4 Jenis Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung

Diposting pada

LAUK pauk untuk penderita asam lambung perlu mendapatkan perhatian biar sakitnya tidak sering kambuh. Ada lauk pauk atau makanan yang harus dihindari supaya penyakit asam lambung tidak mudah kambuh.

Lauk pauk atau makanan yang harus dihindari penderita asam lambung, misalnya, makanan minuman pedas, cokelat, makanan berlemak tinggi, buah-buahan yang rasanya asam, tomat, bawang putih, dan bawang bombay.

Untuk sementara waktu, Anda harus benar-benar menghindari pantangan makanan asam lambung itu. Jika Anda masih suka melanggar, ya penyakit asam lambung akan sering kambuh.

Baca – Mengonsumsi Biskuit Regal untuk Mencegah Maag Kambuh

Padahal, penyakit asam lambung sangat merepotkan dan menyiksa. Kalau penyakit sedang kambuh, rasa perut sangat perih dan tidak nyaman. Bahkan seperti diiris-iris karena rasa nyeri.

4 Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman dan Bisa Dikonsumsi

lauk pauk untuk penderita asam lambung

Nah, pertanyaannya sekarang adalah lauk pauk untuk penderita asam lambung apa saja yang aman dikonsumsi? Artinya, lauk pauk yang boleh dikonsumsi dan tidak menyebabkan asam lambung kambuh?

Sebaliknya, bisa menyebabkan penyakit asam lambung Anda akan reda. Bahkan, akhirnya penyakit asam lambung bisa sembuh.

Ingin sembuh dari dari penyakit asam lambung, Anda juga bisa mengonsumsi madu zestmag.

Lauk pauk yang sehat bagi penderita sakit asam lambung yang baik antara lain:

1. Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung – Sayuran Hijau

Salah satu lauk pauk yang baik untuk penderita asam lambung adalah sayuran hijau. Anda bisa memilih brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus untuk Anda konsumsi.

Makanan-makanan tersebut mempunyai kandungan yang bisa membuat penyakit asam lambung reda. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga bisa membuat sistem pencernaan lebih sehat.

Baca – Biskuit yang Baik untuk Sakit Maag – Anda Bisa Buat Sendiri 

Brokoli misalnya. Sayur ini mengandung belerang dan sulfur yang berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung lapisan dalam dari kulit perut. Itulah sebabnya, sayur-sayuran tersebut merupakan lauk-pauk yang baik untuk penderita asam lambung.

2. Daging Tanpa Lemak

Daging bisa menjadi lauk pauk yang baik untuk penderita asam lambung. Tetapi, daging yang akan dikonsumsi harus  tanpa lemak atau sedikit lemaknya.

Oleh karena itu, jika penderita asam lambung ingin mengonsumsi daing harus memilih daging tanpa lemak dan tidak berminyak.

Contohnya, jika daging sapi harus memilih daging bagian dalam, sekitar leher, has luar dan has dalam. Untuk daging kambing adalah has dalam, potongan daging di sekitar area punggung dan kaki. Untuk daging ayam, yang paling tak berlemak adalah dada tanpa kulit.

Untuk daging kemasan, maka pilih daging yang berlabel “daging pilihan”. Atau dalam bahasa Inggris “choice meat” atau “select meat”. Jangan memilih daging dengan label “prime meat. Yang ini lemaknya tinggi.

Baca – Cemilan yang Sehat untuk Penderita Asam Lambung & Maag

Untuk daging ayam, pilihan daging yang tanpa kulit. Yang dimaksud daging tanpa lemak di sini mengandung lemak tetapi sedikit. Jadi, bukan tanpa lemak 100%.

Demikian pula untuk mengonsumsi ikan dan makanan laut. Pilih makanan laut dan ikan tanpa lemak, tanpa kulit. Lauk pauk itu bisa diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar. Bukan digoreng. Kalau digoreng, minyaknya mengandung lemak dan tidak sehat untuk lambung.

3. Putih Telur – Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung, Anda sebaiknya sering mengonsumsi putih telur sebagai lauk pauk. Ya, hanya putih telur tanpa kuningnya. Rasanya memang tidak segurih kuning telur. Tetapi, sebagai obat asam lambung, Anda sebaiknya rajin mengonsumsi putih telur.

Mengapa kuning telur harus ditinggalkan? Ya, karena kuning telur mengandukung lemak yang cukup tinggi. Sementara, penderita asam lambung harus menghindari makanan berlemak. Justru mengonsumsi makanan berlemak akan membuat asam lambung bisa kambuh.

Dengan hanya memakan putihnya saja, setidaknya bisa membantu Anda mendapatkan sumber protein tanpa harus memperparah gejala maag.

Manfaat lain dari konsumsi putih telur (tanpa kunungnya) antara lain mencegah kanker, khususnya kanker prost untuk pria, kaya protein untuk pembentukan otot, rendah kalori, tinggi kalsium yang sangat penting bagi wanita untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, dsb.

4. Mengonsumsi Oatmeal untuk Sarapan Pagi

Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal untuk sarapan pagi. Tampilan makanan ini mirip dengan bubur. Banyak orang, terutama mereka yang sibuk, menyukai oatmeal untuk sarapan pagi.

Selain membuat sarapan pagi dengan oatmeal sangat mudah dan praktis, oatmeal mengandung sejumlah gizi yang menyehatkan. Antara lain magnesium, mangan, fosfor, seng, zat besi, tembaga, folat, serta vitamin B.

Baca – Hati-hati dengan 8 Makanan Penyebab Sakit Asam Lambung 

Bagi penderita asam lambung atau penyakit maag, mengonsumsi oatmeal bisa mengurangi gejala munculnya penyakit mereka. Dalam proses di pencernaan, oatmeal bisa menyerap asam di dalam lambung.

Mengonsumsi oatmeal juga dapat melindungi lapisan perut, kemungkinan terjadi iritasi, dsb. Selain itu, juga mampu melancarkan kerja usus, mengurangi risiko sembelit, dan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama.

Harga oatmeal bermacam-macam atau beragam. Anda bisa memilih harga mana yang Anda inginkan. Selain tergantung merk, juga kualitas dan bobot tiap bungkus/ pack. Per kg oatmeal sekitar Rp 40.000.

Demikian artikel mengenai lauk pauk yang sehat bagi penderita sakit asam lambung. Maksudnya, lauk pauk yang aman dan boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Bahkan, makanan itu juga bisa menjadi penyembuh asam lambung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *