Daya Tahan Tubuh Anda Menurun Mudah Kena Virus

DI TENGAH merebaknya virus corona (covid-19) yang sudah memakan banyak korban jiwa, maka menjaga daya tahan tubuh sangat penting. Dengan daya tahan tubuh yang tinggi, kita tidak mudah terkena virus apa pun, termasuk virus corona.

Oleh karena itu, mempertahankan daya tahan tubuh sangat penting. Apalagi hingga kini belum ada vaksin untuk melawan virus corona.

Salah satu cara terpenting biar tetap sehat adalah selalu menjaga daya tahan tubuh. Kita harus menjaga agar daya tahan tubuh kita tetap tinggi dan tidak turun.

Baca – Anda Merasa Kena Virus Corona? Inilah Cara Mengatasinya

6 Tanda-tanda Daya Tahan Tubuh Menurun

Pertanyaan penting adalah bagaimana tahu bahwa daya tahan tubuh kita sedang menurun? Apa yang harus kita lakukan supaya daya tahan kita tidak turun?

Berikut ini 5 tanda-tanda daya tahan atau imunitas tubuh sedang menurun.

daya tahan tubuhdaya tahan tubuh
(foto:sains.kompas.com)

1. Gangguan pada Pencernaan

Terjadinya gangguan pada pencernan menandakan bahwa daya tahan fisik Anda menurun. Sekitar 70 % jaringan sistem kekebalan tubuh terletak pada saluran pencernaan.

“Jika terjadi gangguan pada pencernaan, ada kemungkinan itu tanda sistem kekebalan tubuh Anda sedang menurun,” kata ahli gizi, Lisa Richards, seperti dikutip oleh cnnindonesia.com.

Perut kembung dan sembelit yang terjadi terus-menerus menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada usus Anda. Jika sistem pencernaan sedang memburuk, ada baiknya Anda mengunjugi dokter atau melakukan terapi, baik dengan mengonsumsi obat herbal atau obat apotek.

Baca – Vietnam Bisa Cepat Bebas dari Corona – Bagaimana Caranya?

2. Stres Berkepanjangan

Jika Anda mengalami stres, usahakan jangan sampai berkepanjangan. Sesungguhnya stres adalah bentuk pertahanan kita terhadap lingkungan.

Tubuh akan mengeluarkan perpaduan hormon yang kompleks, misal adrenalin, kortisol, dan norepinephrine. Hal itu terjadi sebagai reaksi atas sesuatu.

Dampaknya bisa membuat volume aliran darah ke otot naik ataupun sistem pencernaan terhambat.
Jika hormon stres terus-menerus keluar, tak pelak tubuh ikut terdampak. Kondisi ini membuat cara kerja sistem imun tubuh akan terganggu.

Misalnya terjadi peradangan, sel darah putih berkurang, jaringan rusak, dan risiko terkena infeksi semakin tinggi.

3. Anda Mudah Merasa Lelah

Mungkin suatu saat Anda merasa tubuh sangat lelah atau mudah lelah. Bangun tidur rasanya malas. Jika kondisi seperti itu sering terjadi, Anda perlu waspada.

Mengapa? Karena kondisi seperti itu menunjukkan kekebalan tubuh Anda sedang turun. Tentu saja, dalam kondisi seperti itu, imunitas tubuh Anda tidak bisa bekerja dengan baik.

Baca – Manfaat Sinar Matahari – Bisa Melawan Virus Corona

Efeknya, tubuh harus bekerja ekstra untuk memerangi bakteri atau parasit. Inilah sebabnya Anda mudah erasa lelah, lesu dan letih.

4. Mudah Terkena Demam

Sehat dan sakit adalah dua hal yang selalu ada dalam kehidupan. Demikian pula dengan demam dan tidak demam.

Tetapi jika demamnya tidak segera sembuh atau sering kambuh, maka Anda perlu mewaspadainya. Bisa jadi hal itu karena ketahanan tubuh Anda menurun.

Tentu saja, Anda harus segera mengatasinya. Jika tidak, Anda mudah terkena penyakit, terkena virus seperti virus corona (covid-19), dsb. Tada awalnya antara lain ditandai dengan demam.

Apalagi, demam disertau influenza (flu). Ini membuat tubuh Anda sangat rentan atau mudah dijangkiti oleh penyakit.

Baca – Apakah Veneer Gigi Bisa Dilepas

6. Terjadi Diare, Mual dan Infeksi Saluran Pencernaan

Tanda lain bahwa kekebalan fisik turun adalah Anda menderita diare, mual dan infeksi saluran pencernaan. Maka, Anda harys segera menembuhkan ke-3 penyakit itu dan segera memperbaiki atau meningkatkan ketahanan tubuh.

5. Punya Luka yang Tak Kunjung Sembuh

Jika punya luka yang tidak kunjung sembuh, Anda juga perlu bertanya diri. Jangan-jangan itu pertanda daya tahan tubuh Anda sedang menurun.

Daya tahan tubuh yang turun bisa menyebabkan luka tidak cepat sembuh. Bahkan sampai memakan waktu agak lama seperti luka diabetes. Luka diabetes juga sulit sembuhnya.

Lain halnya jika imunitas tubuh Anda tinggi. Luka bisa segera disembuhkan. Bakteri mudah teratasi dan risiko terinfeksi juga bisa dihindari.

Cara Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Cara terbaik untuk mengatasi ketahanan tubuh yang menurun adalah segera meningkatkannya.

Banyak cara bisa Anda lakukan. Antara lain menerapkan pola hidup sehat, jangan stres, mengonsumsi suplemen, dsb. Anda harus mengembalikan daya tahan fisik Anda menjadi prima sehingga tidak mudah kena virus, termasuk virus corona (covid-19).

Baca selengkapnya – 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Tak Mudah Kena Virus.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Ana semua. Bisa bebas dari sengatan virus apa pun, termasuk virus corona (covid-19). Amiiin.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago