10 Cemilan untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Tetap Stabil

Diposting pada

MENGONSUMSI cemilan bagi penderita diabetes tetap boleh. Yang penting cemilan harus sehat. Bukan sebaliknya, justru membuat gula darah naik tinggi. Lantas. cemilan untuk penderita diabetes apa saja yang tergolong sehat dan bisa dikonsumsi?

Masalah makanan, termasuk cemilan, bagi penderita diabetes memang harus dipilih dari makanan yang benar-benar aman.

Makanan yang bisa membuat Anda mendapat asupan mengenyangkan, tetapi kadar gula darah tetap stabil. Bukan menjadikan gula darah naik tinggi.

Maka, memilih makanan atau cemilan sehat untuk penderita diabetes perlu mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh. Baik dari penderita sendiri ataupun dari pihak keluaga yang menyediakan makanan dan cemilan.

Baca – Cara Mengobati Luka Diabetes Menggunakan Minyak Zaitun

10 Cemilan untuk Penderita Diabetes

Berikut ini 10 cemilan untuk penderita diabetes. Anda bisa memilih cemilan sehat yang cocok untuk penyakit diabetes Anda.

makanan untuk penderita diabetes

1. Cemilan Sehat Telur Rebus

Telur rebus bisa dipilih sebagai cemilan untuk penderita diabetes. Anda bisa mengonsumsi 1 atau 2 butir telur rebus / kukus per hari. Telur merupakan sumber protein yang baik dan rendah karbohidrat.

Jangan memilih telur goreng. Sebab, telur goreng menggunakan minyak yang bisa membuat kolesterol naik tinggi. Makanan gorengan juga berisiko kena penyakit jantung.

Mengapa dipilihkan telur? Telur mengandung protein yang tinggi sehingga lebih lama untuk diubah menjadi gula darah. Itu artinya, kadar gula darah tidak akan naik tinggi secara mendadak.

Dari hasil penelitian diketahui penderita diabetes yang mengonsumsi cemilan 2 butir telur per hari selama 12 hari, kadar gula darah mereka bisa turun.

Baca – Resep Masakan untuk Anda Penderita Diabetes dan Kolesterol

Yang perlu diperhatikan, konsumsi telurnya tidak boleh lebih dari 2 butir per hari.

2. Cemilan untuk Penderita Diabetes dari Kedelai

Cemilan sehat untuk diabetes lain yang bisa dipilih adalah snack atau makanan kecil dari bahan kedelai. Anda bisa mengolah menjadi snack apa saja.

Yang penting tidak menggunakan banyak gula. Sebab, makanan minuman tinggi gula bisa membuat gula darah naik. Penyakit diabetes makin berat.

Oleh karena itu, makanan seperti donat, martabak manis, atau biskuit manis harus dihindari. Cemilan rasa manis justru akan memberatkan kinerja insulin dan meningkatkan kadar gula darah.

Camilan untuk penderita diabetes dari kedelai punya nilai indeks glikemik yang rendah. Di sisi lain, kedelai kaya serat. Ini akan membuat ngemil makanan dari kedelai tidak akan menyebabkan gula darah naik, tetapi perut akan kenyang lebih lama.

3. Cemilan Sehat Biskuit Gandum

Biskuit dari gandum juga sangat baik untuk Anda jadikan sebagai cemilan diabetes. Sebab, biskuit gandum mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk pencernaan. Selain itu juga bisa menurunkan gula darah.

Jika Anda membeli produk olahan gandum yang terbuat dari tepung gandum utuh alias wholemeal flour, hati-hati. Sebab, Anda hanya diperbolehkan konsumsi sekitar dua buah saja untuk setiap produk.

Cemilan sehat terbaik dan enak antara lain Roma Sari Gandum. Selain sehat untuk penderita diabetes, biskuit ini juga mudah ditemukan di sekitar kediaman Anda.

Baca – Kadar Gula Darah Normal Berdasar Usia dan Cara Menjaganya

4. Cemilan untuk Penderita Diabetes dari Buah Segar

Konsumsi buah selalu menyehatkan. Buah juga bisa menjadi camilan untuk penderita diabetes yang baik.

Meskipun mengandung gula sehingga terasa manis, konsumsi buah tidak akan menyebabkan gula darah naik. Mengapa? Karena rasa manisnya alami. Yang penting makan buah jangan berlebihan.

Mengonsumsi buah bagi penderita diabetes besar manfaatnya. Antara lain membantu memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, konsumsi buah bisa melindungi sel tubuh karena buah mengandung antioksidan.

Tetapi, Anda sebaiknya memilih buah yang segar. Bukan buah kering yang biasanya diawetkan dengan tambahan gula. Jelas, buah kering tak baik untuk penderita diabetes.

Meskipun gula alami dalam buah tidak berbahaya bagi penderita dibetes, tetapi jangan mengonsumsi buah berlebihan. Jangan makan buah seperti halnya orang yang sehat.

Ya, sedikit saja. Atau tergantung besar kecilnya buah. Sebab, ukuran buah bermacam-macam.

5. Secangkir Yogurt dengan Tambahan Topping

Cemilan untuk penderita diabetes yang juga bagus untuk Anda pilih adalah yogurt. Sehari bisa mengonsumsi secangkir yogurt atau 148 gram.

Yang terbaik adalah memilih camilan plain greek yogurt. Cemilan sehat ini kaya protein sehingga mampu membuat gula darah Anda tetap stabil.

Baca – 15 Pantangan bagi Penderita Sakit Gula Kering

Selain itu, cemilan penderita diabetes ini juga mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan.
Biar terasa lebih menarik, Anda bisa memilih yogurt dengan tambahan topping. Misalnya, kacang-kacangan, buah stroberi, atau bubuk kayu manis.

6. Cemilan untuk Penderita Diabetes Kacang Almond

Cemilan sehat lain untuk penderita diabetes adalah kacang almond. Kacang ini mengandung mineral mangan, vitamin B, magnesium, protein, lemak sehat, dan serat.

Dari suatu studi yang melibatkan 58 orang diketahui bahwa mengonsumsi kacang almond bukan saja membuat mereka mendapatkan cemilan enak. Tetapi, kadar gula darah mereka juga turun 3%.

Bahkan, kadar kolesterol mereka juga ikut turun. Ini berarti penderita sakit diabetes yang mengonsumsi kacang almond bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Tetapi, kacang almond yang ingin Anda konsumsi jangan kacang almond kemasan yang ditambahkan pemanis dan garam.

7. Cemilan Sehat Popcorn

Anda juga memilih popcorn sebagai camilan untuk diabetes. Tetapi jangan diberi gula. Ketika membeli popcorn, Anda harus memastikan bahwa cemilanyang Anda beli tidak mengandung gula yang tinggi.

Cemilan popcorn dibuat dari bahan jagung. Sementara, jagung masuk ke dalam jenis gandum utuh. Paling tidak, dalam tiga kemasan popcorn mengandung 100 kalori dan empat gram serat. Mampu mengatasi masalah gula darah naik tinggi.

8. Cemilan Sehat dari Buah Apel + Keju

Buah apel hijau bisa dipilih sebagai cemilan untuk penderita diabetes. Apel termasuk cemilan sehat dan lezat, meskipun tidak manis. Apel ini mengandung vitamin B1.

Ada survei yang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi apel yang indeks glikemiknya 38, maka zat gulanya turun. Tentu saja, penderita tidak boleh langsung makan apel banyak dengan harapan gula darahnya yang tinggi langsung turun menjadi normal.

Baca – Manfaat Mengonsumsi Buncis untuk Sakit Diabetes

Biar lebih lezat, konsumsi apel hijau bisa ditambahkan keju. Hasilnya bisa memberi tambahan vitamin dan kalsium yang sangat baik untuk tubuh.

Cara mencampurnya, apel dipotong-potong, lalu taburkan keju di atas potongan apel. Kini, apel siap disantap. Batasi konsumsi apel sehingga tidak berdampak buruk.

9. Menyantap Keripik Kubis yang Lebih Sehat

Cemilan keripik kubis juga bagus untuk penderita diabetes. Kubis merupakan sayuran yang bisa menjadi terapi bagi penderita diabetes. Kubis kaya serat dan memperlambat proses penyerapan gula.

Untuk mengonsumsi keripik kubis atau keripik kol ini, Anda bisa mengolahnya sendiri. Misalnya ambil beberapa lembar kubis, lalu dipanggang dengan ditambahkan sedikit minyak zaitun.

Keripik diabetes pun siap dinikmati dan menurunkan penyakit diabetes Anda.

10. Sayuran Edamame Mengontrol Gula Darah

Anda juga bisa mengonsumsi cemilan edamame. Sangat baik bagi penderita diabetes karena sayuran edamame mengandung protein dan serat larut.

Khasiat mengonsumsi edamame antara lain bisa mengontrol kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal. Anda bisa mengukus atau merebus satu porsi (155 gram). Maka, keinginan untuk menikmati cemilan sehat terpenuhi.

Demikian artikel mengenai cemilan untuk penderita diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sembuh dari diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *