Kenali Beberapa Jenis Asuransi Kesehatan – Pilih yang Terbaik

Diposting pada

tanpadiabetes.com – Kini biaya kesehatan cukup tinggi. Terutama untuk tindakan berat seperti operasi. Tanpa asuransi, orang akan merasa berat menyediakan biaya perawatan kesehatan. Tetapi untuk menjadi nasabah asuransi, kita perlu mengenali dulu jenis asuransi kesehatan.

Mengapa? Karena layanan yang diberikan oleh pihak asuransi banyak dan beragam. Anda perlu memilih layanan mana yang Anda inginkan berkaitan dengan risiko-risiko yang mungkin terjadi pada diri Anda ataupun keluarga Anda.

Maka, kita perlu mengenali berbagai jenis asuransi kesehatan. Selain supaya pilihan kita tepat, juga bisa menggunakannya secara optimal dan benar. Kita bisa mendapatkan yang terbaik dari asuransi demi kesehatan tubuh kita.

Dua Jenis Proteksi Ketika Anda Dirawat di Rumah Sakit

Salah satu jenis asuransi kesehatan di Indonesia yang ditawarkan pihak asuransi kesehatan adalah rawat inap di rumah sakit ketika Anda harus dirawat di rumah sakit.

Ada dua jenis proteksi yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Proteksi dengan sistem kartu (klaim dengan kuitansi asli).

jenis asuransi kesehatan

Dengan sistem ini, Anda cukup menunjukkan kartu provider (pihak asuransi) apabila Anda  harus dirawat inap di rumah sakit. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perawatan.

Sebab, seluruh biaya selama dirawat rumah sakit sudah ditanggung oleh pihak asuransi. Baik untuk biaya pembelian obat, operasi, kunjungan dokter maupun yang lain.

Baca – 6 Manfaat dari Asuransi Kesehatan Manulife

Tentu saja, pembayaran biaya rumah sakit sesuai dengan kelas kepesertaan asuransi. Jadi, penggantian biaya rumah sakit sesuai dengan premi yang Anda bayarkan.

Proteksi ini cocok bagi pegawai swasta, wiraswasta atau pekerja lepas yang belum mempunyai proteksi rawat inap.

2. Proteksi dengan Sistem Reimbursement

Ketika Anda dirawat di rumah sakit, Anda membayar dulu seluruh biaya rumah sakit. Dari bukti pembayaran di rumah sakit, Anda ajukan klaim ke pihak asuransi.

Proteksi dengan sistem reimbursement seperti itu adalah tunjangan (penggantian biaya) rawat inap harian.

Contoh, Anda dirawat di rumah sakit 7 hari. Maka, maka tunjangan rawat inap akan dikalikan 7.

Misalnya tunjangan rawat inap per hari Rp 400,000, maka Anda akan mendapatkan penggantian Rp 400,000×7=Rp 2.800.000).

Proteksi atau perlindungan ini cocok untuk Anda yang punya asuransi dari perusahaan. Proteksi reimbursement hanya untuk menambah kekurangan biaya rawat inap saja.

Proteksi Penyakit Kritis untuk Usia 40 Tahun Lebih – Jenis Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi kesehatan di Indonesia lainnya adalah khusus bagi Anda yang berusia 40 tahun lebih. Tawaran jenis asuransi khusus berdasar usia ini karena usia 40 tahun ke atas rentan terkena penyakit.

Ada dua jenis proteksi untuk usia 40 tahun lebih, yaitu:

A. Proteksi Sakit Kritis.

Dengan produk ini, pihak asuransi hanya memberi proteksi ketika Anda telah stadium kritis. Ketika penyakit masih stadium awal dan menengah, maka proteksi belum bisa diklaim.

Apabila peserta asuransi meninggal dunia dan tidak pernah mengajukan klaim, maka asuransi penyakit kritis ini dapat berubah jadi santunan meninggal ke ahli waris.

B. Proteksi Ketika Pasien Kritis di Semua Stadium.

Proteksi sakit kritis ini mulai dari stadium awal, menengah hingga stadium akhir. Jika pemegang polis meninggal dunia dan tidak pernah mengajukan klaim, maka pihak asuransi tidak bisa menambah santunan meninggal ke ahli waris.

Itulah gambaran umum jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja, tiap perusahaan asuransi akan menawarkan jenis asuransi yang lebih beragam.

Prudential Tawarkan 5 Jenis Asuransi Kesehatan

Perusahaan Asuransi Prudential, misalnya, menawarka 5 produk asuransi kesehatan untuk perorangan dan keluarga. Kelima macam asuransi kesehatan Prudential itu adalah:

1. PRUPrime Healthcare

Jenis Asuransi Kesehatan Prudential jenis ini memberikan perlindungan komprehensif. Yakni, perlindungan berupa pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit. Baik untuk biaya rawat inap, rawat jalan, dan tindakan bedah. Jangkauan layanan sampai ke Malaysia dan Singapura.

Selain itu, juga memberikan fasilitas cashless. Biaya perawatan di rumah sakit langsung dibayar oleh pihak asuransi.

Anda dan keluarga Anda tidak perlu memikirkan biaya rumah sakit. Melainkan bisa fokus melayani pasien.

2. PRUPrime Healthcare Plus

Model Asuransi Kesehatan Prudential lainnya adalah PRUPrime Healthcare Plus. Layanan jenis ini sama dengan jenis nomor 1. Cuma layanan yang ini sampai ke seluruh dunia. Di sini ada fleksibilitas dalam memilih tipe kamar dan area perlindungan sesuai dengan kebutuhan.

3. PRUHospital & Surgical Cover Plus

Yang ini fokus pada rawat inap. Menggunakan sistem cashless, asuransi mengganti seluruh biaya rawat inap, ICU, dan pembedahan sesuai dengan plan yang diambil.

4. PRUMed Cover

Jenis ini memberikan manfaat tunjangan harian rawat inap, ICU, dan pembedahan. Jika nasabah menderita kecelakaan di luar negeri dan harus dirawat di rumah sakit, maka pihak asuransi juga akan memberikan manfaat dua kali lipat.

5. PRUCritical Hospital Cover

Jenis asuransi kesehatan Prudential ini memberikan perlindungan komprehensif atas kondisi kritis. Mulai evakuasi medis sampai pemulihan.

Kondisi kritis yang dimaksud antara lain kena serangan jantung, gagal ginjal, kanker, dan pemantauan kesehatan selama 5 tahun.

Tetapi, ke-5 jenis asuransi kesehatan di atas bisa dimiliki jika Anda telah punya polis dasar. Yaitu PRULink Generasi Baru.

Semoga artikel tentang asuransi kesehatan ini bermanfaat untukAnda semua. Meskipun artikel ini belum mencakup semua jenis asuransi kesehatan yang diberikan oleh berbagai perusahan asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *