LARANGAN makanan diabetes. Penderita penyakit diabetes harus selalu menghindari makanan yang bisa menyebabkan diabetes yang dideritanya terus meningkat. Anda jangan coba-coba melanggar larangan ini.

Apalagi penyakit diabetesnya sudah parah. Stadium 4, misalnya. Maka, pilihan makanan yang akan dikonsumsinya harus benar-benar diperhatikan. Pilihan makanan bukan atas dasar selera. Makanan enak dan tidak enak.

Tetapi, makanan yang akan dikonsumsi harus didasarkan pada manfaatnya. Yakni, makanan yang menyehatkan. Kalau makanan itu justru menyebabkan sakit Anda bertambah parah, ya jangan dimakan.

Lebih-lebih untuk penderita diabetes. Harus benar-benar menghindari larangan makanan untuk diabetes. Anda harus bertekad tidak ingin mengonsumsi makanan larangan. Anda berkomitmen ingin selalu sehat.

Oleh karena itu, jangan mudah tergoda. Sebaliknya, Anda harus selalu menurunkan gula darah biar gula darah normal dengan ukuran sesuai usia Anda.

Daftar Larangan Makanan Diabetes dan Alasannya

larangan makanan diabetes

Makanan apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut daftar larangan makanan diabetes.

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Anda perlu menghindari makanan yang kandungan karbohidratnya tinggi. Makanan yang banyak kabohidratnya bermanfaat menambah energi atau tenaga. Jadi, karbohidrat tinggi perlu bagi pekerja keras.

Tetapi, Anda yang menderita diabetes harus menghindari makanan berkarbohidrat tinggi. Begitu mengonsumsi karbohidrat tinggi, gula darah Anda juga langsung naik drastis. Misalnya nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Demikian pula sereal yang mengandung banyak gula, tetapi rendah serat. Anda harus menghindarinya.

Baca – 15 Pantangan Makanan untuk Penderita Penyakit Gula Kering

Untuk menurunkan gula darah sehingga diabetes Anda bisa turun, Anda perlu mengganti dengan konsumsi beras merah, roti dari biji-bijian utuh, atau ubi jalar yang dipanggang.

2. Aneka Gorengan, Makanan yang Digoreng

Larangan makanan diabetes lainnya adalah aneka gorengan. Daging goreng, tahu goreng, ayam goreng, tempe goreng, dsb. Proteinnya tinggi tetapi bisa membuat diabetes makin bertambah berat.

Anda bisa mendapatkan asupan protein yang cukup dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

3. Produk Susu: Full Cream, Es Krim, Youghurt, Keju

Produk susu yang menjadi larangan makanan diabetes adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Jika Anda ingin tetap bisa minum susu per hari satu kali, maka Anda dan para penderita diabetes lainnya bisa mengonsumsi susu lain yang aman. Misal susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

4. Sayuran Jangan Ditambah Saus, Keju

Sayuran sangat besar manfaatnya untuk kesehatan. Mengonsumsi sayuran selalu dianjurkan agar tubuh sehat. Sebab, sayuran merupakan sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tetapi jika sayuran dimakan dengan tambahan saus, keju, dan mentega, itu bisa menyebabkan diabetes makin parah.

Demikian pula sayur kalengan. Hendaknya Anda menghindarinya karena sayuran kaleng banyak garamnya. Sayuran yang ditambahkan acar juga harus Anda hindari.

Biar aman dari gangguan diabetes, maka Anda sebaiknya mengonsumsi sayuran segar. Anda boleh makan sayuran dalam kondisi mentah atau dikukus sebentar atau dipanggang.

5. Minuman Sangat Manis – Larangan Makanan Diabetes

Minuman yang sangat manis juga harus Anda hindari. Jika Anda konsumsi bisa menjadi sumber penyebab diabetes naik. Maka, Anda harus menghindari larangan makanan diabetes, termasuk minuman. Contoh minuman manis adalah minuman teh, soda kaleng dan botol, kopi, sirup, dan limun.

Baca – Kenali Gejala Sakit Diabetes – Anda Bisa Segera Mengatasinya

Minuman-minuman manis itu juga mengandung fruktosa. Yakni zat yang terkait dengan resistensi (peningkatan) insulin dan diabetes. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman manis bisa meningkatkan risiko diabetes.

Kadar fruktosa tinggi dalam minuman manis akan mengubah metabolik. Efeknya bisa meningkatkan lemak di perut, kadar kolesterol dan trigliserida yang dapat membahayakan kesehatan.

6. Lemak Trans di Margarin, Selai Kacang, Gorengan

Hati-hati dengan makanan yang mengandung lemak trans. Misalnya margarin, selai kacang, selai, creamer dan gorengan. Biskuit, roti manis, bolu, dan makanan panggang lain juga mengandung lemak trans. Produsen menambahkan lemak trans supaya produknya lebih awet atau tahan lama.

Walaupun tidak langsung berakibat naik gula darah, tetapi makanan mengandung lemak trans yang tinggi juga bisa menambah risiko kena diabetes.

7. Minuman Kopi Banyak Gula – Larangan Makanan Diabetes

Hati-hati mengonsumsi minuman kopi. Minuman kopi bisa ibarat pisau bermata dua. Satu tajam, satunya tidak. Ada minuman kopi yang aman dan ada yang berbahaya.

Yang berbahaya, minuman kopi banyak gula (sangat manis). Selain itu, mengonsumsi minuman kopi berlebihan. Minuman kopi dengan aneka rasa juga mengandung karbohidrat tinggi.

Baca – Takaran Kayu Manis untuk Menyembuhkan Sakit Diabetes

Bahkan, versi minuman kopi ringan pun tetap kandungan karbohidratnya tinggi yang bisa menaikkan kadar gula darah atau penyakit diabetes.
Yang aman dikonsumsi adalah minuman kopi biasa atau espresso dengan satu sendok makan krim tebal atau setengahnya.

Demikian artikel mengenai Larangan Makanan Diabtes. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Yakni, bisa terhindar dari penyakit diabetes atau gula darah tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website