9 Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1 dan Cara Mengatasi

APA saja ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1? Mengetahui ciri ciri kanker kelenjar getah bening sangat penting. Sebab, kanker ini tergolong kanker ganas sehingga perkembangannya dalam tubuh sangat cepat.

Maka, penting sekali Anda untuk mewaspadainya. Sebaiknya Anda dan kita semua selalu mencegahnya dengan menjalani cara hidup sehat dan menghindari cara hidup tidak sehat

Apakah kanker getah bening (limfoma) itu?

Kanker getah bening adalah jenis kanker yang menyerang sel darah putih jenis limfosit. Sel ini ada di dalam sistem limfatik tubuh.

Baca – Hindari 11 Makanan Penyebab Kanker Getah Bening

Sistem limfatik adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Terdiri dari kelenjar getah bening, timus, limpa, dan sumsum tulang belakang.

ciri ciri kanker kelenjar getah beningciri ciri kanker kelenjar getah bening

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1

Mengetahui ciri ciri kanker kelenjar getah bening sejak dini sangat penting. Dengan mengetahui ciri atau tanda-tandanya sejak awal, Anda bisa segera menanganinya sehingga kanker tidak akan berkembang menjadi parah.

Tetapi, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya terkena limfoma. Bahkan sudah berkembang pada tingkat lanjut. Jika sudah seperti itu, tentu saja peluang sembuh kecil kemungkinannya.

Di sinilah pentingnya mengetahui ciri ciri kanker kelenjar getah bening. Apa saja ciri-cirinya?

1. Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening – Bengkak

Ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 yang pertama dan paling mudah dikenali adalah adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan bisa terjadi di leher, bawah ketiak, atau selangkangan.

Baca – 11 Penyebab Terjadinya Kanker Kelenjar Getah Bening

Tetapi munculnya benjolan atau bengkak di titik-titik itu tidak semua sebagai tanda adanya kanker getah bening. Pembengkakan bisa juga akibat konsumsi obat-obatan golongan antibiotik atau penyakit arthritis.

Untuk bengkak kelenjar getah bening, kalau ditekan bagian yang bengkak tidak terasa sakit. Umumnya ada banyak benjolan (bengkak).

2. Menderita Demam dan Menggigil

Ciri ciri kankelenjar getah bening stadium awal lainnya adalah tubuh menderita demam.
Ini merupakan respon tubuh terhadap invasi sel kanker kelenjar getah bening.

Responnya berupa pengaturan thermostat yang berdampak terjadinya peningkatan suhu tubuh. Ketika terjadi demam, maka penderita kanker getah bening akan menggigil.

Kondisi tubuh penderita saat terjadi demam tidak terlihat seperti dialami oleh penderita demam berdarah atau demam tifoid (tipus).

3. Tubuh Tampak Melemah

Dengan terjadinya bengkak dan demam, maka kondisi tubuh penderita bisa menjadi lemah. Ini adalah ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1.

Kondisi tubuh melemah karena sel kanker menyerang sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang lemah disertai napas yang pendek.

4. Terasa Gatal pada Kulit

Tanda kanker getah bening stadium 1 lainnya adalah gatal di kulit. Bahkan muncul ruam. Maka, jka Anda merasa gatal-gatal di kulit yang cukup lama tak sembuh, Anda perlu waspada.

Jangan-jangan itu adalah ciri-ciri  kanker kelenjar bening. Anda perlu periksa dokter untuk memastikan apakah gatal di kulit itu tanda kanker darah (kelenjar bening) atau tanda penyakit lain.

Tanda adanya kanker kelenjar getah bening hodgkin adalah gatal pada kulit area tangan, kaki, dan lainnya. Bisa juga terjadi rsa gatal di sekujur tubuh.

Baca – 21 Makanan Pembunuh Kanker dan Tumor Terbaik

Adakalanya gatal-gatal bisa terjadi sepanjang hari. Biasanya, rasa gatak mencapai puncaknya ketika cuaca sedang panas atau pada malam hari.

5. Terasa Nyeri di Dada

Nyeri di dada tidak hanya tanda sakit jantung. Bisa juga sebagai akibat adanya kanker kelenjar getah bening stadium 1.

Kelenjar getah bening merupakan organ tubuh yang terletak pada timus. Yakni organ kecil di antara paru-paru dan tulang dada.

Oleh karena itu, munculnya kanker kelenjar getah bening akan memengaruhi timus dan nyeri dada. Kanker juga bisa menyerang limfa di sekitar punggung bawah dan mengakibatkan bengkak pada saraf sumsum tulang belakang.

6. Munculnya Keringat Berlebih

Keringat berlebihan juga bisa sebagai ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium awal. Keringat keluar banyak terutama pada malam hari ketika tidur.

Keluar keringat banyak terjadi sebagai mekanisme alami tubuh sewaktu suhu tubuh meningkat akibat serangan sel kanker.

Selain itu, berkeringat lebih juga sebagai respon atas terjadinya protein dan hormon abnormal yang dihasilkan oleh sel kanker kelenjar getah bening. Jumlah keringat melebihi produksi normal.

7. Penurunan Berat Badan

Terjadi penurunan berat badan yang cukup banyak. Padahal tidak sedang diet dan makan seperti biasanya. Jadi, tidak jelas penyebabnya.

Invasi sel kanker kelenjar getah bening bisa menghabiskan nutrisi yang semestinya untuk tubuh.

Tentu saja, kurangnya nutrisi akan membuat tubuh lemah, bahkan nafsu makan menurun. Akibatnya, seperti telah disinggung di atas, berat badan penderita akan menurun drastis.

8. Ciri Ciri Kanker Getah Bening Pusing Kepala

Kepala pusing bisa menjadi tanda adanya berbagai macam penyakit. Seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, dsb.

Tetapi juga bisa sebagai gejala sakit kanker darah stadium 1. Terutama jika sakit kepala disertai dengan ciri-ciri kanker getah bening stadium 1 yang disebutkan di atas. Jika masih ragu, ya periksa dokter.

Baca – Ciri Ciri Penyakit Kanker Otak Stadium Awal

9. Terjadi Gangguan Pencernaan

Gejala kanker kelenjar getah bening bisa saja turut dirasakan di area pencernaan Anda. Hal ini utamanya apabila kelenjar getah bening yang diserang adalah kelenjar yang letaknya di area perut.

Cara Mengatasi Kanker Getah Bening dengan Obat Herbal

Anda juga bisa mengatasi kanker getah bening dengan obat herbal. Misalnya mengonsumsi obat herbal kanker getah bening De Nature. Dibuat dari daun dan buah sirsak serta keladi tikus.

Tidak hanya mengatasi kanker kelenjar getah bening, obat herbal ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan kanker kista, myoma, kanker serviks, kanker rahim, dan kanker payudara.

Obat herbal kanker getah bening lainnya antara lain Q&C Jelly Gamat, obat kista infeksi kelenjar getah bening, dan Ace Max obat kelenjar getah bening. Semoga atikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago