Categories: Berita Kesehatan

Diet untuk Penderita Maag – Bagaimana Cara yang Mudah?

DIET untuk penderita maag. Bagi Anda yang mengalami kegemukan, diet adalah solusi terbaik untuk menurunkan berat badan. Tetapi, bagaimana dengan Anda yang memiliki sakit maag atau sakit lambung?

Ya, kondisi seperti ini dialami banyak orang. Inginnya diet biar berat badan turun. Tetapi di sisi lain, lambung langsung terasa perih jika terlambat makan. Ini berarti penderita maag harus sering makan.

Lantas, bagaimana dietnya? Apakah orang yang punya sakit maag / sakit lambung bisa melakukan diet?

Ada Dua Model Diet untuk Menyembuhkan Maag dan Menurunkan Berat Badan

Sesungguhnya ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan sakit maag dan diet untuk menurunkan berat badan.

Diet untuk Penderita MaagDiet untuk Penderita Maag

maagnya kambuh (foto:jawapos.com)

Pertama adalah menyembuhkan penyakit maag dulu. Jika maag sudah sembuh, barulah Anda melakukan diet. Dengan cara ini, beban Anda akan lebih ringan.

Baca – Cara Melepaskan Veneer Gigi Sendiri

Kedua adalah menyembuhkan maag sekaligus melakukan diet. Yang ini tentu saja perlu pengaturan pola makan. Artinya, cara makan perlu diatur sedemikian rupa supaya program diet tetap jalan tanpa membuat lambung Anda terganggu. Atau membuat sakit lambung Anda kembali kambuh.

Mungkinkah itu? Ya, mungkin saja. Asal sungguh-sungguh, Anda pasti bisa menyembuhkan maag dan sukses diet. Caranya sangat mudah dan ringan. Bagaimana?

Cara Menyembuhkan Maag Dulu, Baru Diet Menurunkan Berat Badan

Kita bahas dulu solusi pertama. Sembuhkan dulu penyakit lambung / maag Anda. Caranya?

1. Selalu Makan Tepat Waktu – 3 Kali.

Anda ingin makan tiga kali sehari atau lima kali sehari terserah. Yang penting jadwal makan harus Anda patuhi. Jangan sering makan terlambat dari waktu yang seharusnya.

Buat saya, makan tiga kali lebih pas. Tidak merepotkan karena sebentar-sebentar harus makan. Selain itu, makan tiga kali sehari adalah sudah menjadi kebiasaan dan budaya orang Indonesia.

Dengan makan 3 kali sehari adalah paling nyaman. Yang penting tepat waktu. Jangan menunda makan dengan alasan apa pun.

Baca – Apakah Veneer Gigi Dapat Dilepaskan?

Kalau Anda masih suka menunda waktu makan, berarti Anda tidak ingin maagnya sembuh. Anda masih suka punya sakit maag.

2. Makan Malam Sebelum Pukul 19.00

Untuk makan malam, sebaiknya dilakukan sebelum pukul 19.00. Ini akan membuat lambung merasa nyaman. Selain itu, jarak antara makan dan tidur bisa lebih dari 2 jam. Berarti, pencernaan punya waktu cukup untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi dengan baik.

3. Mengonsumsi Madu Pahit

Kalau bisa, Anda minum madu pahit. Ya, madu pahit. Bukan madu manis. Ini cara ampuh (efektif) untuk mengatasi penyakit maag / lambung. Tidak percaya? Coba saja.

Jika dengan cara nomor 1 ini maag Anda sudah tidak pernah kambuh, Anda bisa mulai melakukan diet. Tentu saja, diet harus dilakukan sedemikian rupa sesuai aturan sehingga tidak mengganggu sakit maag Anda. Jika diet membuat maag kambuh berarti Anda salah dalam melakukan diet.

Cara Melakukan Diet dan Menyembuhkan Maag Bersamaan

Jika Anda memilih melakukan diet sambil menyembuhkan maag, bagaimana caranya? Berikut ini cara melakukan diet untuk penderita maag.

1.Makan Tepat Waktu, Hindari Makanan Pedas

Untuk menyembuhkan maag, Anda bisa melakukan pola makan seperti telah disinggung pada uraian di atas. Yakni, selalu makan tepat waktu, hindari mengonsumsi makanan minuman pedas dan asam, dan minum madu pahit.

Baca – 5 Tips Mencegah Sakit Diabetes pada Ibu Hamil

2. Mengurangi Porsi Makan

Saat melakukan diet, Anda memang harus mengurangi porsi makan. Misalnya, sebelum diet selalu makan nasi satu piring tiap kali makan, maka saat diet, porsi makan harus dikurangi.

Cara mengurangi porsi makan tidak harus seketika. Tetapi bisa dilakukan bertahap biar perut tidak terkejut. Misalnya, pada tahap awal, porsi makan dikurangi sepertiga dari porsi yang biasa Anda lakukan sebelumnya.

Jika dengan perubahan porsi makan sudah jalan, Anda bisa tingkatkan diet dengan hanya makan separo porsi dari porsi sebelum diet.

Pada tahap awal, perubahan porsi memang berat. Tetapi, jika sudah biasa akan lancar.

3. Waktu Makan Menjadi 5 Kali Sehari

Anda juga bisa mengubah waktu makan dari 3 kali sehari menjadi 5 kali sehari. Jadi, meskipun porsi kecil, tetapi waktu makan bertambah. Porsi kecil akan membuat pencernaan bisa bekerja dengan baik memproses makanan yang Anda konsumsi sehingga menjadi sempurna.

4. Pilih Makanan yang Mengenyangkan untuk Waktu Lama

Anda perlu memilih makanan yang mengenyangkan untuk waktu lama. Atau mengenyangkan tetapi tidak membuat badan Anda gemuk.

Dengan memilih makanan yang mengenyangkan untuk waktu lama membuat Anda tidak sering makan. Sebentar-sebentar ingin makan. Ini yang membuat tubuh Anda gemuk.

Makanan yang mengenyangkan untuk waktu lama, misalnya kentang panggang, telur, sup kacang merah, greek yogurt, buah apel, popcorn, buah ara, oatmeal, kedelai, alpukat, ikan salmon, sayuran non-pati seperti mentimun, bayam, brokoli, wortel, zucchini, seledri, kubis, kale, dan sup kaldu bening.

Baca – Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mentimun

Tentang penyakit maag gimana? Ya, penyembuhannya seperti telah disinggung di atas. Anda bisa padukan antara pengaturan pola makan untuk sakit maag dan diet. Dengan cara ini, penyembuhan keduanya (maag dan diet) akan berjalan bersama tanpa ada masalah.

Ada juga makanan pantangan. Anda bisa menggantinya dengan makanan lain. Misalnya jangan mengonsumsi aneka gorengan untuk diet. Nah, ganti saja dengan makanan yang sama tetapi direbus atau dipanggang.

Mengonsumsi tahu goreng, ayam goreng, daging goreng dilarang. Ganti aja dengan tahu bacem, ayam panggang atau dalam bentuk masakan lain.

Semoga artikel tentang diet untuk penderita maag ini bermanfaat untuk Anda.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago