3 Cara Merebus Daun Kersen untuk Darah Tinggi

Diposting pada

TanpaDiabetes – Daun kersen punya manfaat besar untuk mengatasi banyak penyakit. Salah satunya untuk mengatasi darah tinggi. Tetapi, bagaimana cara merebus daun kersen untuk darah tinggi?

Pohon kersen termasuk pohon yang mudah tumbuh di mana saja. Meskipun tidak ada orang yang menanam. Sebagian orang menyebut pohon ini dengan nama pohon talok atau pohon seri.

Buahnya kecil-kecil warna merah jika sudah matang. Rasanya manis dan punya manfaat dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Demikian pula daun kersen, juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan darah tinggi. Atau mampu mengendalikan tensi darah Anda sehingga selalu stabil.

Manfaat daun kersen lainnya adalah untuk menyembuhkan luka diabetes. 

Manfaat Daun Kersen untuk Mengatasi Darah Tinggi

daun kersen kering

daun kersen kering (foto:tokopedia.com)

Daun kersen memang memiliki berbagai kandungan senyawa yang bisa mengatasi beberapa penyakit. Beberapa kandungan dalam daun kersen antara lain air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, riboflavin, dan niacin.

Dengan berbagai kandungan itu membuat daun kersen punya khasiat kesehatan. Manfaat daun kersen secara umum adalah sebagai antioksidan, antiinflasmasi dan antibakteri.

Bagaimana caranya merebus daun kersen untuk darah tinggi? Di mana Anda bisa mendapatkan daun kersen?

Jika di sekitar tempat Anda ada tumbuhan pohon kersen, Anda memetiknya dari tumbuhan itu. Tentu saja, jika ada pemilik lahan tempat pohon kersen tumbuh, Anda perlu minta izin dulu kepada pemiliknya.

Jika tidak ada tumbuhan kersen di sekitar tempat tinggal Anda, ya Anda bisa membelinya di pasar. Banyak dijual daun kersen, baik daun kering atau masih segar.

Manfaat daun kersen untuk darah tinggi antara lain:

1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Daun kersen mengandung magnesium yang bisa mengurangi tekanan darah secara efektif. Manfaat magnesium ini memang berhubungan dengan tekanan darah tinggi khususnya pada pria dewasa.

Mengkonsumsi air rebusan daun kersen dapat menggantikan kekurangan magnesium dalam tubuh akibat stres berlebihan, mengkonsumsi alkohol, keringat, gula, dsb.

2. Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Daun kersen mengandung mineral penting, yakni seng. Fungsinya bisa mengatur endothelin dan angiotensin. Keduanya berpengaruh besar pada tekanan darah.

Jika tubuh kekurangan dua mineral ini, maka pembuluh darah akan menyempit. Akibatnya terjadilah darah tinggi.

3. Melebarkan Pembuluh Darah

Mengonsumsi minuman daun kersen juga bisa mencegah penyempitan pembuluh darah. Dengan cara itu, aliran darah berjalan lancar. Anda pun terhindar dari darah tinggi.

Daun kersen juga mengandung manfaat vitamin C yang bisa merileksasi pembuluh darah dan meningkatkan oksidan nitrat untuk membantu pelebaran pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

4. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat daun kersen lainnya adalah melancarkan aliran dalam tubuh. Dengan daun kersen, aliran darah dalam tubuh akan makin lancar sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit darah seperti darah tinggi, stroke dan berbagai masalah darah lainnya.

3 Cara Membuat Ramuan Daun Kersen

Ada beberapa cara membuat ramuan daun kersen untuk mengobati darah tinggi.

1. Cara Direbus

Sebelum direbus, Anda harus memilih daun kersen segenggam yang bagus lalu dicuci dengan air bersih mengalir. Setelah itu, siapkan air dua gelas untuk merebus daun kersen.

Lalu, daun kersen direbus sampai airnya mendidih dan air tersisa setengahnya. Silakan Anda minum air rebusan daun kersen 2 – 3 kali sehari.

2. Diseduh seperti Membuat Minuman Teh

Cara kedua seperti Anda menyeduh daun teh ketika membuat minum teh. Tentu saja, Anda perlu menyiapkan daun kersen kering beberapa lembar.

Ambil daun kersen beberapa lembar lalu gunting kecil-kecil dan taburkan di atas air panas yang sudah Anda siapkan.

Lalu aduk sampai warna air berubah menjadi kecokelatan. Minumlah seduhan daun kersen 2 – 3 kali perhari.

Baca Juga:  11 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat

3. Dibuat Jus

Anda juga dapat membuat jus daun kersen untuk menurunkan darah tinggi. Jus daun kersen mengandung senyawa-senyawa penting yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daun kersen direbus atau dikeringkan.

Silakan Anda memilih cara mengolah ramuan daun kersen untuk menurunkan darah tinggi. Tetapi, dengan mengonsumsi buah kersen, Anda juga bisa menurunkan darah tinggi.

Penutup

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan darah tinggi. Antara lain dengan mengonsumsi ramuan daun kersen.

Tetapi, upaya menurunkan darah tinggi akan cepat sukses jika disertai olahraga dan diet. Maksud diet adalah menghindari atau mengurangi makanan minuman yang bisa menyebabkan darah tinggi.

Obat herbal penurun darah tinggi juga bisa Anda pilih. Obat herbal sangat baik dipilih karena tanpa efek samping. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.