7 Alat Fitness di Rumah – Harga Murah Bikin Tubuh Selalu Sehat

Diposting pada

BANYAK cara sehat bisa Anda lakukan biar badan selalu segar dan bugar. Salah satunya dengan melakukan gerakan fitness di rumah. Ya, fitness di rumah. Anda tidak perlu ke tempat gym yang jauh dan berbiaya tinggi.

Bahkan, melakukan fitness di rumah bisa dilakukan dengan peralatan yang sederhana. Peralatan yang tidak terlalu mahal. Yang penting gerakan fitness atau olahraganya. Bukan alat fitnessnya yang hebat atau alat fitness yang mahal harganya.

Yang penting, menurut dr Michael Triangto, Sp.KO seperti dikutip Kompas.com, fitness di rumah harus dilakukan dengan benar.  Melakukan fitness dengan benar bisa memperkuat ketahanan tubuh sehingga tidak mudah kena penyakit.

Tetapi, kalau Anda lebih suka berolahraga di pusat kebugaran karena temannya banyak dan biaya tidak masalah, ya tak apa-apa. Silakan saja.

Baca – Salep Antibiotik untuk Menyembuhkan Luka Diabetes

Ya, segala sesuatu ada plus minusnya. Di tempat kebugaran, alat fitness tersedia dengan banyak dan lengkap. Mungkin ada pelatihnya juga, dsb.

Daftar Alat Fitness di Rumah yang Bisa Kamu Pilih

Jika Anda pilih melakukan fitness di rumah karena berbagai alasan, berikut ini beberapa alat finess di rumah yang bisa Anda pilih. Anda bisa mendapatkan alat fitness di rumah dengan harga murah.

Antara lain:

alat fitness di rumah
angkat barbel (foto:review.bukalapak.com)

1. Angkat Beban dengan Barbel

Salah satu jenis fitness di rumah adalah angkat beban. Untuk melakukan gerakan fitness ini, Anda hanya perlu menyediakan satu sampai dua buah barbell atau dumbbell.

Anda bisa mendapatkan barbell atau dumbbel di toko online atau toko olahraga. Anda perlu memilih barbel berat berapa. Satu kilogram, dua kilo, 5 kilo, dan seterusnya sesuai dengan kemampuan Anda mengangkat barbel.

Ada barbel dari plastik dan dari besi. Barbel dari plastik berat 1 kg harga Rp 10.500. Ini sangat laris. Harga sesuai dengan berat barbel. Barbel berat 6 kg, harga Rp 70.000.

Barbel dari besi tentu lebih mahal. Umumnya pembeli orang yang sudah berpengalaman. Harganya ratusan ribu sampai jutaan sesuai dengan jenis dan berat barbel.

Baca – Sepeda Statis untuk Mencegah Stroke, Menurunkan Berat Badan

Jika Anda berlatih menggunakan barbel besi yang berat, menurut dr Zini KS, dokter olahraga di PSSI, jangan melakukan lebih dari 2 kali seminggu. Apalagi pemula, Perlu latihan angkat badan sendiri dan baru angkat beban barbel besi.

2. High Knee Running in Place

Jenis fitness di rumah lainnya adalah high knee running in place alias lari di tempat. Supaya lebih nyaman, Anda bisa melakukan fitnes ini dengan menggunakan treadmill.

Dengan menggunakan treadmill, Anda seperti berjalan cepat atau lari tetapi badan tetap di treadmill itu. Yang bergerak adalah landasan tempat Anda berjalan atau berlari.

Treadmill dilengkapi dengan alat pengukur berapa panjang Anda lari, berapa lemak yang terbakar, dsb. Dengan cara ini, Anda bisa memastikan berapa lemak yang sudah terbakar hari ini. Berapa seharusnya lemak terbakar tiap hari agar Anda selalu sehat.

Harga peralatan fitness di rumah ini tergolong agak mahal. Harga dari Rp 1 jutaan sampai Rp 5 jutaan. Tergantung jenis treadmillnya. Tetapi, alat olahraga atau alat fitness ini juga banyak peminatnya.

3. Gerakan Fitness Plank

Gerakan fitness plank juga banyak peminatnya. Gerakan plank merupakan jenis latihan keseimbangan.

Gerakan ini memfokuskan latihan pada kekuatan tubuh di bagian tengah. Melakukan plank bisa melatih bagian otot lengan, bahu, perut, dan paha.

Dengan gerakan fitness plank, otot perut kamu bisa kencang. Perut buncit pun bisa dirampingkan. Plank adalah pilihan terbaik untuk hidup sehat.

Cara melakukannya adalah dengan posisi berbanding menghadap ke lantai. Lalu tempelkan bagian siku di lantai seperti akan melakukan push-up.

Baca – 10 Sepeda Statis – Bisa Bikin Badan Langsing dan Sehat

Bedanya, kamu tidak perlu melakukan gerakan naik turun. Pertahankan saja posisi itu selama beberapa detik hingga beberapa menit.

4. Squat Jump untuk Mengencangkan Otot Kaki

Squat juga termasuk fitness terbaik untuk mengencangkan dan membentuk otot kaki. Fitnes ini merupakan jenis olahraga yang bertujuan untuk melatih kekuatan kaki.

Cara melakukan squat jamp bisa Anda mulai dengan posisi tubuh berdiri tegak. Kedua tangan diletakkan di bagian belakang kepala.

Lalu, silakan berjongkok dan melompat untuk kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan fitness ini sampai beberapa kali.

5. Step-up Atau Naik Turun Tangga

Di rumah Anda ada tangga untuk naik ke lantai dua? Jika ada, Anda cukup berolahraga atau melakukan fitness di rumah dengan cara naik turun tangga.

Fitnes ini merupakan olahraga naik turun tangga yang sangat baik untuk membentuk otot kaki. Lakukan berulangkali sampai 10 kali. Jika kelelahan, ya istirahatlah kamu.

Dengan naik turun tangga yang agak cepat, Anda bisa membakar banyak lemak sehingga bisa membuat hidup Anda selalu sehat.

6. Lompat Tali atau Tali Skipping

Olahraga sehat ini sudah dikenal sejak lama. Caranya sangat mudah dan tidak perlu alat fitness mahal. Cukup beli tali lompat tinggi yang banyak dijual di toko online.

Harganya bervariasi. Dari Rp 10.000-an sampai ratusan ribu rupiah.

Lompat tali merupakan jenis olahraga terbaik untuk melatih kardiovaskular. Dapat meningkatkan detak jantung dan melatih lengan, bahu, kaki, dan otot inti.

Tentu saja, tali untuk lompat tinggi ini mudah dibawa ke mana saja. Bisa disimpan di mana saja di rumah. Pokoknya, ini adalah jenis fitness di rumah murah meriah. Yang penting Anda akan selalu sehat.

7. Resistance band – Terbuat dari Karet

Anda juga bisa melakukan gerakan fitness dengan memilih alat fitness resistance band. Alat olahraga ini terbuat dari karet dan alat olahraga serbaguna.

Dengan menggunakan alat olahraga ini, Anda bisa melatih seluruh bagian tubuh Anda. Kamu dapat membeli paket resistance band yang terdiri dari beberapa level ketahanan.

Anda dapat memilih alat olahraga yang paling ringan atau berat. Misalnya, menggunakan resistance band ringan untuk melatih otot lengan. Bisa juga menggunakan yang sedang atau yang berat untuk melatih bagian bawah tubuh.

Jadi, jenisnya macam-macam. Ya, fitness ini sama dengan menarik tali karet untuk dibentangkan ke atas, ke samping, dsb. Jenis fitness ini bisa mengencangkan berbagai bagian tubuh Anda sesuai dengan gerakan Anda.

Penutup

Meskipun fitnes di rumah, jika Anda bisa melakukannya dengan baik dan rutin, Anda akan selalu hidup sehat. Bentuk tubuh Anda juga akan ramping dan atletis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *