Hati-hati dengan Efek Samping Veneer Gigi

Diposting pada

EFEK samping veneer gigi – Banyak hal harus Anda pertimbangkan sebelum pasang veneer gigi. Misalnya, adakah efek samping yang bakal timbul setelah pemasangan veneer.

Dengan mengetahui efek samping, maka Anda bisa menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi untuk veneer. Sekali pasang tidak bisa diganti.

Jadi, ada bahaya veneer gigi yang mungkin muncul di belakang hari. Bahaya atau efek samping veneer gigi harus Anda pikirkan sebelum pasang veneer. Ada baiknya masalah bahaya ini Anda diskusikan lebih dulu dengan dokter gigi.

Sebab, tidak semua orang cocok untuk pasang veneer gigi. Selain itu, ada beberapa pantangan yang harus dihindarkan setelah Anda pasang veneer.

Veneer gigi adalah upaya melapisi gigi bagian depan dengan bahan khusus. Tujuannya untuk membuat gigi tampak lebih putih, rata dan menutup kerenggangan. Dengan gigi putih dan rapi, Anda akan lebih percaya diri di tengah pergaulan dengan teman atau dengan siapa pun.

efek samping veneer gigi
Jangan makan buah keras, veneer bisa rusak (foto:jawapos.com)

Bentuk Bahaya atau Efek Samping Veneer Gigi

Apa saja bentuk bahaya atau efek samping veneer gigi?

1. Warna Gigi Bisa Berubah

Salah satu efek samping veneer gigi adalah warna gigi bisa berubah di belakang hari. Atau ada noda di tepian gigi. Walau tidak semua gigi akan hal seperti itu.

Umumnya hal itu terjadi akibat kelembaban ketika dokter memasang veneer. Perubahan terjadi setelah sekian tahun dari waktu pemasangan veneer. Jika sudah demikian, dokter tidak bisa memperbaikinya.

2. Terjadi Kesalahan Ketika Pemasangan Veneer

Ada kalanya terjadi kecelakaan minor waktu memasang veneer. Misalnya, posisi veneer tidak tidak pas dengan bentuk gigi. Kejadian ini bisa membuat gigi bagian luar tepi veneer akan mengalami kerusakan dan pembusukan.

Pemasangan veneer yang tidak pas persis dengan bentuk gigi tidak bisa diperbaiki karena lem perekat sangat kuat dan cepat kering.

Selain itu, pemasangan veneer yang tidak pas bisa membuat Anda sulit membersihkan gigi dengan baik. Bahkan, gusi Anda bisa terkena iritasi.

3. Gigi Makin Sensitif

Efek samping lain dari pemasangan veneer gigi adalah gigi Anda menjadi lebih sensitif. Sebab, dengan pemasangan veneer, gigi Anda tanpa enamel (pelindung) pada permukaan.

Sebaiknya Anda tidak makan atau minum dalam kondisi makanan / minuman panas. Jika ada melanggarnya, gigi akan terasa nyeri dan jaringan gigi Anda bisa mati.

4. Veneer Gigi Bisa Retak

Bahaya veneer gigi lainnya adalah jika bahan veneer gigi terbuat dari porselen. Veneer bisa retak di belakang hari. Bahkan, gigi yang dipasangi veneer dapat rusak saat Anda menggigit atau mengunyah benda keras. Misalnya es, pensil, kuku jari, dsb.

Jangan Lakukan Pantangan Veneer Gigi

Dengan adanya efek samping veneer gigi, maka Anda yang sudah memasang veneer sebaiknya menghindari pantangan veneer gigi seperti berikut:

1. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang masih panas.

2. Jangan mengonsumsi makanan / minuman yang bisa membuat warna gigi tidak putih lagi. Misalnya sering mengonsumsi minuman kopi, teh, wine, dsb.

2. Jangan menggigit dan mengunyah benda / makanan yang keras. Ya, benda apa saja, termasuk makanan dan buah. Kalau tetap ingin mengonsumsi makanan keras, makanan sebaiknya dipotong kecil-kecil atau dilembutkan dulu.

3. Jangan mengunyah atau mengigit makanan dengan gigi depan.

Penutup

Pemasangan veneer gigi sangat mahal. Maka, sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat usia veneer gigi tidak maksimal. Misalnya, veneer mudah rusak, gigi tidak putih lagi, dsb. Semoga Anda sukses untuk memutihkan gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *