih yang dikonsumsi dalam keadaan mentah atau segar, nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa bekerja optimal. Sementara, bawang putih yang diolah atau dimasakn, sebagian nutrisinya hilang.

Baca – 11 Cara Menurunkan Darah Tinggidengan Cepat

Ini berarti khasiat bawang putih untuk darah tinggi lebih besar ketika Anda mengonsumsi bawang putih dalam kondisi mentah. Ya, terserah Anda ingin memilih yang mana. Dikonsumsi mentah atau diolah dulu.

Yang penting Anda berusaha menurunkan darah tinggi sehingga tensinya tidak terus naik. Tensi darah yang sangat tinggi bisa berisiko kena stroke, sakit jantung, dll.

Semoga artikel tentang cara menurunkan darah tinggi dengan bawang putih ini bermanfaat untuk Anda semua. Anda bisa membuat tensi darah Anda menjadi tensi normal alias sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *