Categories: Berita Kesehatan

7 Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik dan Cara Mencegahnya

MENGENALI ciri ciri penyakit asam lambung naik sangat penting. Sebab, penyakit pencernaan ini bisa mengganggu aktivitas keseharian Anda jika sering naik atau kambuh.

Bayangkan. Jika Anda sedang bekerja tiba-tiba asam lambung naik, tentu pekerjaan jadi terganggu. Saat asam lambung naik, Anda akan merasa mual, nyeri di ulu hati, sampai rasa pahit di tenggorokan.

Terjadinya penyakit asam lambung (GERD) naik karena diafragma tak bisa menahannya. Jika kondisi normal, asam lambung tak bisa kembali naik ke kerongkongan.

Selain itu, asam lambung naik akibat produksi asam lambung yang berlebih. Otot di bawah saluran ke lambung lemah atau longgar.

Di sisi lain, enzim di pencernaan kurang banyak sehingga perut menjadi kembung disertai rasa ingin muntah dan mual.

Baca – Antara Bahaya dan Manfaat Jahe untuk Asam Lambung

Untuk mengatasi terjadinya penyakit asam lambung, Anda sebaiknya mengetahui cici ciri penyakit asam lambung naik. Dengan mengetahui ciri ciri atau tanda asam lambung, Anda bisa mengatasinya dengan tepat.

ciri ciri penyakit asam lambung naikciri ciri penyakit asam lambung naik

7 Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik Tinggi dan Penyebabnya

Berikut adalah ciri-ciri asam lambung, antara lain:

1. Rasa Nyeri di Dada

Salah satu ciri penyakit asam lambung adalah adanya rasa terbakar di dada. Banyak orang mengira apa yang terjadi pada dirinya adalah penyakit jantung. Sebab, ciri sakit jantung dan asam lambung naik hampir sama.

Baca – Cemilan Sehat untuk Penderita Sakit Asam Lambung

Rasa panas yang timbul diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke dada atau sampai ke kerongkongan menyebabkan iritasi. Biasanya, hal ini terasa seusai makan dan bisa memburuk ketika duduk atau berbaring.

2. Sering Bersendawa

Jika tiba-tiba sering bersendawa, maka Anda perlu mewaspadai kemungkinan hal itu terjadi akibat penyakit asam lambung.

Umumnya bersendawa berkaitan dengan perut kembung. Apabila perut kembung disertai bersendawa berulang-ulang, itu tandanya Anda menderita penyakit asam lambung,.

3. Rasa Pahit di Kerongkongan

Ciri-ciri penyakit asam lambung naik berikutnya adalah rasa pahit di bagian belakang mulut atau kerongkongan. Rasa pahit seperti itu dinamakan regurgitasi. Ini terjadi akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Hampir 80% penderita asam lambung mengalami regurgitasi setelah makan. Regurgitasi mirip dengan sensasi saat Anda akan muntah tetapi tidak jadi. Mulut terasa pahit.

Pemicu regurgitasi antara lain membungkuk setelah makan, berolahraga tanpa pemanasan, makan dengan porsi besar, bahkan bisa terjadi secara tiba-tiba.

4. Bau Napas Tidak Sedap

Terjadinya bau napas tidak sedap juga bisa merupakan ciri ciri penyakit asam lambung naik. Bau napas tidak sedap memang banyak penyebabnya. Salah satunya akibat asam lambung naik.

Tentu saja, kondisi ini bisa mengganggu hubungan dengan orang lain. Dalam kondisi seperti itu, mulut terasa pahit. Bau napas tidak sedap biasanya terjadi bersamaan dengan regurgitasi.

5. Suka Mual

Ciri ciri penyakit asam lambung naik lainnya adalah perut sering mual. Biasanya, rasa mual disertai ingin muntah terjadi akibat adanya rangsangan terhadap otak bagian bawah berkaitan dengan rasa sakit. Kadar asam lambung yang tinggi memang bisa menyebabkan sakit.

Baca – 4 Jenis Lauk Pauk yang Aman untuk Asam Lambung

6. Produksi Air Liur Berlebihan

Jika Anda merasa mulut memproduksi terlalu banyak air liur, bisa jadi hal itu merupakan ciri ciri penyakit asam lambung. Bisa dikatakan bahwa itu sebagai gejala awal penyakit asam lambung.
Air liur diproduksi terus menerus untuk menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Sebab, naiknya asam lambung sampai ke mulut membuat mulut terasa pahit.

7. Sering Menderita Pusing

Kepala pusing adakalanya merupakan ciri ciri penyakit asam lambung naik. Tekanan asam lambung yang tinggi akan membuat angin di dada dan menyebabkan tekanan terhadap dada dan kepala.
Akibatnya, pasokan oksigen ke otak menjadi berkurang. Kondisi inilah yang akhirnya membuat kepala merasa pusing.

6 Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Ada beberapa cara mencegah asam lambung naik yang bisa Anda lakukan. Lakukan secara rutin biar sakit asam lambung tidak sering kambuh sehingga Anda merasa nyaman. Tidak sebaliknya, merasa tersiksa.

1. Makan dengan Porsi Kecil

Jika biasanya makan 3 kali sehari dan tiap makan porsinya besar, maka kurangi porsi tiap makan. Misalnya dikurangi sepertiga dari biasanya.

Tetapi, Anda bisa menambah waktu makan. Misalnya sehari makan 5 kali. Tetapi, porsinya lebih kecil biar pencernaan bisa bekerja dengan baik untuk melembutkan makanan yang Anda konsumsi.

Baca – Hindari 8 makanan penyebab sakit asam lambung.

2. Hindari Konsumsi Cemilan di Antara Waktu Makan

Kebiasaan mengonsumsi cemilan seperti roti tawar bisa membuat lambung kesulitan mencerna makanan. Sebab, makanan yang Anda konsumsi terlalu banyak.

Akibatnya, waktu yang diperlukan untuk mencerna makanan pun akan lebih lama. Maka, pilih makanan yang mudah diolah oleh pencernaan.

3. Jangan Minum Air Terlalu Banyak Saat Makan

Anda sebaiknya tidak minum saat sedang makan. Jika toh harus minum, jangan minum terlalu banyak. Biar pencernaan bisa bekerja dengan baik, yakni mengolah makanan yang Anda konsumsi.

4. Kunyah Makanan Sampai Lembut

Ketika makan jangan tergesa-gesa. Lakukan dengan benar supaya makanan bisa Anda kunyah sampai lembut. Cara ini membantu enzim mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah.

5. Waktu Makan Teratur, Jangan Terlambat

Ini adalah salah satu faktor utama mengatasi penyakit asam lambung. Makan tidak teratur waktunya atau sering terlambat dari waktu seharusnya menjadi penyebab terbanyak orang kena penyakit asam lambung.

Maka dari itu, usahakan untuk membuat jadwal makan teratur setiap hari. Disarankan jangan makan menjelang tidur malam. Paling tidak, jika makan harus dua jam sebelum tidur.

Baca – Hati-ahti 6 Makanan Bisa Menyebabkan Maag Kambuh

Makan menjelang tidur malam bisa membuat penyakit asam lambung kambuh ketika Anda sedang tidur.

6. Tidur dengan Posisi Kepala dan Dada Lebih Tinggi

Ketika tidur, usahakan posisi kepala dan dada lebih tinggi. Caranya, tambahkan bantal di bawah kepala, dada dan pinggang. Cara mencegah asam lambung naik dengan sederhana.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago