SANGAT penting bagi penderita sakit asam lambung untuk menghindari larangan makanan asam lambung. Meskipun Anda rajin minum obat asam lambung, bisa jadi obat tidak akan berpengaruh banyak jika Anda tetap mengonsumsi larangan makanan asam lambung.

Oleh karena itu, mengetahui makanan apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita sakit asam lambung sangat penting. Setelah tahu, Anda harus menjauhi larangan makanan asam lambung. Dengan cara ini, penyakit lambung Anda akan segera sembuh.

Tidak percaya? Coba saja. Anda rajin minum obat asam lambung, tetapi di sisi lain, tiap makan Anda mengonsumsi sambal yang pedas. Dijamin sakit asam lambung Anda akan sering kambuh.

Menurut dr. Andreas, SpPD, dokter RS Santa Elisabeth Purwokerto, Jawa Tengah, penderita asam lambung memang perlu menghindari makanan dan minuman, terutama yang mengiritasi. Selain itu juga perlu menghindari makanan minuman rasa asam, pedas, kecut, dan beberapa jenis bahan makanan atau obat tertentu seperti yang mengandung kafein.

Baca – 10 Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Lambung

7 Larangan Makanan Asam Lambung yang Harus Anda Jauhi

Lantas, larangan makan asam lambung apa saja yang harus Anda jauhi atau hindari? Berikut ini 7 makanan yang harus Anda jauhi karena bisa menyebabkan asam lambung Anda kambuh jika Anda mengonsumsinya.

1. Makanan Rasa Pedas

Makanan rasa pedan adalah larangan makanan asam lambung nomor satu. Pengaruhnya terhadap kesehatan lambung sangat cepat begitu Anda mengonsumsi makanan ini.

Misalnya cabai, sambal, saus cabai, saus tomat, dan makanan yang yang mengandung merica atau lada berlebih. Nah, penderita asam lambung mulailah menghindari makanan larangan asam lambung ini.

Larangan Makanan Asam Lambung
(foto:manado.teribunnews.com

2. Makanan Rasa Asam

Makanan larangan ini juga cepat pengaruhnya terhadap kambuhnya penyakit asam lambung. Ya, hampir sama dengan makanan rasa pedas.
Makanan asam dapat meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan rasa asam akan menyebabkan refluks asam dan memperburuk penyakit lambung Anda.

Baca – Cemilan yang Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Misalnya makanan yang diberi cuka, buah yang memiliki rasa asam seperti beberapa buah jeruk, nanas, dsb.

3. Makanan yang Mengandung Gas

Beberapa makanan yang mengandung banyak gas (kandungan gas tinggi) juga bisa menjadi penyebab asam lambung naik. Oleh karena itu, Anda harus menghindari makanan-makanan ini. Misalnya sayur sawi, kembang kol, dan buah nangka.

4. Makanan Rasa Manis

Makanan rasa manis memang disukai banyak orang, terutama anak-anak dan remaja. Tetapi, penderita asam lambung perlu menghidari makanan manis karena tergolong larangan makanan asam lambung tinggi.

Mengapa? Makanan manis mengandung gula refinasi yang bisa menyebabkan kadar insulin naik tinggi. Efeknya terjadilah fluktuasi gula darah. Saat kadar gula darah naik, maka lambung akan terasa perih. Kondisi itu bisa membuat Anda keluar banyak keringat dan gemetar.
Makanan manis, misalnya sirup, gula-gula, roti manis, dsb.

5. Makanan Minuman Tinggi Lemak

Makanan minuman tinggi lemak bisa membuat otot katup kerongkongan bagian bawah melemah. Efeknya, asam lambung mudah naik ke kerongkongan karena katup kerongan mudah terbuka. Gejalanya berupa rasa nyeri di dada seperti terbakar.

Dampak buruk lain dari konsumsi makanan minuman berlemak adalah lepasnya hormon cholecystokinin. Kondisi ini bisa membuat katup kerongkongan terbuka dan asam lambung naik.

Makanan tinggi lemak, misalnya susu dan produk olahannya, daging api, kambing dan domba, aneka makanan gorengan, kue, eks krim, dsb.

6. Aneka Gorengan – Larangan Makanan Asam Lambung

Aduhh, tiap hari aku mengonsumsi makanan gorengan atau makanan yang digoreng. Tahu goreng, tempe goreng, lele goreng, ayam goreng, daging goreng, dsb.

Untuk menghindari sakit asam lambung sering kambuh, ya batasi konsumsi aneka goreng. Syukur bisa menghindari sama sekali. Anda ganti dengan masakan lain. Meskipun bahannya sama.

Misalnya masakan direbus, ditumis, dsb. Pokoknya, Anda mengolah bahan yang sama dengan jenis masakan yang lain tanpa digoreng. Mengapa kita harus menghindari aneka gorengan. Karena mengandung banyak lemak trans. Bisa menyebabkan sakit asam lambung.

7. Larangan Makanan Asam Lambung – Mengonsumsi Minuman Berkafein

Makanan lain yang juga harus Anda hindari biar sakit asam lambung tidak kambuh adalah minuman berkafein seperti minuman kopi atau minuman teh. Jika toh minum, jangan banyak dan jangan tiap hari.

Tujuannya supaya penyakit asam lambung bisa cepat sembuh. Minum teh juga mengandung kafein seperti minuman kopi sehingga harus Anda hindari.

Baca – Tips Jitu tentang Pertolongan Pertama Ketika Maag Kambuh

Minuman berkafein bisa melemahkan otot pada katub kerongkongan bagia bawah. Akibatnya, sakit asam lambung sering kambuh. Tentu saja, kondisi ini sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Demikian artikel mengenai Larangan Makan Asam Lambung yang harus Anda hindari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Yakni, bisa terhindar dari sakit asam lambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website