Risiko Suka Makan Es Batu: Sakit Jantung, Gigi Rusak, dan..

Diposting pada

ANDA suka makan es batu? Atau anggota keluarga Anda ada yang suka makan es seperti Anda? Hati-hati. Kebiasaan itu bisa merisiko kena sakit jantung, gigi menjadi rusak, kena penyakit anemia, dsb.

Maka, jika Anda sekarang sering mengonsumsi es batu langsung, maka pertimbangkan lagi kebiasaan itu. Jika bisa ditinggalkan. Jika tidak bisa, ya dikurangi kebiasaan yang merugikan kesehatan Anda di masa depan.

Risiko Buruk dari Kebiasaan Makan Es Batu

makan es batu

Mengonsumsi minuman es di tengah terik matahari memang sangat segar. Setiap orang pasti suka hal itu.

Bahkan diusahakan agar selalu tersedia minuman es sehingga mulut tidak kering dan rasa haus bisa teratasi dengan sangat nyaman.

Tetapi, yang tidak baik bagi kesehatan Anda adalah suka makan es keras itu. Termasuk makan es yang masih keras itu dari minuman es yang kecil-kecil.

Baik mengonsumsi es batu dalam bentuk yang besar, sedang atau kecil, semua tidak baik untuk kesehatan.

Apa saja risiko mengonsumsi es batu? Bagaimana cara mengatasinya?

1. Bisa Merusak Gigi

Salah satu risiko yang timbul akibat kebiasaan makan es batu adalah email gigi Anda akan terkikis. Jika sampai email habis akibat kebiasaan buruk itu, maka gigi menjadi sensitif. Efeknya, gigi Anda mudah terasa ngilu dan nyeri.

Apalagi pengolahan dan penyimpanan es batu tidak higienis. Akibat penyimpanan yang tidak terjaga kebersihannya, maka es batu bisa menularkan berbagai kuman, virus dan parasit pembawa penyakit.

Misalnya gastroenteritis atau diare, demam tifoid, shigellosis, hepatitis A, dan kolera. Jika es batu yang Anda makan adalah dibeli dari orang lain, tentu Anda tidak tahu bagaimana kebersihan penyimpanannya.

Maka, jika ingin makan es yang belum dilembutkan atau dihancurkan, pastikan es itu dibuat dengan menggunakan air bersih dan disimpan dengan cara yang benar-benar sehat (higienis).

2. Tanda Anda Terkena Sakit Anemia Plus Jantung

Suka makan es batu juga bisa sebagai tanpa adanya penyakit anemia defisiensi besi. Maka, banyak orang yang menderita sakit anemia (kurang zat besi) suka makan es batu. Baik secara sadar atau tidak.

Tetapi, benarkah kesukaan seperti itu sebagai tanda kena sakit anemia, perlu juga dilihat dari tanda-tanda yang lain. Yaitu, kuku mudah rapuh, mulut terasa kering, kulit pucat, dan lidah bengkak

Jika Anda mengalami kondisi seperti itu, ya segera periksa dokter. Sebab, anemia defisiensi besi bisa menimbulkan komplikasi berupa sakit jantung.

Yakni, ketika pasokan oksigen dalam darah berkurang. Maka, jantung harus memompa darah lebih cepat untuk menghasilkan oksigen.

Dari beban yang berat itu, akhirnya jantung makin besar atau Anda mengalami gagal jantung.

Penutup

Nah, bahayanya sering makan es batu cukup besar. Jika Anda atau keluarga Anda ada yang hobi seperti itu, sebaiknya kebiasaan itu dihentikan. Atau diminimalisasi biar di belakang hari tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Semoga Anda tetap sukses dan selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *