makanan untuk penderita diabetes

Hati-hati Memilih Makanan untuk Penderita Diabetes

Diposting pada

MAKANAN untuk penderita diabetes harus dipilih dari makanan yang benar-benar sehat dan menyehatkan. Artinya, makanan yang dikonsumsi harus aman. Apalagi bagi penderita yang tingkat penyakitnya sudah akut atau kronis.

Memilih makanan untuk penyakit diabetes harus menjadi priotitas utama. Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan yang belum dipastikan aman baginya.

Ya, kalau makanan itu tidak menyebabkan kadar gula darahnya naik, tidak masalah. Tetapi kalau ternyata makanan itu membuat kadar gula darahnya naik tinggi, wahh.. bahaya.

Oleh karena itu, sebelum dikonsumsi, makanan harus dipastikan aman. Tidak menyebabkan gula darah naik atau tidak menyebabkan penyakit diabetes yang dideritanya meningkat.

Daftar 9 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes yang Bisa Anda Konsumsi

makanan untuk penderita diabetes

Pertanyaannya, makanan apa saja yang terbaik untuk penderita diabetes? Sebaliknya, makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita diabetes?

Risiko yang dialami oleh penderita diabetes jika ternyata mengonsumsi makanan pantangan adalah terkena penyakit jantung, kerusakan saraf, gagal ginjal, kehilangan kesadaran (kom), dsb.

Oleh karena itu, penderita diabetes harus ekstra hati-hati memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Makanan yang bisa dikonsumsi harus mengikuti pola makan khusus atau terapi nutrisi medis.

Terapi medis dengan membuat makanan dengan resep khusus makanan bagi penderita diabetes. 

Terapi medis ini meminta penderita diabetes untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi rendah lemak dan kalori. Dengan cara itu, kadar gula darah mereka dapat tetap terkontrol.

Makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut ini antara lain makanan terbaik untuk penderita sakit diabetes.

1. Makanan yang dibuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks. Contohnya ubi panggang, nasi merah, oatmeal, roti, dan sereal dari biji-bijian utuh.

Mengonsumsi nasi merah sangat penting sebagai pengganti nasi putih. Nasi merah rendah gula. Nasi putih tinggi kadar gulanya.

Mengonsumsi nasi jagung juga sangat baik untuk menggantikan nasi beras putih. Nasi jagung rendah glikemik sehingga aman untuk penderita diabetes.

2. Daging yang bersih dari lemak atau ayam tanpa kulit. Selain itu, mengonsumsi daging jangan digoreng dengan minyak.

Makanan untuk Penderita Diabetes dari Sayuran

3. Sayuran rebus, sayuran kukus, dipanggang, atau dimakan dalam keadaan mentah. Sayuran terbaik untuk penderita diabetes, antara lain brokoli dan bayam.

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular yang disebabkan oleh diabetes.

Adapun sayur bayam mengandung nutrisi lutein yang baik unyuk penderita diabetes, terutama untuk bagian mata.

Tomat juga bagus untuk menurunkan atau menormalkan gula darah. Tomat mengandung likopen dan lutein. Mampu melindungi ginjal dan pembuluh darah akibat diabetes. Minum jus tomat tiap hari dapat mengurangi risiko penggumpalan darah karena diabetes.

Sawi, bok choi dan kubis juga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Buah-buahan segar. Bisa dikonsumsi langsung atau dibua jus. Jika dibuat jus jangan ditambah gula. Bahaya…

5. Segala jenis kacang-kacangan, termasuk makanan yang dibuat dari kacang-kacangan. Misalnya tahu dan tempe yang dibuat dari kacang kedelai. Tahu / tempe bisa dikukus, dibuat sup, atau ditumis.

Jenis kacang-kacangan meluputi kacang almond, kacang kenari, kacang mete, kacang pstachio, kacang tanah, dan kacang merah.

6. Popcorn tawar. Maksudnya, popcorn yang tidak manis, tidak asin, dsb.

7. Produk olahan susu yang rendah lemak. Misalnya yoghurt dan telur. Mengonsumsi yoghurt rendah lemak tanpa pemanis tambahan bisa menghindarkan Anda dari penyakit diabetes tipe 2.

8. Ikan tuna, salmon, sarden dan makarel. Tetapi, hindari konsumsi ikan tongkol. Selain itu, ikan tuna, salmon, sarden dan makarel sebaiknya tidak digoreng menggunakan minyak.

9. Makanan untuk penderita diabetes, dark dark chocolate.

Bisa mempercepat pengolahan glukosa darah dan mengurangi resistensi insulin. Yang jauh lebih penting dengan mengonsumsi dark chocolate adalah bisa mengurangi nafsu makan berlebih

Penutup

Demikian artikel mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan adalah faktor penting yang bisa menyebabkan gula darah naik atau turun. Menyebabkan penyakit diabetes meningkat atau normal. Maka, hati-hati memilih makanan untuk penderita sakit diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *