Rambut Rusak, Penyebab dan Cara Merawatnya agar Kembali Sehat

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA merawat rambut rusak – Siapa pun tidak ingin memiliki rambut yang rusak. Apalagi wanita dan pria muda. Pasti tiap hari mereka selalu menata rambutnya biar kelihatan rapi dan menarik.

Tetapi, jika ternyata rambut Anda rusak, kering dan kusam, atau rambut mengembang, bagaimana cara merawatnya supaya kembali sehat? Rambut bisa kembali tumbuh dengan baik dan tidak ada yang rusak. Rambut bisa disisir dengan lancar, tampak bagus dan indah.

Bagi wanita khususnya dan juga pria, rambut adalah mahkota. Oleh karena itu, rambut harus selalu dirawat dengan baik sehingga bisa tumbuh sehat. Rambut bisa menjadi daya tarik bagi siapa pun.

6 Penyebab Rambut Rusak dan Cara Merawatnya

Ada banyak cara bisa Anda lakukan untuk merawat rambut biar tidak rusak. Kalau rambut Anda sudah rusak, Anda juga perlu merawatnya agar rambut kembali sehat. Rambut rusak bisa diatasi.

Tetapi, sebelumnya Anda perlu tahu apa penyebab rambut Anda rusak. Jika sudah diketahui, maka atasi penyebab rambut rusak. Dengan cara itu, Anda akan lebih mudah untuk merawat rambut rusak dan kembali menjadi rambut sehat.

Berikut ini beberapa penyebab rambut rusak dan cara mengatasinya, yaitu:

cara merawat rambut rusak
hahhh… (foto:tipsmerawatrambut.id)

1. Anda terlalu sering mencuci rambut.

Jika ini penyebabnya, ya kurangi frekuensi cuci rambut atau keramas. Misalnya jangan cuci rambut/keramas tiap hari, tetapi dua atau tiga hari sekali. Terlalu sering keramas bisa menguras atau mengurangi kelembapan rambut. Atau kalau keramas, gunakan shampo yang membersihkan sekaligus melembapkan rambut.

2. Menggunakan shampo yang kandungannya terlalu keras

Sebaiknya, sesuaikan shampo yang Anda pilih dengan kondisi rambut Anda. Mungkin ada rambut yang perlu kandungan yang keras. Tetapi, mungkin rambut Anda tidak cocok dengan shampo seperti itu. Sebelum membeli, baca keterangan tentang kegunaan shampo, kandungan kimia dan informasi lain yang berkaitan.

3. Menggunakan hair dryer, alat catok atau pengeriting rambut berlebihan.

Ya, segala sesuatu yang berlebihan sering tidak baik. Contoh nomor satu, keramas tiap hari terkadang juga membuat rambut rusak. Padahal, maksud Anda cuci rambut tiap hari biar rambut selalu bersih dan menarik. Demikian halnya dengan penggunaan alat-alat perawatan rambut seperti hair dryer, alat catok, dan pengeriting rambut. Jika tidak cocok atau cara menggunakannya tidak tepat, ya bisa membuat rambut Anda rusak.

Cara mengatasi: Pengaturan suhu pada alat itu harus sesuai dengan kondisi rambut Anda. Jangan terlalu panas, apalagi suhu sampai maksimal, 230 derajat Celcius. Rambut Anda bisa rusak.

4. Terkena sengatan sinar matahari

Hati-hati dengan sengatan sinar matahari di siang yang terik. Ada tipe rambut yang bisa rusak kena sinar panas matahari atau kena angin atau udara kering. Jika rambut Anda bisa rusak terkena sengatan matahari, apa yang harus Anda lakukan?

Cara mengatasi: Ya pakai tutup kepala saat berada di ruang terbuka siang hari. Atau gunakan shampo yang bisa memberi nutrisi yang bisa membuat rambut tahan terhadap sinar matahari dan lainnya.

5. Pemakaian pewarna rambut

Maksudnya biar rambut menarik, lalu Anda lakukan pewarnaan. Tetapi, jika kondisi atau tipe rambut Anda tidak cocok dengan zat pewarna, rambut Anda bisa rusak. Maka, perlu hati-hati mengecat atau mewarnai rambut.

Pelajari dulu, cocok nggak rambut Anda diwarnai/dicat rambut. Atau gunakan produk untuk perawatan rambut berwarna. Atau mengandung protein yang dibutuhkan oleh rambut berwarna.

6. Penggunaan zat klorin di kolam renang

Jika Anda suka renang di tempat renang umum, perhatikan masalah ini. Pengelola biasanya menggunakan zat klorin untuk membuat air di kolam renang selalu sehat dan jernih. Umumnya penggunaan zat klorin ini satu minggu sekali. Tetapi, bagi sebagian perenang, zat klorin bisa menyebabkan rambut mereka rusak.

Cara mengatasi: Setelah renang selesai, Anda jangan langsung keramas. Tetapi, rambut dikeringkan dulu dengan handuk. Cara mengeringkan bukan handuk digosok-gosokkan pada rambut. Handuk diletakkan di atas ra,ut lalu ditepuk-tepukkan. Cara ini tidak merusak rambut.

Lain halnya kalau handuk digosokkan pada rambut. Rambut mudah rusak akibat adanya zat klorin pada air kolam renang yang menempel pada rambut Anda.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara merawat rambut rusak agar kembali sehat. Caranya praktis dan mudah dilakukan. Perhatikan ketika membeli shampo. Anda perlu memilih shampo sesuai dengan kondisi rambut sehingga bisa bekerja dengan baik. Bukan sebaliknya, malah merusak rambut.

Bagaimana dengan kondisi rambut Anda sekarang? Semoga artikel ini bisa membantu memecahkan problem rambut Anda.