Harga Tambal Gigi Depan Patah Murah – Manual, Pakai Laser |

Diposting pada

TANPA sengaja, gigi Anda patah. Mungkin menggigit tulang kambing, tiba-tiba gigi Anda patah. Jika itu terjadi, bisakah gigi yang patah ditambal? Berapa harga tambal gigi depan patah?

Gigi depan, terutama bagian atas memang paling rawan patah. Dari berbagai kejadian, 90 % gigi patah adalah gigi depan atas. Apalagi, posisi depan atas agak maju. Kemungkinan patah lebih besar jika Anda menggigit sesuatu yang keras.

Mengapa gigi patah terbanyak terjadi pada gigi depan atas? Ya, posisi gigi atas memang berada di depan. Gigi depan bawah berada di belakangnya. Maka, ketika Anda menggigit benda keras, yang bekerja lebih keras adalah gigi depan atas.

Selain gigi patah, adakalanya gigi depan berlubang. Sebaiknya gigi depan berlubang juga ditambal. Apalagi, gigi berlubang bisa menimbulkan rasa sakit yang berat.

Maka, jika diketahui ada gigi depan berlubang, segera pergi ke dokter gigi. Biaya penambalan gigi depan tidak mahal. Yakni Rp 100 ribu sampai Rp 350 ribu. Tergantung keparahan gigi berlubang yang harus ditambal.

harga tambal gigi depan patah
(foto:hellosehat.com)

Jenis-jenis Perawatan Gigi Depan yang Patah dan Cara Menambal

Tetapi, penyebab utama gigi depan patah adalah karena benturan. Lokasi benturan juga mempengaruhi tingkat gigi patah.

Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati jangan sampai gigi depan Anda patah. Baik karena benturan dengan sesuatu, karena menggigit benda keras, atau sebab lain.

Perawatan terhadap gigi patah, yang utama adalah mengurangi rasa sakit. Syukur rasa sakit bisa hilang sama sekali.

Perawatan lainnya adalah memperbaiki fungsi gigi, memperbaiki tampilan dan estetika gigi, serta mempertahankan agar gigi tetap dalam posisinya. Maksudnya, gigi tidak perlu dicabut.

Gigi patah terdiri dari dua tipe. Yakni, gigi patah vertikal (ke atas) dan gigi patah horizontal (ke samping).

Dengan perawatan khusus, kondisi gigi patah dapat tampil seperti semula (sebelum patah). Tentu saja, ini tergantung pada kedalaman patahan. Jika gigi patah tidak mengenai saluran gigi, perbaikannya bisa mudah dan tidak memakan waktu lama.

Lain halnya jika gigi patah juga mengenai area saluran akar. Maka, harus dilakukan perawatan saluran akar (PSA) terlebih dulu.

Sebelum menentukan jenis parawatan harus lebih dulu dilakukan pemeriksaan khusus seperti pemeriksaan klinis, rontgen, dsb.

Perawatan Gigi Patah dengan Mahkota Gigi Tiruan

Perbaikan estetika perlu dilakukan jika gigi yang patah hanya lapisan terluar atau email. Dokter hanya menambal bagian yang patah.

Adakalanya perawatan yang bisa dilakukan dengan mahkota gigi tiruan. Mahkota gigi ini terbuat dari beberapa bahan. Misalnya dari metal-porcelain, ceramic, dan resin.

Berapa biaya menambal gigi depan yang patah? Ya, tergantung pada jumlah gigi yang patah, tingkat kesulitan, dan kebijakan dokter yang merawatnya.

Untuk tambalan sementara sekitar Rp 100 ribuan. Bahkan di Puskesmas hanya puluhan ribu. Tetapi jika ditambal estetik atau menggunakan laser, biayanya lebih mahal.

Biaya menambal gigi yang patah:

Biaya di sini hanya sebagai acuan. Sebab, masing-masing pemberi layanan bisa memberi harga (biaya) tidak sama.

  • Tambalan sederhana : Rp 15.000
  • Tambalan tetap : Rp 70.000
  • Perawatan / penambalan di Puskesmas
  • Tambalan Amalgam : Rp 18.400 – Rp 46.000
  • Tambalan GIC : Rp 24.300 – Rp 64.500
  • Tambalan komposit light cured : Rp21.550 – Rp52.000
  • Tambalan komposit light cured (sedang) : Rp 38.900 – Rp 73.500

Penambalan Gigi Depan Pakai Laser Tidak Sakit

Dengan kemajuan teknologi, kini juga ada layanan tambal gigi depan dengan laser. Penambalan gigi menggunakan laser tidak menimbulkan rasa sakit. Berbeda dengan tambal gigi secara manual.

Hanya saja, biaya atau harga penambalan gigi menggunakan laser lebih mahal. Yaitu sampai Rp 300 ribu. Ingin memilih yang mana? Cara manual atau menggunakan laser?

Penambalan gigi berlubang dilakukan di rumah sakit atau dokter gigi yang memberikan jasa penambalan menggunakan laser. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *