Cemilan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Diposting pada

MEMILIH cemilan untuk penderita asam lambung sangat penting. Sama pentingnya dengan memilih makanan untuk sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam.

Tanpa memilih makanan yang sehat khusus untuk penderita asam lambung, maka sakitnya tidak akan kunjung sembuh. Meskipun rajin minum obat. Memilih makanan / cemilan yang sehat sama pentingnya dengan mengonsumsi obat.

Ya, saya pernah menderita asam lambung atau sakit maag. Meskipun rajin periksa dokter dan minum obat, tetapi sakit saya tidak kujung reda. Kondisi seperti itu berlangsung sampai belasan tahun.

makanan untuk penderita asam lambung

Makanan Berlemak yang Boleh Dikonsumsi dan Yang Harus Dihindari

Sesungguhnya memilih cemilan untuk penderita asam lambung tidak sulit. Selain mengehui makanan ringan atau cemilan yang sehat, yang tidak membuat penyakit asam lambung kambuh, penderita harus bersedia untuk menghindari cemilan yang tidak menyehatkan.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung sesungguhnya tidak banyak. Tetapi jika tidak dihindari, penyakit asam lambung tak segera reda. Masih sering kambuh.

Biasanya, berdasar pengalaman, penyakit kambuh saat obat sudah habis. Kembali periksa dokter, minum obat, habis, penyakit lambung kembali kambuh.

Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang berlemak tinggi, alergenik, makanan rasa asam dan makanan pedas.

Makanan berlemak tinggi antara lain kentang goreng, keripik kentang, popcorn, dan makanan yang digoreng lainnya. Tetapi, ada juga makanan berlemak tinggi masih boleh dikonsumsi.

Yaitu alpukat, kacang walnut, dan biji rami (flaxseed). Tinggi lemak, tepapi lemak tak jenuh.

Makanan lain yang juga perlu dihindari adalah cokelat, soda, alkohol, susu berlemak tinggi, kafein (kopi, teh), daging tinggi lemak, tomat (termasuk saus tomat), makanan rasa pedas cabai atau mrica, dsb.

Cemilan untuk Penderita Asam Lambung

Lantas, cemilan untuk penderita asam lambung yang diperbolehkan apa ya? Ya, masih banyak cemilan yang boleh Anda konsumsi dibandingkan dengan makanan yang sebaiknya dihindari. Tidak perlu khawatir untuk kesehatan Anda.

Yang penting sembuhkan dulu sakit asam lambung Anda. Jika sudah sembuh, Anda bisa kembali mengonsumsi makanan larangan. Tetapi, jangan banyak-banyak dan jangan setiap hari.

Sebab, kalau sampai asam lambung kembali kambuh, Anda akan merasa seperti tersiksa. Lambung sering terasa perih seperti orang lapar. Padahal, belum lama Anda selesai makan.

Cemilan yang baik Anda konsumsi adalah:

1. Buah Pisang, Alpukat, Pir, Semangka, dll.

Banyak buah yang sangat bagus untuk Anda konsumsi. Misalnya apel, alpukat, semangka, pir, pisang, pepaya dan buah beri. Selain rasanya segar, buah-buah itu juga mengandung sejumlah nutrisi, mineral dan senyawa antioksidan.

Mengonsumsi buah-buahan itu justru bisa meredakan peradangan dan menghindari risiko terjadinya komplikasi akibat gangguan lambung / pencernaan.

2. Makanan Probiotik: Yogurt, Kefir, dll.

Mengonsumsi yogurt, kefir dan sejenisnya justru yang mengandung bakteri menguntungkan. Yakni, membantu mengontrol kadar asam lambung dan mengurangi peradangan. Selain itu, bisa menghambat ekspresi sitokin dan kemokin dengan sangat baik.

Dari beberapa hasil studi diketahui bahwa konsumsi makanan probiotik mampu mengendalikan infeksi bakteri H. Pylori yang bisa memicu terjadinya gastritis atau tukak lambung.

3. Kacang-Kacangan

Kacang almond, kacang merah, termasuk kacang rebus bisa jadi cemilan yang sangat baik bagi penderita asam lambung. Kacang-kacangan mengandung serat tinggi dan sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Baca – Penderita Sakit Jantung Harus Waspadai 4 Hal

Sebuah studi di Harvard School of Public Health juga menyatakan diet tinggi serat bisa menurunkan risiko kena penyakit maag atau gastritis hingga 60%.

Bagaimana dengan penyakit asam lambung Anda? Yang sekarang sehat juga harus hati-hati. Asam lambung gampang mendera mereka yang kurang memperhatikan pola makan dan waktu makan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *